Bantuan
Free Tele x

Obat

Iloprost

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Apr 2022

Bagikan

Iloprost

Nama Dagang: Ventavis

 

Hipertensi arteri pulmonal (pulmonary arterial hypertension; PAH) adalah suatu kondisi tekanan pada pembuluh darah yang memasok darah ke paru-paru dari jantung sangat tinggi. Arteri menjadi menyempit sehingga jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke paru-paru Anda dan aliran darah yang mengalir menuju paru-paru menjadi berkurang.

 

Iloprost bekerja dengan meniru aksi zat alami dalam tubuh Anda, yang disebut prostasiklin. Prostasiklin melemaskan otot-otot di dinding beberapa pembuluh darah, memungkinkan pembuluh darah menjadi lebih lebar. Ini mengurangi tekanan di pembuluh darah dan memungkinkan darah mengalir lebih mudah melaluinya. Pada akhirnya, ini meningkatkan suplai darah ke paru-paru Anda dan meningkatkan kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas fisik. Iloprost akan diresepkan untuk Anda oleh dokter spesialis.

 

Golongan : Vasodilator

Kategori : Obat Keras

Manfaat : Meringankan penyakit hipertensi pulmonal

Bentuk : Cairan Inhalasi

Dikonsumsi oleh : Dewasa

 

Peringatan

Beberapa obat tidak cocok untuk orang dengan kondisi tertentu, dan terkadang obat hanya dapat digunakan jika dilakukan dengan sangat hati-hati. Untuk alasan ini, sebelum Anda mulai menggunakan iloprost, penting bagi dokter Anda untuk mengetahui

  • Jika Anda sedang hamil atau menyusui.

  • Jika Anda memiliki masalah dengan cara kerja hati Anda.

  • Jika Anda memiliki kondisi jantung seperti cacat katup jantung, atau nyeri angina, atau jika Anda baru saja mengalami serangan jantung.

  • Jika Anda memiliki masalah dengan pernapasan Anda seperti jika Anda menderita asma atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), atau jika Anda berpikir Anda mungkin mengalami infeksi dada.

  • Jika Anda baru saja mengalami stroke atau serangan iskemik transien (terkadang disebut 'stroke mini').

  • Jika Anda berpikir Anda mungkin berisiko mengalami pendarahan, seperti jika Anda baru saja mengalami cedera atau jika Anda menderita sakit maag.

  • Jika Anda sedang mengonsumsi atau menggunakan obat lain. Ini termasuk obat-obatan yang Anda pakai yang tersedia untuk dibeli tanpa resep, serta obat-obatan herbal dan komplementer.

  • Jika Anda pernah mengalami reaksi alergi terhadap suatu obat.

 

Dosis dan Aturan Pakai

Gunakan iloprost seperti yang diperintahkan oleh dokter Anda. Baca semua informasi yang diberikan kepada Anda. Ikuti semua instruksi dengan cermat.

  1. Untuk bernapas ke paru-paru hanya menggunakan sistem I-neb® AAD®.

  2. Jangan menelan iloprost.

  3. Jangan mencampur obat lain dalam nebulizer.

  4. Setelah Anda mengambil dosis, buang semua obat yang tersisa di ruang sehingga siap untuk dosis berikutnya. Bersih seperti yang Anda telah diberitahu oleh dokter Anda.

  5. Jika iloprost mengenai mata atau kulit, bilas dengan air.

  6. Jangan biarkan orang lain terkena iloprost saat Anda menghirupnya, terutama bayi dan wanita hamil.



Cara Menggunakan Obat

Sebelum Anda memulai perawatan, bacalah selebaran informasi tercetak dari dalam kemasan, bersama dengan informasi apa pun yang telah diberikan oleh rumah sakit Anda. Selebaran paket akan memberi Anda lebih banyak informasi tentang iloprost dan bagaimana Anda harus mengelolanya. Ini juga akan memberi Anda daftar lengkap efek samping yang mungkin Anda alami dari menggunakannya.

 

Iloprost akan dimulai untuk Anda di rumah sakit dan Anda akan ditunjukkan apa yang harus dilakukan. Anda akan diperlihatkan cara menghirup larutan tersebut, menggunakan nebuliser, yaitu mesin yang mengubah larutan menjadi kabut halus sehingga Anda dapat menghirupnya ke dalam paru-paru.

 

Setelah Anda berada di rumah, lanjutkan menggunakan larutan dalam nebuliser persis seperti yang telah ditunjukkan. Dokter Anda akan memberitahu Anda berapa banyak larutan yang digunakan untuk setiap dosis dan berapa kali sehari menggunakan nebuliser. Anda juga akan diberi tahu berapa lama setiap sesi inhalasi harus berlangsung. Kebanyakan orang akan memiliki 6-9 sesi inhalasi yang tersebar sepanjang hari, dengan setiap sesi berlangsung sekitar 4-10 menit, tergantung pada jenis nebuliser yang digunakan.

 

Anda akan diperlihatkan cara menggunakan corong untuk menghirup kabut, karena ini akan membantu mencegah larutan apapun bersentuhan dengan wajah Anda. Cobalah untuk tidak membiarkan larutan iloprost bersentuhan dengan area lain dari kulit atau mata Anda. Jika ini terjadi, cuci area tersebut dengan air sesegera mungkin.

 

Setiap kali Anda menggunakan nebuliser, pastikan bahwa area di mana Anda berada berventilasi baik dan tidak ada anak kecil atau wanita hamil yang dapat menghirup uap di dalam ruangan bersama Anda.

 

Cara Penyimpanan

Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan dan pandangan anak-anak. Simpan obat ini di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari panas dan cahaya langsung. Buang obat yang tidak terpakai atau kadaluarsa. Jangan menyiram toilet atau membuangnya ke saluran pembuangan kecuali Anda diperintahkan untuk melakukannya. Tanyakan kepada apoteker Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang cara terbaik untuk membuang obat. Mungkin ada program pengambilan kembali obat di daerah Anda.

Kontraindikasi

Jangan mengonsumsi obat ini apabila anda alergi terhadap iloprost

Efek Samping

Meskipun mungkin jarang, beberapa orang mungkin memiliki efek samping yang sangat buruk dan terkadang mematikan saat mengonsumsi obat. Beri tahu dokter Anda atau dapatkan bantuan medis segera jika Anda memiliki salah satu dari tanda atau gejala berikut yang mungkin terkait dengan efek samping yang sangat buruk:

  • Tanda-tanda reaksi alergi, seperti ruam; gatal-gatal; gatal; kulit merah, bengkak, melepuh, atau mengelupas dengan atau tanpa demam; mengi; sesak di dada atau tenggorokan; kesulitan bernapas, menelan, atau berbicara; suara serak yang tidak biasa; atau pembengkakan pada mulut, wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

  • Pusing atau pingsan yang sangat parah.

  • Setiap memar atau pendarahan yang tidak dapat dijelaskan.

  • Kesulitan bernapas yang baru atau lebih buruk.

  • Batuk darah.

  • Detak jantung yang terasa tidak normal.

  • Kesulitan membuka mulut.

 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Tag :
Referensi

1.         Iloprost: MedlinePlus Drug Information [Internet]. [cited 2021 Jul 13]. Available from: https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a612032.html

2.         Iloprost side effects and iloprost treatment info [Internet]. [cited 2021 Jul 13]. Available from: https://patient.info/medicine/iloprost-for-pulmonary-arterial-hypertension-ventavis

3.         Iloprost: Indications, Side Effects, Warnings [Internet]. Drugs.com. [cited 2021 Jul 13]. Available from: https://www.drugs.com/cdi/iloprost.html

4.         Iloprost: Indication, Dosage, Side Effect, Precaution | MIMS Indonesia [Internet]. [cited 2021 Jul 13]. Available from: https://www.mims.com/indonesia/drug/info/iloprost?mtype=generic

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami