Bantuan
Free Tele x

Hydroxycarbamide

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Apr 2022

Bagikan

Hydroxycarbamide

Nama Dagang: Hydroxyurea, Hydrea

 

Hydroxycarbamide adalah obat dalam bentuk kapsul yang diminum. Obat ini menyebabkan perubahan dalam darah untuk mengurangi krisis sel sabit dan kebutuhan transfusi darah pada pasien dengan penyakit sel sabit. Hydroxycarbamide dikenal juga sebagai hidroksiurea




Golongan : Antitumor

Kategori : Obat resep

Manfaat : Menghambat pertumbuhan tumor

Bentuk : Obat tablet

Dikonsumsi oleh : Dewasa

Hydroxyurea (Hydrea) digunakan sendiri atau dengan obat lain atau terapi radiasi untuk mengobati beberapa jenis leukemia mieloid kronis (CML; sejenis kanker sel darah putih) dan jenis kanker kepala dan leher tertentu (termasuk kanker mulut , pipi, lidah, tenggorokan, amandel, dan sinus). Hidroksiurea (Droxia, Siklos) digunakan untuk mengurangi frekuensi krisis yang menyakitkan dan mengurangi kebutuhan transfusi darah pada orang dewasa dan anak-anak berusia 2 tahun ke atas dengan anemia sel sabit (kelainan darah bawaan di mana sel darah merah berbentuk tidak normal [berbentuk seperti sabit] dan tidak dapat membawa oksigen yang cukup ke seluruh bagian tubuh). Hidroksiurea termasuk dalam kelas obat yang disebut antimetabolit. Hydroxyurea mengobati kanker dengan memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker di tubuh Anda. Hydroxyurea mengobati anemia sel sabit dengan membantu mencegah pembentukan sel darah merah berbentuk sabit.

Peringatan

Sebelum mengonsumsi hidroksiurea, informasikan dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadapnya; atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

 

Sebelum menggunakan obat ini, informasikan dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama dari: penyakit ginjal, penyakit hati, kelainan darah/sumsum tulang (seperti supresi sumsum tulang, neutropenia, trombositopenia, anemia), infeksi HIV, kadar asam urat tinggi pada darah, dan pengobatan radiasi.

 

Hidroksiurea dapat membuat Anda lebih mungkin terkena infeksi atau memperburuk infeksi saat ini. Hindari kontak dengan orang yang memiliki infeksi yang dapat menyebar ke orang lain (seperti cacar air, campak, flu). Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda telah terkena infeksi atau untuk lebih jelasnya.

 

Tidak melakukan imunisasi/vaksinasi tanpa persetujuan dokter. Hindari kontak dengan orang yang baru saja menerima vaksin hidup (seperti vaksin flu yang dihirup melalui hidung).

 

Untuk mengurangi kemungkinan terpotong, memar, atau cedera, berhati-hatilah dengan benda tajam seperti pisau cukur dan gunting kuku, dan hindari aktivitas seperti olahraga kontak.

 

Sebelum menjalani operasi, informasikan dokter atau dokter gigi Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat bebas, dan produk herbal).

 

Orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih sensitif terhadap efek samping obat ini.

 

Tidak diketahui apakah obat ini mempengaruhi sperma. Jika Anda berencana untuk menjadi ayah seorang anak, diskusikan risiko dan manfaat obat ini dengan dokter Anda.

 

Informasikan dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil. Anda tidak boleh hamil saat menggunakan hidroksiurea. Hidroksiurea dapat membahayakan bayi yang belum lahir. Pria dengan pasangan wanita usia subur harus bertanya tentang bentuk pengendalian kelahiran yang dapat diandalkan saat menggunakan obat ini dan selama 1 tahun setelah menghentikan pengobatan. Wanita usia subur harus bertanya tentang bentuk pengendalian kelahiran yang dapat diandalkan saat menggunakan obat ini dan selama 6 bulan setelah menghentikan pengobatan. Jika Anda atau pasangan Anda hamil atau mungkin hamil, segera informasikan dokter Anda.

 

Hidroksiurea masuk ke dalam ASI dan mungkin memiliki efek yang tidak diinginkan pada bayi menyusui. Menyusui saat menggunakan obat ini tidak dianjurkan. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

 

Dosis dan Aturan Pakai

Pemberian dosis disesuaikan dengan kondisi yang Anda alami. Maka dari itu, selalu ikuti dosis resep yang diberikan oleh dokter Anda. Pada kondisi tumor, biasanya diberikan 80 mg/kg setiap 3 hari. Pada kondisi anemia sel sabit, dosis 15 mg/kg/hari hydroxycarbamide diberikan. 

Pemakaian obat selalu disesuaikan dengan dosis yang diberikan dokter. 

 

Cara Menggunakan Obat

Minum obat ini melalui mulut dengan atau tanpa makanan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sekali sehari. Dosis didasarkan pada berat badan Anda, kondisi medis, hasil laboratorium, dan respons terhadap pengobatan. Perawatan Anda mungkin dihentikan untuk waktu yang singkat jika jumlah darah Anda terlalu rendah. Simpan semua janji medis dan lab.

 

Jangan menambah dosis atau menggunakan obat ini lebih sering atau lebih lama dari yang ditentukan. Kondisi Anda tidak akan membaik lebih cepat, dan risiko efek samping yang serius akan meningkat.

 

Jika Anda menggunakan kapsul, telan utuh. Jangan menghancurkan, mengunyah, atau membuka kapsul.

 

Jika Anda menggunakan tablet, telan dosis Anda dengan segelas air. Pisahkan tablet hanya jika memiliki garis skor dan dokter Anda telah menginstruksikan Anda untuk melakukannya. Jika Anda mengalami kesulitan menelan, Anda dapat melarutkan tablet utuh atau terbelah dalam sedikit air dalam satu sendok teh dan langsung menelannya.

 

Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang obat atau wadahnya. Anda dan/atau pengasuh Anda harus mengenakan sarung tangan sekali pakai saat menangani obat ini atau wadahnya. Jika bubuk dari tablet atau kapsul tumpah, segera bersihkan dengan tisu basah dan buang ke dalam wadah tertutup seperti kantong plastik. Bersihkan area tumpahan segera dengan sabun dan air. Pastikan untuk tidak menghirup bubuk dari tablet/kapsul.

 

Karena obat ini dapat diserap melalui kulit dan paru-paru, wanita yang sedang hamil atau yang mungkin hamil tidak boleh menangani obat ini atau menghirup debu dari tablet/kapsul.

 

Beri tahu dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik atau memburuk.

 

Cara Penyimpanan

Simpan obat ini dalam wadahnya, tertutup rapat, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Simpan pada suhu kamar dan jauhkan dari panas dan kelembaban berlebih (bukan di kamar mandi). Tablet 1.000 mg yang rusak harus disimpan dalam wadah dan harus digunakan dalam waktu 3 bulan.

 

Penting untuk menjauhkan semua obat dari pandangan dan jangkauan anak-anak karena banyak wadah (seperti pengingat pil mingguan dan untuk obat tetes mata, krim, patch, dan inhaler) tidak tahan anak dan anak kecil dapat membukanya dengan mudah. Untuk melindungi anak kecil dari keracunan, selalu kunci tutup pengaman dan segera letakkan obat di tempat yang aman – tempat yang jauh dan jauh dari pandangan dan jangkauan mereka.

 

Obat-obatan yang tidak dibutuhkan harus dibuang dengan cara khusus untuk memastikan bahwa hewan peliharaan, anak-anak, dan orang lain tidak dapat mengkonsumsinya. Namun, Anda tidak boleh membuang obat ini ke toilet. Sebaliknya, cara terbaik untuk membuang obat Anda adalah melalui program pengambilan kembali obat.

 

Kontraindikasi

Kontraindikasi dari penggunaan hydroxycarbamide adalah sebagai berikut.

  • Hipersensitivitas atau alergi

  • Anemia berat, depresi sumsum tulang

  • Jumlah sel darah putih kurang dari 2500/mm³, trombosit kurang dari 100.000/mm³

  • Kehamilan, laktasi

Efek Samping

Mual, muntah, kehilangan nafsu makan, sariawan, diare, atau sembelit dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, informasikan dokter atau apoteker Anda segera.

 

Orang yang menggunakan obat ini mungkin memiliki efek samping yang serius. Namun, dokter Anda telah meresepkan obat ini karena dia menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Pemantauan yang cermat oleh dokter Anda dapat mengurangi risiko Anda.

 

Informasikan dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, termasuk masalah kulit (seperti bisul, kulit menjadi gelap/menghitam/merah), perubahan mental/suasana hati (seperti kebingungan, halusinasi), kejang, sesak napas, dan tanda-tanda masalah ginjal (seperti perubahan jumlah urin).

 

Dapatkan bantuan medis segera jika Anda mengalami efek samping yang sangat serius, termasuk nyeri dada.

 

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius seperti ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, dan kesulitan bernapas.

 

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Tag :
Referensi

1.       Hydroxyurea: Side Effects, Dosages, Treatment, Interactions, Warnings [Internet]. RxList. [cited 2021 Jul 2]. Available from: https://www.rxlist.com/consumer_hydroxyurea_hydrea/drugs-condition.htm

2.      Hydroxyurea: MedlinePlus Drug Information [Internet]. [cited 2021 Jul 2]. Available from: https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682004.html

3.       Hydroxyurea Oral: Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing - WebMD [Internet]. [cited 2021 Jul 2]. Available from: https://www.webmd.com/drugs/2/drug-7818/hydroxyurea-oral/details

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami