Bantuan
Free Tele x

Hydrotalcite

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Apr 2022

Bagikan

Hydrotalcite

Nama Dagang: Promag, Talsil

 

Hydrotalcite adalah obat yang termasuk ke dalam golongan antasida atau obat yang bekerja untuk menetralkan keasaman (pH) pada gangguan asam lambung. Obat ini dapat digunakan pada kondisi seperti nyeri ulu hati dan peningkatan asam lambung tubuh. Selain itu obat ini dapat digunakan pada kondisi iritasi lambung, rasa begah, dan luka pada lambung dan usus.

 

Golongan : Antasida

Kategori : Obat bebas

Manfaat : Menetralkan gangguan asam lambung

Bentuk : Tablet, solusio

Dikonsumsi oleh : Anak, Dewasa

Hydrotalcite merupakan jenis mineral berupa gabungan aluminium magnesium karbonat hidroksida. Hydrotalcite memiliki kemampuan akan mengikat asam pada lambung. Hydrotalcite bekerja segera setelah obat ini masuk ke dalam lambung.

Peringatan

Nyeri ulu hati dan rasa begah terkadang dapat menjadi penanda penyakit serius seperti kanker lambung. Oleh karena itu, anda perlu berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakan obat ini terutama jika anda berusia 55 tahun ke atas dengan gejala nyeri ulu hati pertama kali, nyeri ulu hati tidak kunjung hilang selama lebih dari 2 minggu, terdapat kesulitan menelan, terdapat nyeri perut dengan penurunan berat badan, buang air besar berwarna hitam, dan menggunakan obat anti nyeri.

 

Beberapa obat tidak dapat digunakan pada saat hamil atau anda sedang menyusui. Obat ini tidak diserap oleh tubuh atau masuk ke darah sehingga hingga saat ini belum ada bukti efek berbahaya pada janin jika digunakan selama kehamilan. Obat ini juga diketahui tidak terdapat efek berbahaya jika digunakan oleh ibu yang sedang menyusui. Akan tetapi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum anda menggunakan obat ini jika sedang hamil atau menyusui.

Dosis dan Aturan Pakai

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat.

Anak-anak 

  • Sebagai obat suspensi 

Obat berbentuk suspensi yang mengandung 500 mg setiap 5 ml. Pada anak berusia 6 tahun hingga 12 tahun obat digunakan 5 ml atau 2 sendok takar obat yang digunakan diantara waktu makan dan pada saat tidur. Pada anak berusia diatas 12 tahun dosis sesuai dengan dosis dewasa. Pada anak berusia dibawah 6 tahun, hydrotalcite tidak dapat digunakan.

Dewasa

  • Sebagai obat suspensi 

Obat berbentuk suspensi yang mengandung 500 mg setiap 5 ml. Obat digunakan 10 ml atau 2 sendok takar obat yang digunakan diantara waktu makan dan pada saat tidur. 

 

Cara Menggunakan Obat

Gunakan obat ini sesuai dengan instruksi dari dokter atau instruksi pada label. Jangan menaikan atau menurunkan dosis tanpa instruksi dokter.

Sebagai obat suspensi, sebelum menggunakan obat ini, anda perlu mengocok botol obat. Pada saat penakaran dosis obat, gunakan sendok takar yang sudah tersedia pada kemasa. Satu sendok takar setara dengan 5 ml obat sehingga pada usia 12 tahun keatas gunakan 2 sendok takar. Jika tidak terdapat sendok takar anda dapat menggunakan sendok teh yang setara dengan 5 ml obat. 

Hydrotalcite dapat mengganggu penyerapan obat antibiotik tertentu dan tablet zat besi. Secara umum, untuk menghindari gangguan penyerapan, hydrotalcite digunakan dengan jangka waktu minimal 2 jam dengan obat antibiotik atau tablet zat besi. Akan tetapi, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter jika anda menggunakan antibiotik atau tablet zat besi dan akan menggunakan hydrotalcite.

 

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaik. Akan tetapi, jika anda merasakan bahwa gejala awal anda sudah hilang, obat dapat dihentikan. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan obat pada waktu yang sama setiap harinya. 

Obat dapat terus dipakai jika gejala masih anda rasakan. Akan tetapi, Konsultasikan pada dokter Anda jika kondisi tidak membaik atau malah memburuk.

Cara Penyimpanan

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembab. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Kontraindikasi

Hydrotalcite tidak dapat digunakan apabila anda pernah mengalami reaksi alergi terhadap hydrotalcite. Hydrotalcite dikemas bersama dengan obat lainnya sehingga anda tidak dapat menggunakan hydrotalcite apabila juga mengalami atau pernah mengalami alergi dengan komponen kemasan obat lainnya. 

 

Hydrotalcite tidak dapat digunakan pada anak berusia dibawah 6 tahun. Pada anak dibawah 6 tahun dapat lebih menimbulkan efek samping

Efek Samping

Penggunaan hydrotalcite dapat menimbulkan efek samping berupa mual dan muntah. Akan tetapi efek samping yang ditimbulkan tidak selalu terjadi pada setiap pengguna hydrotalcite

Beberapa efek samping dapat menjadi penanda keadaan bahaya dan harus segera diberitahukan kepada dokter. Berikut efek samping yang menandakan bahaya:

  • Ruam merah dengan sesak napas dan bengkak pada wajah

 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi

  1. Hydrotalcite. MIMS Indonesia. Available from: https://www.mims.com/indonesia/drug/info/hydrotalcite?mtype=generic

  2. Hydrotalcite: uses, dosage, side effects [Internet]. Netdoctor. 2021 [cited 29 June 2021]. Available from: https://www.netdoctor.co.uk/medicines/digestion/a6877/hydrotalcite/

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami