Bantuan

Aluminium hidroksida

Ditinjau oleh • 24 Oct 2021

Bagikan

Aluminium hidroksida

Nama Dagang: Anflat, Ranacid Forte, Novamag, Ultilox, Samtacid, Acitral, Plantacid, Magten, Mylanta, Antasida Doen, Gastrucid, Hufamag, Triocid, Lambucid, Magtral, Anflat.

 

Aluminium hidroksida adalah garam anorganik yang digunakan sebagai antasida. Aluminium hidroksida bekerja dengan menetralkan asam klorida dalam sekresi lambung sehingga obat ini banyak digunakan untuk mengobati rasa mulas dan sakit perut akibat naiknya asam lambung atau gangguan asam pada sistem pencernaan. Aluminium hidroksida juga dapat digunakan untuk mengurangi kadar fosfat pada orang dengan kondisi ginjal tertentu.

 

Golongan : Antasida (menetralkan asam lambung)

Kategori : Obat bebas dan resep

Manfaat : Mengobati mulas dan sakit perut akibat asam lambung dan mengurangi kadar fosfat pada gangguan fungsi ginjal

Bentuk : Tablet 

Dikonsumsi oleh : Dewasa 

Peringatan

Sebelum menggunakan aluminium hidroksida, beritahukan dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadap aluminium hidroksida atau magnesium atau memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. 

Jika Anda memiliki salah satu dari masalah kesehatan berikut, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat ini: penggunaan alkohol yang sering, kehilangan air tubuh yang parah (dehidrasi/pembatasan asupan cairan), dan masalah ginjal (termasuk batu ginjal).

Obat ini mungkin mengandung aspartam. Jika Anda memiliki fenilketonuria (PKU) atau kondisi lain yang mengharuskan Anda membatasi asupan aspartam (atau fenilalanin), konsultasikan dengan dokter  tentang penggunaan obat ini dengan aman. 

Pada kehamilan, aluminium hidroksida termasuk dalam kategori C. Penelitian terkait aluminium hidroksida pada kehamilan hingga saat ini hanya ada studi pada hewan dan belum ada pada manusia. Dalam studi hewan tersebut dapat diketahui bahwa, pada taraf kadar tertentu, aluminium hidroksida memiliki efek samping terhadap janin. Kendati demikian, studi tersebut tidaklah memadai karena studi reproduksi hewan tidak selalu menggambarkan respon manusia. Oleh karena itu, penggunaan aluminium hidroksida pada ketika kehamilan hanya diperbolehkan jika benar-benar dibutuhkan. 

Sampai saat ini, belum diketahui apakah aluminium hidroksida terserap ke dalam Air Susu Ibu (ASI) atau tidak. Penggunaan aluminium hidroksida selama menyusui sebelumnya harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.    

Dosis dan Aturan Pakai

Dalam penggunaannya, setiap orang memiliki dosis dan durasi yang berbeda sesuai dengan kondisinya. Oleh karena itu, pastikan penggunaan aluminium hidroksida dilakukan setelah konsultasi dan sesuai dengan anjuran dokter.  

 

Dewasa

  • Antasida

Dosis hingga 1 g, diberikan setelah makan dan sebelum tidur.

  • Hiperfosfatemia pada gangguan ginjal kronik

Hingga 10 g setiap hari dalam dosis terbagi, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien.

Cara Menggunakan Obat

Minum obat ini melalui mulut, biasanya setelah makan dan sebelum tidur sesuai kebutuhan. Ikuti semua petunjuk pada kemasan produk atau gunakan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda. Jika Anda menggunakan tablet kunyah, kunyah dengan seksama sebelum menelan, lalu minum segelas penuh air putih.

Jika Anda menggunakan obat ini dalam bentuk cair, kocok botol dengan baik sebelum menuangkan setiap dosis. Mendinginkan suspensi dapat meningkatkan rasa obat. Bentuk cair bekerja paling baik jika diminum tanpa cairan lain. Anda dapat mencampur dosis Anda dengan sedikit air jika diperlukan.

Produk ini dapat bereaksi dengan obat lain (termasuk digoxin, besi, pazopanib, antibiotik tetrasiklin, antibiotik kuinolon seperti ciprofloxacin), mencegah aluminium hidroksida diserap sepenuhnya oleh tubuh Anda. Bicarakan dengan dokter tentang bagaimana menjadwalkan obat Anda untuk mencegah masalah ini.

Jika gangguan asam lambung Anda berlanjut atau memburuk setelah Anda menggunakan produk ini selama 1 minggu, segera hubungi dokter untuk mendapatkan bantuan medis. Jika Anda menggunakan obat ini secara teratur setiap hari selama lebih dari 2 minggu dan tidak terdapat perbaikan, Anda mungkin memiliki masalah medis yang memerlukan perawatan berbeda..

 

Cara Penyimpanan

Simpan obat dalam wadahnya, tertutup rapat, dan jauh dari jangkauan anak-anak untuk mencegah keracunan pada anak. Simpan pada suhu kamar yang jauh dari panas dan kelembaban. Obat-obat yang tidak dibutuhkan harus dibuang dengan cara khusus untuk memastikan bahwa hewan peliharaan, anak-anak, dan orang lain tidak mengonsumsinya. 

Kontraindikasi

Allopurinol tidak boleh digunakan pada pasien hipofosfatemia dan porfiria akut.

Efek Samping

Obat ini dapat menyebabkan mual, sembelit, diare, atau sakit kepala. Jika gejala ini menetap atau menjadi parah, beritahukan kepada dokter Anda.

Aluminium dalam produk ini dapat menyebabkan sembelit. Untuk meminimalkan sembelit, minum banyak cairan dan olahraga. Antasida yang mengandung aluminium mengikat fosfat, bahan kimia tubuh yang penting, di usus. Hal ini dapat menyebabkan kadar fosfat rendah, terutama jika Anda menggunakan obat ini dalam dosis besar dan dalam waktu yang lama. Beritahu dokter Anda segera jika Anda memiliki gejala rendah fosfat berikut: kehilangan nafsu makan, kelelahan yang tidak biasa, kelemahan otot.

Beritahu dokter Anda segera jika salah satu dari efek samping yang tidak biasa tetapi serius ini terjadi: pusing, pingsan. Cari pertolongan medis segera jika salah satu dari efek samping yang serius terjadi: tinja berwarna hitam/tinggal, pernapasan lambat/dangkal, detak jantung lambat/tidak teratur, perubahan mental/suasana hati (misalnya, kebingungan), tidur nyenyak , nyeri saat buang air kecil, nyeri perut/perut, dan muntah seperti ampas kopi.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera cari pertolongan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.

 

Tagging (Gejala Umum)

  • Mulas

  • Nyeri perut

  • Mual

  • Muntah

  • Sembelit

  • Diare

  • Gatal

  • Bengkak

  • Ruam

  • Kesulitan bernapas

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Referensi:

Aluminium Hydroxide. MIMS Indonesia. 

Aluminium Hydroxide. MedlinePlus. 

 

Aluminium Hydroxide. WebMD. 

Tag :
Bagikan artikel ini