Obat

Estazolam

Ditinjau oleh Dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 28 Dec 2021

Bagikan

Estazolam

Nama Dagang: Alena, Esilgan, Elgran

 

Estazolam digunakan untuk pengobatan insomnia jangka pendek (kesulitan tidur atau tetap tertidur). Estazolam termasuk dalam kelas obat yang disebut benzodiazepin. Ia bekerja dengan memperlambat aktivitas di otak untuk memungkinkan tidur.

 

Estazolam beredar dalam bentuk tablet minum. Biasanya diambil sesuai kebutuhan pada waktu tidur atau setelah tidur dan mengalami kesulitan tidur. Ikuti petunjuk pada label resep Anda dengan hati-hati, dan mintalah dokter atau apoteker Anda untuk menjelaskan bagian mana pun yang tidak Anda mengerti. Ambil estazolam persis seperti yang diarahkan.

 

Golongan : Benzodiazepine

Kategori : Obat resep

Manfaat : Menangani insomnia

Bentuk : Obat tablet

Dikonsumsi oleh : Dewasa

 

Obat ini digunakan untuk mengobati masalah tidur tertentu (insomnia). Ini dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, tetap tidur lebih lama, dan mengurangi seberapa sering Anda bangun di malam hari, sehingga Anda bisa mendapatkan istirahat malam yang lebih baik. Estazolam termasuk dalam kelas obat yang disebut benzodiazepin. Ini bekerja pada otak Anda untuk menghasilkan efek menenangkan. Penggunaan obat ini biasanya terbatas pada periode pengobatan singkat 1 sampai 2 minggu atau kurang. Jika insomnia Anda berlanjut untuk waktu yang lebih lama, bicarakan dengan dokter Anda untuk melihat apakah Anda memerlukan perawatan lain.

Peringatan

Sebelum mengonsumsi estazolam, informasikandokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadapnya atau benzodiazepin lain (seperti diazepam, lorazepam) atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

 

Sebelum menggunakan obat ini, informasikan dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama dari penyakit ginjal, penyakit hati, masalah paru-paru/pernapasan (seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan sleep apnea), masalah mental/suasana hati (seperti depresi, pikiran untuk bunuh diri), riwayat pribadi atau keluarga dari gangguan penggunaan zat (seperti penggunaan berlebihan atau kecanduan obat-obatan/alkohol), riwayat pribadi atau keluarga berjalan dalam tidur, dan penyakit otot tertentu (myasthenia gravis).

 

Karena obat ini membuat Anda mengantuk, jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan sampai Anda dapat melakukannya dengan aman. Alkohol atau mariyuana (ganja) bisa meningkatkan efek estazolam. Hindari minuman beralkohol. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda menggunakan mariyuana (ganja).

 

Sebelum menjalani operasi, informasikan dokter atau dokter gigi Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat bebas, dan produk herbal).

 

Orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih sensitif terhadap efek samping obat ini, terutama pusing, kebingungan, goyah, dan kantuk yang berlebihan. Efek samping ini dapat meningkatkan risiko jatuh.

 

Estazolam tidak boleh digunakan selama kehamilan. Ini dapat membahayakan bayi yang belum lahir. Jika Anda seorang wanita usia subur, gunakan bentuk pengendalian kelahiran yang andal saat menggunakan obat ini. Jika Anda merencanakan kehamilan, jangan minum obat ini. Jika Anda hamil atau berpikir Anda mungkin hamil, informasikandokter Anda segera.

 

Obat ini dapat masuk ke dalam ASI dan memiliki efek yang tidak diinginkan pada bayi yang menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

 

Dosis dan Aturan Pakai

Dosis dewasa biasa untuk insomnia: 1-2 mg secara oral pada waktu tidur. Dosis ini digunakan untuk manajemen insomnia jangka pendek

 

Dosis lansia biasa untuk insomnia: 1 mg diminum sebelum tidur. Perlu diperhatikan peningkatan dosis harus dimulai dengan hati-hati. Dosis ini digunakan untuk manajemen insomnia jangka pendek.  Pada pasien tua kecil atau lemah, dosis awal 0,5 mg harus dipertimbangkan.

Cara Menggunakan Obat

Minum obat ini melalui mulut dengan atau tanpa makanan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sebelum tidur. Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, usia, dan respons terhadap pengobatan.

 

Meskipun tidak mungkin, obat ini jarang dapat menyebabkan kehilangan memori jangka pendek sementara. Untuk mengurangi kemungkinan ini, jangan mengambil dosis obat ini kecuali Anda punya waktu untuk tidur malam penuh minimal 7-8 jam. Jika Anda harus bangun sebelum itu, Anda mungkin kehilangan ingatan.

 

Jika Anda tiba-tiba berhenti menggunakan obat ini, Anda mungkin mengalami gejala penarikan (seperti mual, muntah, kemerahan, kram perut, gugup, gemetar). Untuk membantu mencegah penarikan, dokter Anda mungkin menurunkan dosis Anda secara perlahan. Penarikan lebih mungkin terjadi jika Anda telah menggunakan estazolam untuk waktu yang lama atau dalam dosis tinggi. Beri tahu dokter atau apoteker Anda segera jika Anda mengalami penarikan.

 

Ketika obat ini digunakan untuk waktu yang lama mungkin tidak bekerja dengan baik. Bicarakan dengan dokter Anda jika obat ini berhenti bekerja dengan baik.

 

Meskipun membantu banyak orang, obat ini terkadang dapat menyebabkan kecanduan. Risiko ini mungkin lebih tinggi jika Anda memiliki gangguan penggunaan zat (seperti penggunaan berlebihan atau kecanduan obat-obatan/alkohol). Minum obat ini persis seperti yang ditentukan untuk menurunkan risiko kecanduan. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

 

Beri tahu dokter Anda jika kondisi Anda berlanjut setelah 7-10 hari, atau jika memburuk.

 

Anda mungkin mengalami kesulitan tidur beberapa malam pertama setelah Anda berhenti minum obat ini. Ini disebut insomnia rebound dan normal. Biasanya akan hilang setelah 1 atau 2 malam. Jika efek ini berlanjut, hubungi dokter Anda.

 

Cara Penyimpanan

Simpan obat ini dalam wadahnya, tertutup rapat, dan jauh dari jangkauan anak-anak. Simpan pada suhu kamar dan jauhkan dari panas dan kelembaban berlebih (bukan di kamar mandi).

 

Penting untuk menjauhkan semua obat dari pandangan dan jangkauan anak-anak karena banyak wadah (seperti pengingat pil mingguan dan untuk obat tetes mata, krim, patch, dan inhaler) tidak tahan anak dan anak kecil dapat membukanya dengan mudah. Untuk melindungi anak kecil dari keracunan, selalu kunci tutup pengaman dan segera letakkan obat di tempat yang aman – tempat yang jauh dan jauh dari pandangan dan jangkauan mereka.

 

Obat-obatan yang tidak dibutuhkan harus dibuang dengan cara khusus untuk memastikan bahwa hewan peliharaan, anak-anak, dan orang lain tidak dapat mengkonsumsinya. Namun, Anda tidak boleh membuang obat ini ke toilet. Sebaliknya, cara terbaik untuk membuang obat Anda adalah melalui program pengambilan kembali obat. Bicaralah dengan apoteker Anda atau hubungi departemen sampah/daur ulang setempat untuk mempelajari tentang program pengambilan kembali di komunitas Anda.

 

Kontraindikasi

Kontraindikasi dari penggunaan estazolam adalah alergi, intoksikasi alkohol, miastenia gravis (diperbolehkan dalam beberapa kondisi), glaukoma, depresi pernapasan berat, dan neurosis depresi. 

Efek Samping

Pusing atau kesulitan dengan koordinasi dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini berlanjut atau memburuk, segera informasikandokter atau apoteker Anda. Untuk mengurangi risiko pusing atau jatuh, bangunlah secara perlahan saat bangkit dari posisi duduk atau berbaring.

 

Obat ini dapat membuat Anda mengantuk di siang hari. Beri tahu dokter Anda jika Anda mengantuk di siang hari. Dosis Anda mungkin perlu disesuaikan.

 

Ingatlah bahwa dokter Anda telah meresepkan obat ini karena dia menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

 

Informasikan dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, termasuk: kehilangan ingatan, perubahan mental/suasana hati/perilaku (seperti depresi baru/memburuk, pikiran abnormal, pikiran untuk bunuh diri, halusinasi, kebingungan, agitasi, perilaku agresif, dan  kecemasan) .

 

Jarang, setelah minum obat ini, orang bangun dari tempat tidur dan mengendarai kendaraan saat tidak sepenuhnya terjaga ("mengemudi saat tidur"). Orang-orang juga berjalan dalam tidur, menyiapkan/memakan makanan, menelepon, atau berhubungan seks saat tidak sepenuhnya terjaga. Seringkali, orang-orang ini tidak ingat peristiwa yang terjadi. Masalah ini bisa berbahaya bagi Anda atau orang lain. Jika Anda mengetahui bahwa Anda telah melakukan salah satu dari kegiatan ini setelah minum obat ini, segera informasikan dokter Anda. Risiko Anda meningkat jika Anda menggunakan alkohol atau obat lain yang dapat membuat Anda mengantuk saat mengonsumsi estazolam.

 

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, dan kesulitan bernapas.

 

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Referensi
  • Estazolam: MedlinePlus Drug Information [Internet]. [cited 2021 Jul 2]. 
  • Estazolam Oral: Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing - WebMD [Internet]. [cited 2021 Jul 2]. 
  • Estazolam: Side Effects, Dosages, Treatment, Interactions, Warnings [Internet]. RxList. [cited 2021 Jul 2]. 
  • Estazolam Uses, Side Effects & Warnings [Internet]. Drugs.com. [cited 2021 Jul 2].
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi