Bantuan
Free Tele x

Ibandronic Acid

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Apr 2022

Bagikan

Ibandronic Acid

Nama Dagang: Bonviva, Bondronat

Ibandronate digunakan untuk mencegah dan mengobati beberapa jenis keropos tulang (osteoporosis). Osteoporosis menyebabkan tulang menjadi lebih tipis dan mudah patah. Peluang Anda terkena osteoporosis meningkat setelah menopause, seiring bertambahnya usia, atau jika Anda mengonsumsi obat kortikosteroid (seperti prednison) untuk waktu yang lama. Obat ini bekerja dengan memperlambat pengeroposan tulang untuk membantu mempertahankan tulang yang kuat dan mengurangi risiko patah tulang (fraktur).  Ibandronate termasuk dalam kelas obat yang disebut bifosfonat.

 

Golongan : Bisfosfonat

Kategori : Obat resep

Manfaat : Mencegah dan mengatasi osteoporosis

Bentuk : Tablet dan suntik

Dikonsumsi oleh : Dewasa

 

Peringatan

Sebelum mengambil ibandronate, informasikan dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadapnya atau bifosfonat lainnya (seperti alendronate, etidronate, pamidronate, risedronate) atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

 

Sebelum menggunakan obat ini, informasikan dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama dari masalah kerongkongan (seperti mulas, penyempitan kerongkongan, akalasia), kadar kalsium darah rendah (hipokalsemia), ketidakmampuan untuk duduk tegak atau berdiri selama 60 menit, sulit atau nyeri menelan, gangguan lambung/usus (seperti maag), dan penyakit ginjal berat.

 

Beberapa orang yang menggunakan ibandronate mungkin memiliki masalah tulang rahang yang serius. Dokter Anda harus memeriksa mulut Anda sebelum Anda memulai pengobatan ini. Informasikan dokter gigi Anda bahwa Anda menggunakan obat ini sebelum Anda melakukan perawatan gigi. Untuk membantu mencegah masalah tulang rahang, lakukan pemeriksaan gigi secara teratur dan pelajari cara menjaga kesehatan gigi dan gusi. Jika Anda mengalami nyeri rahang, segera informasikan dokter dan dokter gigi Anda.

 

Sebelum menjalani operasi (terutama prosedur gigi), informasikan dokter dan dokter gigi Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat bebas dan produk herbal). Dokter atau dokter gigi Anda mungkin meminta Anda untuk berhenti minum ibandronat sebelum operasi Anda. Mintalah petunjuk khusus tentang menghentikan atau memulai pengobatan ini.

 

Perhatian disarankan jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil di masa depan. Obat ini mungkin tinggal di tubuh Anda selama bertahun-tahun. Efeknya pada bayi yang belum lahir tidak diketahui. Diskusikan risiko dan manfaat dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan dengan ibandronate.

 

Dosis dan Aturan Pakai

Dosis umum penggunaan ibandronate adalah 150 mg / bulan untuk bentuk tablet pada tanggal yang sama tiap bulannya. Untuk bentuk suntik (intravena), dosis ibandronate adalah 3 mg dengan disuntikan melalui pembuluh darah. 

 

Cara Menggunakan Obat

Penting bagi Anda untuk meminum setiap tablet asam ibandronat dengan cara yang benar, karena jika tidak, mereka dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan saat tertelan.

  1. Ambil tablet pertama di pagi hari, sebelum Anda makan makanan apa pun atau minum apa pun selain air putih. Anda juga harus memastikan sudah lebih dari enam jam sejak terakhir kali Anda makan pada hari sebelumnya.

  2. Telan seluruh tablet - Anda tidak boleh mengunyah, menghancurkan, atau menghancurkan tablet. Anda harus minum segelas besar air saat Anda mengambil tablet, dan penting bahwa Anda mengambil tablet saat Anda berdiri atau duduk dalam posisi tegak.

  3. Lanjutkan duduk atau berdiri tegak selama 60 menit setelah minum tablet - Anda tidak boleh berbaring selama waktu ini.

  4. Jangan makan atau minum apa pun (selain air putih) setidaknya selama 30 menit setelah minum tablet. Jika Anda mengkonsumsi tablet Bonviva®, Anda tidak boleh makan atau minum apa pun (selain air) selama 60 menit setelahnya. Ini karena makanan menghentikan kerja tablet dan membuat perawatan Anda kurang efektif.

 

Cara Penyimpanan

Jauhkan obat ini dari pandangan dan jangkauan anak-anak. Produk obat ini tidak memerlukan kondisi penyimpanan khusus.

 

Jangan gunakan obat ini setelah tanggal kadaluarsa yang tertera pada karton setelah “EXP”. Tanggal kadaluarsa mengacu pada hari terakhir bulan itu.

 

Jangan membuang obat-obatan melalui air limbah atau limbah rumah tangga. Tanyakan apoteker Anda bagaimana membuang obat-obatan yang tidak lagi Anda gunakan. Langkah-langkah ini akan membantu melindungi lingkungan.

 

Kontraindikasi

Jangan minum asam Ibandronic

  • Jika Anda alergi terhadap asam ibandronic, atau salah satu bahan lain dari obat ini yang tercantum di bagian 6.

  • Jika Anda memiliki masalah tertentu dengan kerongkongan/pipa makanan (kerongkongan) seperti penyempitan atau kesulitan menelan

  • Jika Anda tidak dapat berdiri atau duduk tegak setidaknya selama satu jam (60 menit) setiap kali

  • Jika Anda pernah, atau pernah memiliki kalsium darah rendah di masa lalu. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

 

Efek Samping

Sakit perut, diare, nyeri pada lengan/kaki, atau gejala seperti flu ringan (seperti kelelahan, nyeri otot) dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, informasikan dokter atau apoteker Anda segera.

 

Ingatlah bahwa dokter Anda telah meresepkan obat ini karena dia menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

 

Beri tahu dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, meliputi nyeri tulang/sendi/otot yang meningkat atau parah, nyeri pinggul/paha/selangkangan yang baru atau tidak biasa, nyeri rahang, atau perubahan penglihatan.

 

Obat ini mungkin menyebabkan iritasi dan borok di perut atau kerongkongan Anda, tetapi jarang terjadi. Dapatkan bantuan medis segera jika salah satu dari efek samping serius ini terjadi seperti mulas baru/parah/memburuk, nyeri dada, sulit atau nyeri menelan, sakit perut/perut parah, tinja hitam/bertahan, dan muntah yang berwarna seperti  kopi.

 

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, dan kesulitan bernapas.

 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Tag :
Referensi

1.         Ibandronic Acid 150mg Film-Coated Tablets - Patient Information Leaflet (PIL) - (emc) [Internet]. [cited 2021 Jul 12]. Available from: https://www.medicines.org.uk/emc/product/2943/pil#gref

2.         Ibandronic acid side effects. Info on ibandronic acid [Internet]. [cited 2021 Jul 12]. Available from: https://patient.info/medicine/ibandronic-acid-tablets-and-injection-bondronat-iasibon-bonviva-quodixor

3.         Ibandronate Oral: Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing - WebMD [Internet]. [cited 2021 Jul 12]. Available from: https://www.webmd.com/drugs/2/drug-92883/ibandronate-oral/details

4.         Alendronic acid: medicine to treat and prevent osteoporosis [Internet]. nhs.uk. 2018 [cited 2021 Jul 12]. Available from: https://www.nhs.uk/medicines/alendronic-acid/

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami