Bantuan

Obat

Ibuprofen

Ditinjau oleh • 25 Apr 2022

Bagikan

Ibuprofen

Nama Dagang: Ibuprofen, oskadon, bodrex, procold, paramex, bodrexin

 

Ibuprofen adalah obat penghilang rasa sakit sehari-hari untuk berbagai sakit dan nyeri, termasuk sakit punggung, nyeri haid, dan sakit gigi. Ini juga mengobati peradangan seperti ketegangan dan keseleo, dan rasa sakit akibat radang sendi.

 

Ini tersedia sebagai tablet dan kapsul, dan sebagai sirup yang Anda telan. Itu juga datang sebagai gel, mousse dan semprotan yang Anda gosokkan ke kulit Anda.

 

Ibuprofen dikombinasikan dengan obat penghilang rasa sakit lainnya di beberapa produk. Ini adalah bahan dalam beberapa obat pilek dan flu, seperti Nurofen Cold dan Flu.



Golongan : Anti inflamasi non steroid

Kategori : Obat bebas

Manfaat : Meredakan nyeri dan peradangan serta demam

Bentuk : Tablet, kapsul, suntik, sirup

Dikonsumsi oleh : Dewasa dan anak-anak

Ibuprofen digunakan untuk meredakan rasa sakit dari berbagai kondisi seperti sakit kepala, sakit gigi, kram menstruasi, nyeri otot, atau radang sendi. Hal ini juga digunakan untuk mengurangi demam dan untuk meredakan sakit ringan dan nyeri karena pilek atau flu. Ibuprofen adalah obat anti inflamasi non steroid (NSAID). Ia bekerja dengan menghalangi produksi tubuh Anda dari zat alami tertentu yang menyebabkan peradangan. Efek ini membantu mengurangi pembengkakan, nyeri, atau demam. Jika Anda sedang mengobati kondisi kronis seperti radang sendi, tanyakan kepada dokter Anda tentang perawatan non-obat dan/atau penggunaan obat lain untuk mengobati rasa sakit Anda. Lihat juga bagian Peringatan. Periksa bahan pada label meskipun Anda pernah menggunakan produk tersebut sebelumnya. Pabrikan mungkin telah mengubah bahan-bahannya. Juga, produk dengan nama yang mirip mungkin mengandung bahan berbeda yang dimaksudkan untuk tujuan berbeda. Mengambil produk yang salah dapat membahayakan Anda.

Peringatan

Sebelum mengkonsumsi ibuprofen, informasikan dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadapnya, aspirin, NSAID lainnya (seperti naproxen, celecoxib) atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan tidak aktif yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

 

Sebelum minum obat ini, informasikan dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama asma (termasuk riwayat pernapasan yang memburuk setelah minum aspirin atau NSAID lainnya), kelainan darah (seperti anemia, masalah pendarahan/pembekuan darah), pertumbuhan di hidung (polip hidung), penyakit jantung (seperti serangan jantung sebelumnya), tekanan darah tinggi, penyakit hati, stroke, dan masalah tenggorokan/perut/usus (seperti pendarahan, mulas, bisul).

 

Masalah ginjal terkadang dapat terjadi dengan penggunaan obat NSAID, termasuk ibuprofen. Masalah lebih mungkin terjadi jika Anda mengalami dehidrasi, mengalami gagal jantung atau penyakit ginjal, adalah orang dewasa yang lebih tua, atau jika Anda minum obat tertentu (lihat juga bagian Interaksi Obat). Minumlah banyak cairan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda untuk mencegah dehidrasi dan segera informasikan dokter Anda jika Anda memiliki perubahan jumlah urin.

 

Obat ini bisa membuat Anda pusing atau mengantuk. Alkohol atau mariyuana (ganja) bisa membuat Anda lebih pusing atau mengantuk. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan sampai Anda dapat melakukannya dengan aman. Batasi minuman beralkohol. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda menggunakan mariyuana.

 

Obat ini dapat menyebabkan pendarahan lambung. Penggunaan alkohol dan tembakau setiap hari, terutama bila dikombinasikan dengan obat ini, dapat meningkatkan risiko perdarahan saluran cerna. Batasi alkohol dan berhenti merokok. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda untuk informasi lebih lanjut.

 

Obat ini mungkin membuat Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari. Batasi waktu Anda di bawah sinar matahari. Hindari tempat penyamakan kulit dan lampu matahari. Gunakan tabir surya dan kenakan pakaian pelindung saat berada di luar ruangan. Beri tahu dokter Anda segera jika Anda terbakar sinar matahari atau memiliki kulit melepuh/kemerahan.

 

Sebelum menjalani operasi, informasikan dokter atau dokter gigi Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat bebas, dan produk herbal).

 

Orang dewasa yang lebih tua mungkin berisiko lebih besar mengalami pendarahan lambung/usus, masalah ginjal, serangan jantung, dan stroke saat menggunakan obat ini.

 

Sebelum menggunakan obat ini, wanita usia subur harus berbicara dengan dokter mereka tentang manfaat dan resikonya. Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil atau jika Anda berencana untuk hamil. Obat ini dapat membahayakan bayi yang belum lahir dan menyebabkan masalah dengan persalinan normal. Hal ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada kehamilan dari 20 minggu sampai melahirkan. Jika dokter Anda memutuskan bahwa Anda perlu menggunakan obat ini antara 20 dan 30 minggu kehamilan, Anda harus menggunakan dosis efektif terendah untuk waktu sesingkat mungkin. Anda tidak boleh menggunakan obat ini setelah 30 minggu kehamilan.

 

Dosis dan Aturan Pakai

Dosis biasa untuk orang dewasa adalah satu atau dua tablet 200 mg 3 kali sehari. Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin meresepkan dosis yang lebih tinggi hingga 600 mg untuk diminum 4 kali sehari jika diperlukan. Ini seharusnya hanya terjadi di bawah pengawasan dokter.

 

Jika Anda menggunakan ibuprofen 3 kali sehari, biarkan setidaknya 6 jam di antara dosis. Jika Anda meminumnya 4 kali sehari, biarkan setidaknya 4 jam di antara dosis.

 

Jika Anda mengalami rasa sakit sepanjang waktu, dokter Anda mungkin merekomendasikan tablet atau kapsul ibuprofen dengan pelepasan lambat. Itu biasa untuk mengambil ini sekali sehari di malam hari atau dua kali sehari. Beri jeda 10 hingga 12 jam di antara dosis jika Anda mengkonsumsi ibuprofen dua kali sehari.

 

Cara Menggunakan Obat

Telan tablet atau kapsul ibuprofen utuh dengan segelas air atau jus. Anda harus mengkonsumsi tablet dan kapsul ibuprofen setelah makan atau ngemil atau dengan minum susu. Ini akan lebih kecil kemungkinannya untuk membuat perut Anda sakit.

 

Jangan mengunyah, mematahkan, menghancurkan, atau menghisapnya karena dapat mengiritasi mulut atau tenggorokan Anda.

 

Bagi orang yang sulit menelan tablet atau kapsul, ibuprofen tersedia dalam bentuk tablet yang meleleh di mulut, butiran yang Anda campur dengan segelas air untuk membuat minuman, dan sebagai sirup.

 

Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan obat dari anak anak dan hewan peliharaan.

 

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diinstruksikan untuk melakukannya. Buang produk ini dengan benar ketika sudah kadaluarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat.

 

Kontraindikasi

Beberapa merek tablet, kapsul, dan sirup ibuprofen mengandung aspartam, pewarna (angka E), gelatin, glukosa, laktosa, natrium, sorbitol, kedelai, atau sukrosa, sehingga mungkin tidak cocok untuk sebagian orang.

 

Jangan minum ibuprofen melalui mulut atau mengoleskannya ke kulit Anda jika Anda:

  • memiliki reaksi alergi terhadap ibuprofen atau obat lain di masa lalu

  • memiliki gejala alergi seperti mengi, pilek, atau reaksi kulit setelah mengkonsumsi aspirin atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) lainnya seperti naproxen

  • sedang mencoba untuk hamil atau sudah hamil

  • memiliki tekanan darah tinggi yang tidak terkendali

 

Untuk memastikan ibuprofen (melalui mulut atau kulit Anda) aman untuk Anda, informasikan dokter atau apoteker Anda jika Anda memiliki:

  • mengalami pendarahan di perut Anda, sakit maag, atau lubang (perforasi) di perut Anda

  • masalah kesehatan yang berarti Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami pendarahan

  • masalah hati, seperti fibrosis hati, sirosis atau gagal hati

  • penyakit jantung atau gagal jantung berat

  • gagal ginjal

  • Penyakit Crohn atau kolitis ulserativa

  • cacar air atau herpes zoster - mengkonsumsi ibuprofen dapat meningkatkan kemungkinan infeksi dan reaksi kulit tertentu

 

Jika Anda berusia di atas 65 tahun, ibuprofen dapat membuat Anda lebih mungkin terkena sakit maag. Dokter Anda akan meresepkan obat untuk melindungi perut Anda jika Anda menggunakan ibuprofen untuk kondisi jangka panjang.

 

Efek Samping

Sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, diare, sembelit, pusing, atau kantuk dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, informasikan dokter atau apoteker Anda segera.

 

Jika dokter Anda telah meresepkan obat ini, ingatlah bahwa ia telah menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

 

Obat ini dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Periksa tekanan darah Anda secara teratur dan informasikan dokter Anda jika hasilnya tinggi.

 

Informasikan dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, meliputi  mudah memar/berdarah, perubahan pendengaran (seperti telinga berdenging), perubahan mental/suasana hati, leher kaku yang tidak dapat dijelaskan, tanda-tanda masalah ginjal (seperti perubahan pada jumlah urin), perubahan penglihatan, dan gejala gagal jantung (seperti pergelangan kaki/kaki bengkak, kelelahan yang tidak biasa, kenaikan berat badan yang tidak biasa/tiba-tiba).

 

Obat ini jarang menyebabkan penyakit hati yang serius (mungkin fatal). Dapatkan bantuan medis segera jika Anda memiliki gejala kerusakan hati, termasuk urin berwarna gelap, mual/muntah/hilang nafsu makan yang terus-menerus, sakit perut/perut, dan mata/kulit menguning.

 

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, dan kesulitan bernapas.

 

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Tag :
Referensi

1.         Ibuprofen Uses, Dosage & Side Effects [Internet]. Drugs.com. [cited 2021 Jul 12]. Available from: https://www.drugs.com/ibuprofen.html

2.         Ibuprofen Oral: Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing - WebMD [Internet]. [cited 2021 Jul 12]. Available from: https://www.webmd.com/drugs/2/drug-5166-9368/ibuprofen-oral/ibuprofen-oral/details

3.         Ibuprofen for adults: painkiller [Internet]. nhs.uk. 2018 [cited 2021 Jul 12]. Available from: https://www.nhs.uk/medicines/ibuprofen-for-adults/

Bagikan artikel ini