Bantuan

Obat

Ibutilide

Ditinjau oleh • 25 Apr 2022

Bagikan

Ibutilide

Nama Dagang: Ibutilide, corvert

 

Ibutilide adalah obat jantung anti-aritmia yang memperbaiki irama jantung yang tidak teratur. Ibutilide digunakan untuk membantu menjaga jantung berdetak normal pada orang dengan gangguan irama jantung tertentu dari atrium (ruang atas jantung yang memungkinkan darah mengalir ke jantung). Ibutilide digunakan pada orang dengan fibrilasi atrium atau atrial flutter.



Golongan : Antiaritmia

Kategori : Obat resep

Manfaat : Untuk mengatasi aritmia atau gangguan irama jantung

Bentuk : Kapsul dan injeksi

Dikonsumsi oleh : Dewasa

 

Obat ini digunakan untuk mengobati beberapa jenis detak jantung tidak teratur yang serius (mungkin fatal) (seperti fibrilasi atrium/berdebar). Ini digunakan untuk mengembalikan irama jantung normal dan mempertahankan detak jantung yang teratur dan stabil. Ibutilide dikenal sebagai obat antiaritmia. Ia bekerja dengan menghalangi aktivitas sinyal listrik tertentu di jantung yang dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur. Mengobati detak jantung yang tidak teratur dapat mengurangi risiko pembekuan darah, dan efek ini dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Peringatan

Sebelum menggunakan ibutilide, informasikan dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadapnya atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

 

Sebelum menggunakan obat ini, informasikan dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama dari masalah ginjal dan penyakit hati.

 

Obat ini bisa membuat Anda pusing. Alkohol atau mariyuana (ganja) bisa membuat Anda semakin pusing. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan sampai Anda dapat melakukannya dengan aman. Batasi minuman beralkohol. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda menggunakan mariyuana.

 

Ibutilide dapat menyebabkan suatu kondisi yang mempengaruhi irama jantung (perpanjangan QT). Perpanjangan QT jarang dapat menyebabkan detak jantung cepat/tidak teratur yang serius (jarang fatal) dan gejala lain (seperti pusing parah, pingsan) yang memerlukan perhatian medis segera.

 

Resiko perpanjangan QT dapat meningkat jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau menggunakan obat lain yang dapat menyebabkan perpanjangan QT. Sebelum menggunakan ibutilide, informasikan dokter atau apoteker Anda tentang semua obat yang Anda minum dan jika Anda memiliki salah satu dari kondisi seperti  masalah jantung tertentu (gagal jantung, detak jantung lambat, perpanjangan QT dalam EKG) dan riwayat keluarga masalah jantung tertentu (QT pemanjangan EKG, kematian jantung mendadak).

 

Kadar kalium atau magnesium yang rendah dalam darah juga dapat meningkatkan resiko perpanjangan QT. Resiko ini dapat meningkat jika Anda menggunakan obat-obatan tertentu (seperti diuretik/"pil air") atau jika Anda memiliki kondisi seperti berkeringat parah, diare, atau muntah. Bicaralah dengan dokter Anda tentang penggunaan ibutilide dengan aman.

Dosis dan Aturan Pakai

Berikut adalah dosis Ibutilide untuk gangguan irama jantung

  • Berat badan kurang dari 60 kg: 0,01 mg/kg IV selama 10 menit; jika aritmia berlanjut 10 menit setelah akhir infus pertama, ulangi sekali.

  • Berat badan 60 kg atau lebih: 1 mg IV selama 10 menit; jika aritmia berlanjut 10 menit setelah akhir infus pertama, ulangi sekali

 

Cara Menggunakan Obat

Minum obat ini melalui mulut, biasanya dua kali sehari dengan atau tanpa makanan atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Untuk mengurangi risiko efek samping yang serius, sangat penting untuk minum obat ini persis seperti yang ditentukan.

 

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, fungsi ginjal, dan respons terhadap pengobatan. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah pada waktu yang sama setiap hari.

 

Untuk ibutilide bentuk injeksi, obat akan disuntikkan ke dalam vena melalui infus. Penyedia layanan kesehatan akan memberi Anda suntikan ini.

Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar antara 59-86 derajat F (15-30 derajat C) jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan semua obat-obatan dari anak-anak dan hewan peliharaan.

 

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diinstruksikan untuk melakukannya. Buang produk ini dengan benar ketika sudah kadaluarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat untuk detail lebih lanjut tentang cara membuang produk Anda dengan aman.

 

Kontraindikasi

Kondisi berikut dikontraindikasikan dengan obat ini. Periksa dengan dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari berikut ini:

 

Kondisi:

  • jumlah magnesium yang rendah dalam darah

  • jumlah kalium yang rendah dalam darah

  • gangguan irama jantung yang lambat (blok jantung)

  • torsades de pointes (gangguan irama jantung yang cepat dan tidak teratur)

  • detak jantung lambat

  • interval QT memanjang pada EKG

  • EKG abnormal dengan perubahan QT sejak lahir

 

Efek Samping

Sakit kepala, pusing, atau mual dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, informasikan dokter atau apoteker Anda segera.

 

Ingatlah bahwa dokter Anda telah meresepkan obat ini karena dia menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

 

Cari pertolongan medis segera jika salah satu dari efek samping yang jarang namun serius ini terjadi seperti nyeri dada, pingsan, detak jantung lebih cepat/lebih tidak teratur, dan pusing parah.

 

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera cari pertolongan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, dan kesulitan bernapas.

 

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Tag :
Referensi

1.         Ibutilide Uses, Side Effects & Warnings [Internet]. Drugs.com. [cited 2021 Jul 12]. Available from: https://www.drugs.com/mtm/ibutilide.html

2.         Common and Rare Side Effects for ibutilide fumarate intravenous [Internet]. [cited 2021 Jul 12]. Available from: https://www.webmd.com/drugs/2/drug-12358/ibutilide-fumarate-intravenous/details/list-contraindications

3.         Ibutilide - Side Effects, Uses, Dosage, Overdose, Pregnancy, Alcohol | RxWiki [Internet]. rxwiki; 2013 [cited 2021 Jul 12]. Available from: https://www.rxwiki.com/ibutilide/

4.         Dofetilide Oral: Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing - WebMD [Internet]. [cited 2021 Jul 12]. Available from: https://www.webmd.com/drugs/2/drug-17943/dofetilide-oral/details

Bagikan artikel ini