Bantuan

Obat

Doxycycline

Ditinjau oleh • 28 Dec 2021

Bagikan

Doxycycline

Nama Dagang: Doxycycline, Dohixat, Doxicor

 

Doxycycline adalah  obat yang digunakan untuk mengobati beberapa jenis infeksi  bakteri pada hidung, paru-paru, kulit, lambung, dan saluran kemih. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi menular seksual seperti sifilis (penyakit raja singa) dan gonore (penyakit kencing nanah). Obat ini juga dapat digunakan dalam mengatasi malaria.

 

Golongan : Tetrasiklin

Kategori : Obat keras

Manfaat : Mengobati infeksi akibat bakteri

Bentuk : Tablet

Dikonsumsi oleh : Dewasa

 

Pengobatan infeksi bakteri dipengaruhi oleh beberapa pertimbangan. Tidak semua infeksi bakteri diobati dengan doxycycline. Pemilihan doxycycline akan disesuaikan oleh dokter.

 

Peringatan

Penggunaan doxycycline ini harus dipantau dengan baik apabila Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, penyakit hati, gangguan autoimun lupus, gangguan kelemahan otot (miastenia gravis). Beritahukan dokter Anda jika Anda memiliki kondisi atau riwayat kondisi tersebut sebelum memulai pengobatan doxycycline. 

 

Jika Anda menjalankan pengobatan doxycycline akibat infeksi menular seksual, Anda perlu mengikuti anjuran dokter untuk mencegah penyebaran penyakit ke pasangan Anda. Anda perlu menghindari kontak seksual hingga dokter menetapkan bahwa Anda sembuh dari penyakit menular seksual.

 

Jika Anda menjalankan pengobatan doxycycline untuk penyakit malaria, Anda juga perlu melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari gigitan nyamuk. Gunakan obat pengusir nyamuk. Gunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang. Selain itu, hindari bepergian di sore atau malam hari.

 

Penggunaan doxycycline juga perlu diperhatikan pada populasi khusus. Lansia, orang yang mengalami kelemahan umum, penderita malnutrisi, serta ibu hamil, dan ibu menyusui termasuk ke dalam populasi yang memerlukan perhatian tersebut. Doxycyclinetermasuk dalam obat dengan kategori kehamilan C menurut Food and Drug Administration Amerika Serikat. Artinya, penggunaan doxycycline pada ibu hamil dan ibu menyusui perlu mempertimbangkan aspek manfaat dan risiko  penggunaan obat ini.

 

Dosis dan Aturan Pakai

Dosis doxycycline setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi obat.

Anak

 

  • Anak dengan berat badan di bawah 45 kg diberikan dosis awal sebanyak 4,4 mg/KgBB yang terbagi ke dalam 2 dosis, dan dilanjutkan dengan dosis 2,2 mg/KgBB sekali setiap hari. Pada infeksi berat, dosis yang diberikan adalah 2,2 mg/Kg setiap 12 jam. Pada anak berat badan di atas 45 Kg, dosis disamakan dengan orang dewasa.

Dewasa

  • Sebagai obat injeksi intravena

Dosis awal adalah 200 mg pada hari pertama yang selanjutnya diikuti 100-200 mg setiap hari, bergantung kepada beratnya infeksi.

  • Sebagai obat tablet sifilis:

Dosis adalah300 mg setiap hari. Obat dikonsumsi selama minimal 10 hari

  • Sebagai obat tablet infeksi:

Dosis awal adalah 200 mg sebagai dosis tunggal atau dibagi dalam dua dosis (interval 12 jam) pada hari pertama. Setelah itu, obat dikonsumsisebanyak 100 mg sekali setiap hari. Pada infeksi berat, obat dapat diberikan 200 mg setiap hari

  • Sebagai obat tablet malaria resisten klorokuin (malaria yang tidak dapat diobati dengan klorokuin):

Dosis adalah200 mg setiap hari selama minimal 7 hari. Obat diberikan dengan kombinasi bersama kuinin.

 

Cara Menggunakan Obat

Doxycycline dapat tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, sirup, atau suspensi. Gunakan obat tablet ini dengan diminum sebelum atau sesudah sarapan. Minum obat dengan segelas air mineral dan usahakan tetap berbaring dalam minimal 30 menit. 

Jika menggunakan produk susu, sebaiknya obat digunakan 2 jam sebelum atau sesudah menggunakan produk susu karena susu dapat menurunkan efek doxycycline. Namun, jika terjadi nyeri perut, obat dapat diminum bersamaan dengan makanan atau susu.

Jika Anda menggunakan kapsul, telan kapsul secara utuh. Jangan membagi kapsul, jangan menggigit atau menghancurkan kapsul. 

Jika Anda menggunakan sirup atau suspensi, Anda perlu mengocok botol obat sebelum diminum agar obat tercampur dengan baik. Kemudian, ambil obat menggunakan sendok obat yang sudah ada takarannya untuk menyesuaikan jumlah obat yang diminum dengan dosis yang dianjurkan dokter.

Gunakan doxycycline secara teratur. Doxycycline merupakan obat antibiotik, sehingga perlu dihabiskan sesuai anjuran dokter agar bakteri dapat dihilangkan sepenuhnya.

Dosis doxycycline akan ditentukan oleh dokter. Dokter juga akan menganjurkan waktu terapi sesuai jenis dan beratnya infeksi. Gunakan dosis obat sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter atau sesuai dengan label obat. Jangan menggunakan obat lebih lama atau kurang dari yang dianjurkan dokter. Jangan hentikan pengobatan tiba-tiba tanpa anjuran dokter meskipun gejala sudah membaik

Cara Penyimpanan

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan,. Jauhkan obat dari cahaya langsung dan tempat yang lembab. Jangan simpan obat di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang obat..

Kontraindikasi

Doxycycline sebaiknya tidak digunakan pada waktu bersamaan dengan antasida (obat untuk penyakit asam lambung) yang mengandung aluminium, kalsium, atau magnesium. Obat lain yang mengandung zat besi, zinc, atau bismuth juga sebaiknya tidak digunakan bersamaan. Penggunaan bersamaan dengan obat-obat tersebut akan mengurangi efektivitas doxycycline. 

 

Beritahukan dokter jika Anda sedang menggunakan pil kontrasepsi karena doxycycline akan menurunkan efektivitas pil kontrasepsi. Anda dapat menanyakan dokter mengenaijenis kontrasepsi lain sebagai alternatif ketika sedang menjalankan pengobatan doxycycline.

 

Beritahukan kepada dokter jika Anda menggunakan antibiotik lain, menggunakan obat pengencer darah, menggunakan obat epilepsi, menggunakan obat karena transplantasi organ, dan menggunakan obat tuberkulosis. Selalu beritahukan dokter atau apoteker jika Anda menggunakan obat lain, termasuk obat herbal seperti suplemen yang Anda beli tanpa resep.

 

Efek Samping

Penggunaan doxycycline dapat menimbulkan efek samping pada saluran pencernaan sepertidiare, mual, muntah, nyeri perut, atau rasa tidak nyaman pada perut

Bila mengalami sesak napas, bengkak pada wajah, atau timbul ruam setelah mengonsumsi doxycycline, segera hentikan pengobatan dan hubungi dokter. Hal tersebut dapat menjadi tanda adanya alergi terhadap doxycycline.

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi

Doxycycline. MIMS Indonesia.

Bagikan artikel ini