Strategi Digital Health Transformation Kementerian Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 31 May 2024

Bagikan

Digital Health Transformation Kementerian Kesehatan

Pemanfaatan teknologi digital menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam berbagai sektor, termasuk industri kesehatan. Pemaksimalan pemanfaatan digital ini dibuktikan dengan adanya strategi digital health transformation Kementerian Kesehatan Indonesia. Berikut ini penjelasannya. Simak sampai akhir untuk tahu informasi lengkapnya.

Penjelasan Umum Mengenai Strategi Digital Health Transformation Kementerian Kesehatan

Strategi ini disusun oleh Kementerian Kesehatan Indonesia sebagai bentuk kelanjutan transformasi teknologi kesehatan yang telah dilakukan di beberapa tahun sebelumnya, yakni dari tahun 2021 sampai dengan tahun 2024. Untuk memaksimalkan program tersebut, program ini akan dilanjutkan guna mendukung teknologi di bidang kesehatan Indonesia.

Digital Health Transformation Strategy atau strategi digital health transformation ini tidak disusun tanpa tujuan. Tujuan program transformasi digital ini adalah memastikan program ataupun gerakan tersebut berkelanjutan dan terus mencapai tujuan akhirnya. Tujuan akhir yang dimaksud adalah peningkatan kesehatan di masyarakat.

Melalui strategi ini, masyarakat diharapkan mampu merasakan manfaatnya karena strategi ini mampu membawa udara baik bagi sektor kesehatan di Indonesia. Strategi ini diperlukan agar masyarakat mampu mendapatkan layanan kesehatan dengan baik tanpa harus merasakan kesulitan yang dirasa tidak perlu yang dapat menghambat pelayanan kesehatan.

DHTS 2025-2029 ini disebut penting untuk sektor pelayanan kesehatan karena kecanggihannya. Kecanggihan yang dimaksud di sini adalah DHTS 2025-2029 dinilai mampu untuk mengintegrasikan standar data, infrastruktur transformasi kesehatan digital, dan teknologi yang saat ini sedang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan.

 

Tantangan yang Dihadapi

Meskipun dalam perkembangannya, transformasi digital pada layanan kesehatan ini dapat disebut baik, tapi ada juga tantangan yang menghambat perkembangannya. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh Kemenkes adalah membangun kepercayaan masyarakat. Masyarakat perlu diyakinkan dengan lebih baik untuk memaksimalkan strategi ini.

Tantangan saat proses pengembangan strategi digital health transformation Kementerian Kesehatan ini tentu saja dihadapi dengan bijak oleh pihak yang berkaitan. Pihak Kementerian Kesehatan mampu menjamin keamanan data masyarakat dengan standar internasional ISO 21001 mengenai keamanan informasi dan ISO 27799 tentang informasi kesehatan.

Untuk memaksimalkan hal tersebut, Kementerian Kesehatan Indonesia bekerja sama dengan kementerian lain, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu, pihak Kementerian Kesehatan juga bekerja sama dengan pihak swasta lainnya dalam hal infrastruktur untuk mengatasi hambatan tersebut.

Kerja sama yang dilakukan oleh Kemenkes dengan pihak-pihak terkait dapat berupa banyak hal. Kerja sama tersebut dalam bentuk penyediaan sistem teknologi kesehatan, baik yang digunakan untuk fasilitas kesehatan maupun masyarakat secara langsung. Selain itu, ada juga bentuk kerja sama yang berupa pelatihan tenaga medis dan tenaga kesehatan.

Pihak Kemenkes sendiri senantiasa berharap kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang atau sektor kesehatan untuk dapat mendukung dan mendorong strategi tersebut. Hal ini dikarenakan strategi tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat dan memaksimalkan pelayanan yang ada di masyarakat.

DHTS 2025-209 ini juga tidak hanya menjadi milik Kementerian Kesehatan saja, tetapi juga menjadi pedoman bagi semua orang. Hal ini menunjukkan bahwa pihak Kementerian kesehatan terbuka untuk kolaborasi dengan berbagai pihak guna menyukseskan strategi digital untuk layanan kesehatan ini.

 

Untuk memaksimalkan program strategi digital health transformation Kementerian Kesehatan ini Anda juga dapat berkontribusi secara maksimal untuk lembaga Anda. Misalnya saja, menggunakan jasa AIDO sebagai solusi SIMRS dan RME (Rekam Medis Elektronik) yang kredibel dan unggulan untuk memaksimalkan pelayanan di lembaga Anda.

 

Bagikan artikel ini