Bantuan
Free Tele x

Eptifibatide

Ditinjau oleh • 28 Dec 2021

Bagikan

Eptifibatide

Nama Dagang: Integrilin

Eptifibatide membantu mencegah trombosit dalam darah saling menempel dan membentuk gumpalan darah, sehingga biasa disebut antiplatelet. Bekuan darah yang tidak diinginkan dapat terjadi dengan kondisi jantung atau pembuluh darah tertentu.

 

Eptifibatide digunakan untuk mencegah pembekuan darah atau serangan jantung pada orang dengan nyeri dada yang parah atau kondisi lain, dan pada mereka yang menjalani prosedur yang disebut angioplasti (untuk membuka arteri yang tersumbat).

 

Golongan : Antiplatelet

Kategori : Obat resep

Manfaat : Mencegah penyakit jantung koroner 

Bentuk : Injeksi

Dikonsumsi oleh : Dewasa

 

Integrilin (eptifibatide) injeksi adalah inhibitor agregasi trombosit digunakan untuk pengobatan penyakit jantung koroner (ACS) dikelola secara medis atau dengan intervensi koroner perkutan (PCI), dan pengobatan pasien yang menjalani PCI (termasuk stenting intrakoroner). Injeksi integrin tersedia dalam bentuk generik.

Peringatan

Anda sebaiknya menghindari aktivitas yang dapat meningkatkan risiko pendarahan, misalnya prosedur-prosedur medis atau cedera. Gunakan perawatan ekstra untuk mencegah pendarahan saat mencukur atau menyikat gigi.

 

Tanyakan kepada dokter Anda sebelum menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) untuk nyeri, radang sendi, demam, atau pembengkakan. Ini termasuk aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin), naproxen (Aleve), dan lainnya. Menggunakan NSAID dengan eptifibatide dapat menyebabkan Anda mudah memar atau berdarah.

Beritahu dokter Anda tentang semua obat Anda saat ini dan semua obat yang Anda mulai atau hentikan, terutama:

  • NSAID (obat antiinflamasi nonsteroid)--aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin), naproxen (Aleve), celecoxib, diklofenak, indometasin, meloxicam, dan lain-lain;

  • pengencer darah--warfarin, Coumadin, Jantoven; atau

  • obat lain untuk mengobati atau mencegah pembekuan darah - Plavix, Pradaxa, Xarelto, Ticlid, dan lain-lain.

 

Untuk memastikan Anda dapat menerima eptifibatide dengan aman, beritahu dokter Anda jika Anda memiliki penyakit ginjal.

 

Pendarahan adalah komplikasi yang paling umum ditemui selama terapi integrilin. Pemberian integrilin dikaitkan dengan peningkatan perdarahan mayor dan minor, seperti yang diklasifikasikan oleh kriteria Trombolisis pada kelompok Studi Infark Miokard. Sebagian besar perdarahan utama yang terkait dengan integrilinterjadi di tempat akses arteri untuk kateterisasi jantung atau dari saluran gastrointestinal atau genitourinari. Minimalkan penggunaan tusukan arteri dan vena, suntikan intramuskular, dan penggunaan kateter urin, intubasi nasotrakeal, dan tabung nasogastrik. Saat mendapatkan akses intravena, hindari tempat yang tidak dapat dikompresi (mis., Vena subklavia atau jugularis).

 

Dosis dan Aturan Pakai

Orang dewasa: 2mg/mL atau 0,75 mg/mL. Anda dapat diberikan dosis sebesar 180 mcg/kg bolus selama 1-2 menit melalui jalur infus atau intravena

Cara Menggunakan Obat

Eptifibatide disuntikkan ke dalam vena melalui infus. Penyedia layanan kesehatan akan memberi Anda obat ini. Eptifibatide kadang-kadang diberikan sepanjang waktu hingga 4 hari berturut-turut.

 

Jika Anda menerima suntikan ini selama prosedur angioplasti, obat akan diberikan selama seluruh prosedur dan hingga 24 jam setelah prosedur.

 

Eptifibatide kadang-kadang diberikan bersama dengan aspirin. Ikuti instruksi dokter Anda tentang berapa banyak aspirin yang harus dikonsumsi dan untuk berapa lama.

 

Untuk memastikan obat ini membantu kondisi Anda dan tidak menyebabkan efek berbahaya, darah Anda perlu sering diuji.

 

Karena eptifibatide membuat darah Anda tidak membeku (menggumpal), obat ini juga bisa membuat Anda lebih mudah berdarah, bahkan dari cedera ringan. Hubungi dokter Anda atau cari bantuan medis darurat jika Anda mengalami pendarahan yang tidak berhenti.

 

Cara Penyimpanan

Botol eptifibatide harus disimpan dalam lemari es pada suhu 2-8°C (36-46°F). Botol dapat dipindahkan ke penyimpanan suhu kamar untuk jangka waktu tidak lebih dari 2 bulan. Setelah transfer, karton vial harus ditandai oleh apoteker yang mengeluarkan dengan tanggal "DISCARD BY" (2 bulan dari tanggal transfer atau tanggal kadaluarsa berlabel, mana yang lebih dulu).

Kontraindikasi

Anda tidak boleh menggunakan eptifibatide jika Anda alergi terhadapnya, atau jika Anda memiliki:

  • gagal ginjal dan Anda sedang menjalani dialisis atau cuci darah;

  • tekanan darah tinggi yang parah atau tidak terkontrol;

  • gangguan perdarahan atau pembekuan darah, seperti hemofilia atau trombositopenia;

  • jika Anda mengalami stroke atau jenis pendarahan apapun dalam 30 hari terakhir;

  • jika Anda pernah menjalani operasi, cedera, atau keadaan darurat medis apa pun dalam 6 minggu terakhir; atau

  • jika Anda telah atau akan segera menerima pengobatan dengan obat serupa seperti abciximab (ReoPro) atau tirofiban (Aggrastat).

 

Pengobatan dengan Integrilin dikontraindikasikan pada pasien dengan:

  • Riwayat diatesis perdarahan, atau bukti perdarahan abnormal aktif dalam 30 hari sebelumnya

  • Hipertensi berat (tekanan darah sistolik >200 mm Hg atau tekanan darah diastolik >110 mm Hg) tidak cukup terkontrol dengan terapi antihipertensi

  • Operasi besar dalam 6 minggu sebelumnya

  • Riwayat stroke dalam 30 hari atau riwayat stroke hemoragik

  • Pemberian inhibitor GP IIb/IIIa parenteral lain saat ini atau yang direncanakan

  • Ketergantungan pada dialisis ginjal

  • Hipersensitivitas terhadap Integrilin atau komponen produk apapun (reaksi hipersensitivitas yang terjadi termasuk anafilaksis dan urtikaria)



Efek Samping

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

 

Beri tahu pemberi layanan kesehatan Anda segera jika Anda memiliki:

  • perasaan pusing, seperti Anda akan pingsan;

  • setiap pendarahan yang tidak berhenti;

  • pendarahan di sekitar IV atau kateter Anda, atau di tempat mana pun di mana kulit Anda ditusuk dengan jarum;

  • urin merah atau merah muda; atau

  • tanda-tanda pendarahan perut - tinja berdarah atau lembek, batuk darah atau muntah yang terlihat seperti bubuk kopi.

 

Risiko perdarahan mungkin lebih tinggi pada orang dewasa yang lebih tua. Efek samping yang umum dirasakan oleh pasien adalah perdarahan atau perasaan pusing.

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  • Bansal AB, Sattar Y, Jamil RT. Eptifibatide. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2021 [cited 2021 Jun 30]. 
  • Integrilin (Eptifibatide): Uses, Dosage, Side Effects, Interactions, Warning [Internet]. RxList. [cited 2021 Jun 30]. 
  • Integrilin (Eptifibatide) Side effects, Images, Uses, Dosage, Overdose at RxList [Internet]. RxList. [cited 2021 Jun 30]. 
  • Integrilin (eptifibatide) dosing, indications, interactions, adverse effects, and more [Internet]. [cited 2021 Jun 30].
Bagikan artikel ini