Bantuan

Obat

Hexetidine

Ditinjau oleh • 25 Apr 2022

Bagikan

Hexetidine

Nama Dagang: Hexadol/Hexadol Mint

 

Hexetidine adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi pada mulut dan tenggorokan. Infeksi yang dimaksud dapat menimbulkan gejala seperti gusi bengkak, sariawan, bau mulut, dan rasa gatal di tenggorok. Hexetidine merupakan antiseptik atau obat yang dapat digunakan untuk membersihkan rongga mulut dari kuman. Hexetidine bermanfaat untuk mencegah infeksi bakteri dan jamur pada mulut.

 

Golongan : Antiseptik

Kategori : Obat bebas terbatas

Manfaat : Mengendalikan infeksi pada mulut

Bentuk : solusio

Dikonsumsi oleh : Anak dan dewasa

Hexetidine juga digunakan sehari-hari sebagai pembersih mulut dan sebagai obat setelah tindakan yang dilakukan oleh dokter gigi.

Peringatan

Penggunaan obat ini harus dipantau dengan baik apabila akan diberikan pada anak-anak karena anak cenderung lebih mudah mengalami efek samping obat. Selalu periksakan ke dokter atau apoteker sebelum memberikan hexetidine pada anak-anak.

 

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa hexetidine berbahaya jika diberikan pada ibu hamil dan menyusui. Akan tetapi, tetap beritahukan dokter jika Anda sedang hamil atau menyusui. Dokter akan menentukan apakah obat ini dapat Anda gunakan atau tidak.

 

Beritahukan dokter atau apoteker jika Anda menggunakan obat lain seperti obat herbal, suplemen, dan obat yang Anda beli tanpa resep dokter.

Dosis dan Aturan Pakai

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengkonsumsi obat.

Anak-anak

  • Sebagai obat kumur pada kasus infeksi mulut atau menjaga kebersihan mulut

Pada anak berusia 6 tahun keatas, kumur larutan obat 0,1% sebanyak 15 mL. Obat dapat digunakan dua kali sehari hingga tiga kali sehari. Pada anak berusia di bawah 6 tahun, penggunaan tidak diperbolehkan kecuali atas instruksi dokter.

Dewasa

  • Sebagai obat kumur pada kasus infeksi mulut atau menjaga kebersihan mulut

Kumur larutan obat 0,1% sebanyak 15 mL. Obat dapat digunakan dua kali sehari hingga tiga kali sehari.

 

Cara Menggunakan Obat

Gunakan obat ini sesuai dengan instruksi dari dokter atau instruksi pada label. Jangan menaikkan atau menurunkan dosis tanpa instruksi dokter.

Obat ini tersedia dalam bentuk solusio. Solusio digunakan sebagai obat kumur dan jangan ditelan. Obat tidak perlu dilarutkan dalam air, gunakan langsung obat untuk berkumur sesuai dengan penakar. Pastikan obat yang dikumur-kumur di dalam mulut telah mengenai seluruh rongga mulut sebelum dibuang.

Gunakan obat ini secara teratur sampai pengobatan tuntas untuk mendapatkan manfaat terbaik. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan obat pada waktu yang sama setiap harinya. 

Hubungi dokter Anda jika kondisi tidak membaik atau malah memburuk.

Jika Anda melewatkan dosis, segera gunakan obat setelah Anda ingat. Jika sudah saatnya dosis selanjutnya, dosis yang sudah terlewat tidak perlu digantikan dan kembali lanjutkan jadwal pengobatan anda. Jangan gunakan dosis obat dua kali lipat karena alasan apapun.

Cara Penyimpanan

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan (25°C). Jauhkan obat dari paparan cahaya matahari langsung dan tempat yang lembab. Jangan bekukan obat. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang obat.

Kontraindikasi

Hexetidine tidak dapat diberikan pada anak usia di bawah 6 tahun. Hal ini karena anak berusia di bawah 6 tahun akan lebih mudah mengalami efek samping akibat penggunaan hexetidine.

Efek Samping

Penggunaan hexetidine dapat menimbulkan efek samping pada rongga mulut berupa:

  • Iritasi pada mulut

  • Rasa kesemutan atau baal pada lidah

  • Gangguan pengecapan

  • Mulut terasa kering

 

Efek samping yang berbahaya dari obat ini misalnya adalah alergi berat; kondisi tersebut dapat ditandai oleh munculnya bengkak pada wajah, ruam merah, dan sesak napas. Segera hubungi dokter bila timbul efek samping tersebut.

 

Hubungi dokter apabila efek samping yang dirasakan tidak kunjung hilang atau bertambah berat.

 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Tag :
Referensi

  1. Hexetidine. MIMS Indonesia. Available from: https://www.mims.com/indonesia/drug/info/hexetidine/patientmedicine/hexetidine%2B-%2Bmouth%252Fthroat

Bagikan artikel ini