Obat

Ezetimibe

Ditinjau oleh Dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 08 Jan 2022

Bagikan

Ezetimibe

Nama Dagang: Ezetrol dan Vytorin

 

Ezetimibe biasa digunakan bersama dengan diet rendah kolesterol / rendah lemak dan olahraga untuk membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Ezetimibe dapat digunakan sendiri atau dengan obat lain (seperti "statin" atau fibrat). Ezetimibe bekerja dengan mengurangi jumlah kolesterol yang diserap tubuh Anda dari makanan Anda konsumsi. Mengurangi kolesterol dapat membantu mencegah stroke dan serangan jantung.

 

Golongan : Obat penurun kolesterol (selective cholesterol-absorption inhibitors)

Kategori : Obat resep

Manfaat : Mengurangi jumlah kolesterol sehingga mencegah stroke dan serangan jantung

Bentuk : Tablet

Dikonsumsi oleh : Dewasa 

Peringatan

Sebelum menggunakan ezetimibe, beritahukan kepada dokter jika Anda memiliki alergi terhadap ezetimibe atau pun memiliki alergi lain. Obat ini mungkin mengandung bahan tidak aktif yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Laporkan juga kepada dokter mengenai riwayat kesehatan yang Anda miliki, terutama pada gangguan fungsi hati 

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal). 

Pada kehamilan, ezetimibe termasuk dalam kategori C. Penelitian terkait ezetimibe pada kehamilan hingga saat ini hanya ada studi pada hewan dan belum ada pada manusia. Dalam studi hewan tersebut dapat diketahui bahwa, pada taraf kadar tertentu, ezetimibe dapat memiliki risiko terhadap janin. Oleh karena itu, penggunaan ezetimibe pada ketika kehamilan hanya diperbolehkan jika benar-benar dibutuhkan. 

Hingga saat ini, belum diketahui apakah ezetimibe dapat terserap ke dalam Air Susu Ibu (ASI) atau tidak. Konsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsi obat ketika menyusui.    

Dosis dan Aturan Pakai

Ezetimibe banyak digunakan untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh dalam batas normal. Dalam penggunaannya, setiap orang memiliki dosis dan durasi yang berbeda sesuai dengan kondisinya. Oleh karena itu, pastikan penggunaan ezetimibe dilakukan setelah konsultasi dan sesuai dengan anjuran dokter. 

 

  Sitosterolemia familial homozigot, Hiperlipidemia

  • Dewasa: dosis 10 mg sekali sehari.

  • Anak: usia di atas 10 tahun sama seperti dosis dewasa. 

 

Cara Menggunakan Obat

Baca panduan obat yang disediakan oleh apoteker Anda atau terdapat pada kemasan sebelum Anda mulai minum obat ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.

Minum obat ini melalui mulut seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sekali sehari dengan atau tanpa makanan. Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respons terhadap pengobatan.

Jika Anda juga mengkonsumsi sekuestran asam empedu (seperti cholestyramine, colestipol), minum  ezetimibe setidaknya 2 jam sebelum atau 4 jam setelah mengambil sekuestran asam empedu. Produk-produk ini dapat mengikat ezetimibe, mencegah tubuh Anda menyerap obat sepenuhnya.

Minum obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah pada waktu yang sama setiap hari. Tetap minum obat ini bahkan jika Anda merasa sehat. Kebanyakan orang dengan kolesterol tinggi tidak merasa sakit. Mungkin diperlukan waktu hingga 2 minggu sebelum Anda mendapatkan manfaat penuh dari obat ini. 

 

Cara Penyimpanan

Simpan obat dalam wadahnya, tertutup rapat, dan jauh dari jangkauan anak-anak untuk mencegah keracunan pada anak. Simpan pada suhu kamar yang jauh dari panas dan kelembaban. Obat-obat yang tidak dibutuhkan harus dibuang dengan cara khusus untuk memastikan bahwa hewan peliharaan, anak-anak, dan orang lain tidak mengonsumsinya. 

Kontraindikasi

Beberapa kontraindikasi relatif ezetimibe antara lain: gangguan fungsi hati, kehamilan, dan menyusui.

Efek Samping

Obat ini dapat meningkatkan risiko kerusakan hati atau kerusakan otot bila dikonsumsi dengan statin dan fibrate. Beri tahu dokter Anda segera jika Anda mengalami salah satu dari gejala berikut: tanda-tanda masalah hati (seperti sakit perut/perut yang parah, mual/muntah terus-menerus, mata/kulit menguning, urin berwarna gelap) dan nyeri otot atau kelemahan (terutama dengan demam atau kelelahan yang tidak biasa).

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Referensi
  • Ezetimibe. MIMS Indonesia. 
  • Ezetimibe. WebMD. 
  • Ezetimibe. Medlineplus.
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi