Esomeprazole

Ditinjau oleh Dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 28 Dec 2021

Bagikan

Esomeprazole

Nama Dagang: Esomeprazole, Exocid, Arcolase

Esomeprazole digunakan untuk mengobati masalah perut dan kerongkongan tertentu (seperti refluks asam, bisul). Ini bekerja dengan mengurangi jumlah asam yang dibuat perut Anda. Ini mengurangi gejala seperti mulas, kesulitan menelan, dan batuk terus-menerus. Obat ini membantu menyembuhkan kerusakan asam pada lambung dan kerongkongan, membantu mencegah bisul, dan dapat membantu mencegah kanker kerongkongan. Esomeprazole termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai penghambat pompa proton (PPI).

 

Golongan : Penghambat pompa proton

Kategori : Obat Resep

Manfaat : Menurunkan asam lambung

Bentuk : Tablet dan suntik

Dikonsumsi oleh : Anak-anak ≥ 1 bulan dan dewasa

 

Peringatan

Sebelum menggunakan esomeprazole, informasikan dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadapnya; atau obat serupa (seperti lansoprazole, omeprazole); atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

 

Sebelum menggunakan obat ini, informasikan dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, khususnya penyakit hati dan  lupus.

 

Beberapa gejala sebenarnya bisa menjadi tanda dari kondisi yang lebih serius. Dapatkan bantuan medis segera jika Anda mengalami mulas dengan kepala terasa ringan/berkeringat/pusing, nyeri dada/rahang/lengan/bahu (terutama dengan sesak napas, keringat yang tidak biasa), dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

 

Selain itu, sebelum Anda mengobati sendiri dengan obat ini, segera dapatkan bantuan medis jika Anda memiliki tanda-tanda kondisi serius seperti kesulitan/nyeri menelan makanan, muntah berdarah, muntah yang terlihat seperti bubuk kopi, tinja berdarah/hitam, mulas selama lebih dari 3 bulan, sering nyeri dada, sering mengi (terutama dengan mulas), mual/muntah, dan sakit perut.

 

Sebelum menjalani operasi, informasikan dokter atau dokter gigi Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat bebas, dan produk herbal).

 

Inhibitor pompa proton (seperti esomeprazole) dapat meningkatkan risiko patah tulang, terutama dengan penggunaan yang lebih lama, dosis yang lebih tinggi, dan pada orang dewasa yang lebih tua. Bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda tentang cara untuk mencegah keropos/patah tulang, seperti dengan mengonsumsi kalsium (seperti kalsium sitrat) dan suplemen vitamin D.

 

Orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih sensitif terhadap efek samping obat ini, terutama keropos tulang dan patah tulang (lihat di atas), dan infeksi C. difficile (lihat bagian Efek Samping).

 

Anak-anak mungkin lebih sensitif terhadap efek samping obat ini, terutama demam, batuk, dan infeksi pada hidung/tenggorokan/saluran udara.

 

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya jika benar-benar dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.

 

Tidak diketahui apakah obat ini masuk ke dalam ASI. Namun, obat serupa masuk ke dalam ASI. Efek pada bayi menyusui tidak diketahui. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

 

Dosis dan Aturan Pakai

Setiap tablet atau kapsul mengandung 20 mg atau 40 mg. Setiap sachet mengandung 10 mg. Dosis biasa untuk mengobati:

  • mulas dan refluks asam adalah 20 mg sehari

  • penyakit refluks gastro-esofagus adalah 20 mg hingga 40 mg sehari

  • sakit maag adalah 20 mg sehari

  • Sindrom Zollinger-Ellison adalah 80 mg sehari - ini dapat meningkat menjadi 160 mg sehari tergantung pada seberapa baik kerjanya untuk Anda



Dosis obat disesuaikan dengan usia dan kondisi yang Anda alami. Gunakan obat ini persis seperti yang diarahkan pada label, atau seperti yang ditentukan oleh dokter Anda.

 

Ambil setiap dosis dengan segelas penuh (8 ons) air. Esomeprazole harus diminum setidaknya satu jam sebelum makan.



Cara Menggunakan Obat

Minum obat ini melalui mulut seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sekali sehari, setidaknya 1 jam sebelum makan. Jika Anda mengobati sendiri, ikuti semua petunjuk pada paket produk. Dosis dan lama pengobatan didasarkan pada kondisi medis Anda dan respons terhadap pengobatan. Jangan menambah dosis atau minum obat ini lebih sering dari yang diarahkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.

 

Jangan menghancurkan atau mengunyah obat ini, telan kapsul secara utuh. Jika Anda kesulitan menelan obat ini secara utuh, Anda dapat membuka kapsul dan memercikkan isinya ke dalam satu sendok makan saus apel yang tidak dipanaskan. Telan campuran saus apel segera tanpa mengunyahnya. Jangan menyiapkan campuran sebelumnya untuk digunakan nanti. Melakukannya dapat menghancurkan obat.

 

Jika diperlukan, antasida dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat ini. Jika Anda juga menggunakan sukralfat, minum esomeprazole setidaknya 30 menit sebelum sukralfat.

 

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah pada waktu yang sama setiap hari. Terus minum obat ini selama pengobatan yang ditentukan bahkan jika Anda merasa lebih baik. Jika Anda mengobati sendiri dengan produk yang dijual bebas, jangan meminumnya lebih dari 14 hari kecuali diarahkan oleh dokter Anda.

 

Informasikan dokter jika kondisi Anda tidak berubah atau menjadi lebih buruk. Jika Anda mengobati sendiri, informasikan dokter Anda jika mulas Anda berlanjut setelah 14 hari atau jika Anda perlu menggunakan obat ini lebih dari sekali setiap 4 bulan. Risiko efek samping meningkat seiring waktu. Tanyakan kepada dokter Anda berapa lama Anda harus minum obat ini. Jika Anda merasa memiliki masalah medis yang serius, segera dapatkan bantuan medis.

 

Cara Penyimpanan

Simpan esomeprazole pada suhu kamar jauh dari kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan obat dari anak anak dan hewan peliharaan.

 

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diinstruksikan untuk melakukannya. Buang produk ini dengan benar ketika sudah kadaluarsa atau tidak lagi dibutuhkan. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat.

 

Kontraindikasi

Kontraindikasi penggunaan esomeprazole adalah alergi terhadap esomeprazole atau penghambat pompa proton (PPI) lainnya

Efek Samping

Sakit kepala atau sakit perut dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, informasikan dokter atau apoteker Anda segera.

 

Ingatlah bahwa dokter Anda telah meresepkan obat ini karena dia menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

 

Informasikan dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, termasuk gejala kadar magnesium darah yang rendah (seperti detak jantung yang sangat cepat/lambat/tidak teratur, kejang otot yang terus-menerus, kejang), dan tanda-tanda lupus (seperti ruam pada hidung dan pipi, nyeri sendi baru atau memburuk).

 

Obat ini mungkin jarang menyebabkan kondisi usus yang parah karena bakteri yang disebut C. difficile. Kondisi ini dapat terjadi selama pengobatan atau berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah pengobatan dihentikan. Informasikan dokter Anda segera jika Anda mengalami diare yang tidak berhenti, sakit/kram perut atau perut, demam, dan darah/lendir pada tinja Anda.

 

Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, jangan gunakan produk anti-diare atau opioid karena dapat memperburuk gejala.

 

Jarang, penghambat pompa proton (seperti esomeprazole) menyebabkan defisiensi vitamin B12. Risiko meningkat jika dikonsumsi setiap hari untuk waktu yang lama (3 tahun atau lebih). Beri tahu dokter Anda segera jika Anda mengalami gejala kekurangan vitamin B12 (seperti kelemahan yang tidak biasa, sakit lidah, atau mati rasa/kesemutan pada tangan/kaki).

 

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas, dan tanda-tanda masalah ginjal (seperti perubahan dalam jumlah urin).

 

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Referensi
  • esomeprazole magnesium oral: Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing - WebMD [Internet]. [cited 2021 Jul 2]. 
  • Esomeprazole (Nexium): Side Effects, Dosages, Treatment, Interactions, Warnings [Internet]. RxList. [cited 2021 Jul 2]. 
  • Esomeprazole Uses, Side Effects & Warnings [Internet]. Drugs.com. [cited 2021 Jul 2]. 
  • Esomeprazole: medicine to lower stomach acid [Internet]. nhs.uk. 2018 [cited 2021 Jul 2].
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi