Bantuan
Free Tele x

Obat

Guar Gum

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Apr 2022

Bagikan

Guar Gum

Nama Dagang: -

 

Guar gum mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, Guar gum merupakan hasil pengolahan dari tanaman guar, sejenis kacang-kacangan yang banyak dibudidayakan di daerah Asia Selatan. Guar gum biasanya dikemas dalam bentuk bubuk padat. Guar gum dipercaya berkhasiat menurunkan kadar gula darah sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita kencing manis (diabetes). Selain itu, Guar gum juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol serta membantu memperlancar gerakan usus sehingga lazim digunakan untuk meredakan sembelit atau susah buang air besar. 

 

Hingga saat ini, Guar gum masih berstatus sebagai suplemen. Khasiatnya pun masih terus diteliti hingga sekarang sehingga Guar gum belum ditetapkan sebagai obat paten. Meski begitu, produk Guar gum sudah dapat ditemukan di berbagai gerai penjual obat.



Golongan : Herbal

Kategori : Suplemen

Manfaat : Menurunkan gula darah, menurunkan kolesterol, melawan sembelit, meredakan diare, menurunkan tekanan darah

Bentuk : Serbuk

Dikonsumsi oleh : Anak-anak, Dewasa

Peringatan

Guar gum hanyalah suplemen sehingga tidak dapat menggantikan peran obat yang diresepkan dokter. Jangan berhenti menggunakan obat yang diresepkan dokter, terutama pada kasus penyakit menahun (kronis) seperti kencing manis dan kolesterol tinggi.

 

Bila Anda berencana mengkonsumsi Guar gum, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda, terutama bila Anda juga sedang mengonsumsi obat yang diresepkan dokter. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi Guar gum dalam jumlah besar (> 10 gram per hari) bersamaan dengan metformin (obat penurun gula darah yang digunakan oleh penderita kencing manis) bisa menurunkan keampuhan obat sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan.

 

Penggunaan Guar gum pada anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui juga perlu berhati-hati. Data ilmiah yang ada belum cukup untuk memastikan keamanan Guar gum pada populasi tersebut.

 

Dosis dan Aturan Pakai

 

Dosis yang dianjurkan dapat berbeda antar penyakit.  Berikut merupakan uraiannya : 

  1. Untuk menurunkan gula darah

Dosis yang dianjurkan adalah 5 gram, diberikan tiga kali sehari. Setiap 5 gram serbuk biasanya dilarutkan dalam air putih minimal 200mL. Untuk konsumsi yang pertama kali, Anda bisa mengkonsumsi Guar gum dengan dosis kecil terlebih dahulu untuk mencegah reaksi efek samping terhadap saluran cerna 

 

  1. Untuk mengatasi sulit buang air besar

Dosis yang lazim diberikan adalah 4 - 22 gram per hari, yang dapat dibagi menjadi beberapa kali pemberian. Dosis ini terbukti dapat membantu meredakan rasa nyeri perut akibat susah buang air besar. Untuk konsumsi pertama kali, Anda bisa mulai dari dosis 4 gram sekali sehari terlebih dahulu. Jumlah yang dikonsumsi dapat ditambah seiring waktu.

 

  1. Untuk mengatasi diare

Dosis yang digunakan pada kasus diare kurang lebih sama dengan dosis pada kasus sembelit, yaitu hingga 22 gram per hari.

 

  1. Untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah

Dosis yang dianjurkan adalah 15-18 gram per hari, bisa diberikan 1-2 kali sehari. Dosis tersebut dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (Low-density lipoprotein atau LDL) sebesar 5 - 10%. 

 

  1. Untuk menurunkan tekanan darah pada tekanan darah tinggi

Dosis yang dianjurkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi juga tidak jauh berbeda, yaitu 7-10 gram, yang diberikan tiga kali sehari. Akan tetapi, beberapa ahli masih meragukan khasiat dari Guar gum sebagai pengontrol tekanan darah.

 

Pada anak-anak, penelitian menunjukkan bahwa dosis yang diberikan berkisar antara 3 - 5 gram per hari, tergantung dari usia anak tersebut. Dosis tersebut hanya berlaku untuk anak mulai usia 4 tahun ke atas. Untuk usia di bawah 4 tahun, dosis Guar gum yang tergolong aman belum diketahui pasti.

 

Cara Menggunakan Obat

Bubuk Guar gum harus dicampur terlebih dahulu dengan air putih. Konsumsi Guar gum dapat dilakukan sebelum makan atau segera sebelum suapan makan pertama. Beberapa orang juga lebih memilih untuk mengkonsumsi langsung bubuk dari biji guar yang dikeringkan (tanpa melalui proses penyajian lebih lanjut).

 

Cara Penyimpanan

Secara umum, metode penyimpanan bubuk Guar gum belum diketahui secara pasti. Anda dapat menyimpannya dalam ruang yang tidak terlalu lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung.

 

Kontraindikasi

Obat ini tidak dapat dikonsumsi jika Anda memiliki keluhan sulit menelan, penyakit di kerongkongan, ataupun sumbatan pada usus. Keamanan penggunaan Guar gum pada ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak di bawah 4 tahun masih dipertanyakan sehingga sebaiknya dihindari. Sejauh ini, belum didapatkan data ilmiah yang jelas terkait kondisi atau penyakit lain apa saja yang membuat seseorang tidak diperbolehkan mengkonsumsi Guar gum. Artinya, bisa saja ada kondisi atau penyakit lain yang dapat membuat penggunaan Guar gum menjadi tidak aman.

 

Efek Samping

Efek samping yang perlu Anda ketahui ketika mengkonsumsi Guar gum antara lain penurunan kadar gula darah secara drastis, penurunan nafsu makan, serta keluhan saluran cerna (seperti kembung, kram perut, dan muntah).  Semakin tinggi jumlah Guar gum yang Anda konsumsi, risiko timbul efek samping semakin tinggi.

 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Tag :
Referensi

  1. MIMS. Guar gum [internet]. Website MIMS Indonesia. Unknown: 2021 [cited 2021 July 2]. Available from : https://www.mims.com/philippines/drug/info/guar%20gum?mtype=generic

  2. Drugs.com Author. Guar gum [internet]. Website Drugs.com. Dallas ; 2021 [cited 2021 July 2]. Available from : https://www.drugs.com/npp/guar-gum.html

  3. Unknown. Guar Gum [internet]. WebMD. New York; 2020 [cited 2021 July 2]. Available from : https://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientreview-919-guar-gum?drugid=919&drugname=GUAR-GUM

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami