Bantuan
Free Tele x

Obat

Faktor VIII

Ditinjau oleh • 09 Jan 2022

Bagikan

Faktor VIII

Nama Dagang: 8Y, Aafact, Dried Factor VII, Haemoctin, Hemoraas, Kogenate Fs

 

Faktor VIII digunakan untuk mengontrol dan mencegah episode perdarahan pada pasien hemofilia A. Faktor VIII juga digunakan pada pasien hemofilia sebelum operasi untuk mencegah pendarahan. Faktor VIII yang hilang adalah suatu protein (faktor pembekuan) yang biasanya ada dalam darah sehingga darah dapat membeku dan pendarahan dapat berhenti. Orang dengan tingkat faktor VIII yang rendah berisiko mengalami pendarahan lebih lama setelah cedera/operasi dan pendarahan di dalam tubuh (terutama pada persendian dan otot).

 

Golongan : Haemostatic/antihemophilic

Kategori : Obat resep

Manfaat : Mengontrol dan mencegah perdarahan pada hemofilia A

Bentuk : Infus

Dikonsumsi oleh : Anak dan dewasa 

Peringatan

Sebelum menggunakan ezetimibe, beritahukan kepada dokter jika Anda memiliki alergi terhadap antihemofilik faktor VIII atau pun memiliki alergi lain. Obat ini mungkin mengandung polietilen glikol (PEG) atau bahan tidak aktif yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda.

Produsen beberapa merek obat ini menyarankan Anda memantau detak jantung Anda selama perawatan. Jika jantung Anda mulai berdetak lebih cepat, Anda disarankan untuk memberikan obat ini lebih lambat atau menghentikan infus untuk sementara sampai detak jantung Anda kembali normal. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk lebih jelasnya.

Pada kehamilan, faktor VIII termasuk dalam kategori C. Penelitian terkait faktor VIII pada kehamilan hingga saat ini hanya ada studi pada hewan dan belum ada pada manusia. Dalam studi hewan tersebut dapat diketahui bahwa, pada taraf kadar tertentu, faktor VIII dapat memiliki risiko terhadap janin. Oleh karena itu, penggunaan faktor VIII pada ketika kehamilan hanya diperbolehkan jika benar-benar dibutuhkan. 

Hingga saat ini, belum diketahui apakah faktor VIII dapat terserap ke dalam Air Susu Ibu (ASI) atau tidak. Konsultasikan kepada dokter sebelum menggunakan obat ketika menyusui.    

Dosis dan Aturan Pakai

Faktor VIII merupakan tatalaksana lini pertama pada pasien hemofilia. Pada episode perdarahan, kebutuhan dosis, frekuensi dosis, dan durasi pengobatan dapat bervariasi sesuai dengan tingkat faktor VIII individu, lokasi dan luasnya perdarahan, kondisi pasien, dan jenis sediaan yang digunakan. Untuk pencegahan jangka panjang,  dosis faktor VIII yang diberikan sebanyak 20-50 IU/kg dengan interval 2-3 hari. Interval dosis yang lebih pendek atau dosis yang lebih tinggi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus.

 

Cara Menggunakan Obat

Obat ini diberikan melalui infus atau injeksi ke pembuluh darah. Obat mungkin perlu diberikan lebih lambat dan dalam waktu yang lebih lama tergantung pada dosis Anda dan bagaimana Anda meresponnya.

Setelah pertama kali menerima obat ini di pusat perawatan hemofilia atau rumah sakit, beberapa pasien mungkin dapat memberikan obat ini sendiri di rumah. Jika dokter mengarahkan Anda untuk melakukan pemberian obat secara mandiri di rumah, pelajari semua petunjuk persiapan dan penggunaan dalam paket produk. Pelajari cara menyimpan dan membuang jarum dan persediaan medis dengan aman. Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa bertanya kepada dokter.

Jika obat dan larutan yang digunakan untuk mencampurnya didinginkan, bawa keduanya ke suhu kamar sebelum digabungkan. Setelah menambahkan larutan ke bubuk, aduk perlahan campuran untuk benar-benar melarutkan bubuk. Sebelum menggunakan produk ini, periksa secara visual apakah ada partikel atau perubahan warna. Jika salah satunya ada, jangan gunakan obat. Gunakan segera sesuai dengan instruksi produk.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, berat badan, hasil tes darah, dan respons terhadap pengobatan. Ikuti instruksi dokter Anda dengan cermat. Beri tahu dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik atau memburuk.

 

Cara Penyimpanan

Simpan obat dalam wadahnya, tertutup rapat, dan jauh dari jangkauan anak-anak. Simpan pada suhu kamar yang jauh dari panas dan kelembaban. Obat-obat yang tidak dibutuhkan harus dibuang dengan cara khusus untuk memastikan bahwa hewan peliharaan, anak-anak, dan orang lain tidak mengonsumsinya. 

Kontraindikasi

Beberapa kontraindikasi relatif pada penggunaan faktor VIII antara lain: pasien dengan risiko penyakit kardiovaskular, kehamilan, dan menyusui. 

Efek Samping

Kemerahan pada wajah, sakit kepala, mual, dan detak jantung yang cepat terkadang dapat terjadi dan dapat dikurangi dengan memberikan obat ini lebih lambat. Rasa terbakar/kemerahan/iritasi di tempat suntikan, demam, dan kedinginan juga dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, beritahu dokter atau apoteker Anda segera.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera cari pertolongan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas, rasa tidak nyaman/sesak di dada.

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  • Antihemophilic FVIII. WebMD Indonesia. 
  • Factor VIII. MIMS.
Bagikan artikel ini