Jika misi sebuah organisasi adalah memberikan perawatan pasien berkualitas tinggi, maka pertama-tama harus peduli pada stafnya. Pada titik inilah dapat dipahami pentingnya digitalisasi petugas medis. Sebagai sebuah upaya untuk menunjang kinerja tenaga medis, digitalisasi memegang peran penting untuk meningkatkan kepuasan pasien sekaligus pengalaman kerja tenaga medis.
Ya, digitalisasi petugas medis tidak hanya penting bagi konsumen rumah sakit. Pertama-tama, hal ini berperan dalam mendukung kinerja tenaga medis sehingga lebih efektif dan efisien. Sebab, saat ini berbagai aktivitas tindakan kepada pasien tidak dapat lepas dari teknologi digital. Bagaimana hal ini bisa menolong tenaga medis?
Bagi banyak sistem kesehatan, bukti dukungan dapat dilihat dalam pengurangan tingkat kelelahan klinis. Menurut satu penelitian, 1 dari 4 profesional medis mempertimbangkan meninggalkan bidang kesehatan untuk karir lain, dan hampir 9 dari 10 klinisi tersebut mengatakan kelelahan adalah penyebab utamanya.
Pada saat yang sama, mereka yang puas dengan profesi mereka terdorong untuk mencari peluang usaha baru. Di industri yang terus berkembang ini, banyak sistem kesehatan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan posisi medis.
Jumlah tenaga medis dan kebutuhan terhadap mereka faktanya tidaklah seimbang. Banyak tenaga medis menyadari bahwa mereka dapat mencari peluang yang lebih baik.
Lalu apa yang bisa dilakukan penyedia layanan? Dari situlah ide untuk meningkatkan pengalaman kerja bagi karyawan berkembang. Salah satunya adalah sejumlah rumah sakit menggunakan alat yang diaktifkan secara digital untuk menyederhanakan proses pelayanan dan pengelolaan data pasien.
Banner Health misalnya, salah satu sistem kesehatan nirlaba terbesar di Amerika, berbasis di Phoenix dan beroperasi di Arizona, California, Colorado, Nebraska, Nevada, dan Wyoming. Untuk meningkatkan pengalaman di tempat kerja bagi karyawan, perusahaan ini beralih ke ServiceNow.
Sebelum tahun 2018, menurut keterangan Direktur IT Banner Health, Joseph Heinzmann, mereka terbiasa melibatkan lembaran kerja manual dan banyak email bolak-balik untuk mengelola data pasien.
Dia dan timnya telah "sukses besar" dalam menerapkan ServiceNow di bidang IT untuk pemenuhan pelayanan pasien. Mereka pun menyadari bahwa mereka bisa menggunakannya untuk tujuan lain juga.
Semakin banyak platform digunakan, semakin baik untuk semua orang, sama-sama mendapatkan manfaat dari otomatisasi, serta menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menangani panggilan rutin dan permintaan. Baik tenaga medis dan karyawan lainnya sekarang memiliki lebih banyak kebebasan untuk membantu diri mereka sendiri pada waktu dan tempat yang nyaman bagi mereka.
Dengan demikian, digitalisasi petugas medis memiliki berbagai manfaat yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kesehatan. Pertama, ini memungkinkan pengelolaan informasi pasien yang lebih baik, seperti riwayat medis elektronik yang terpusat, memfasilitasi diagnosa yang lebih cepat dan akurat.
Kedua, digitalisasi memungkinkan komunikasi yang lebih lancar antara tim medis, mengurangi risiko kesalahan dan meningkatkan koordinasi perawatan. Selain itu, penggunaan teknologi memungkinkan akses lebih mudah ke sumber daya medis dan informasi terkini, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga medis.
Terakhir, digitalisasi petugas medis dapat mengurangi beban administratif dengan otomatisasi proses, memungkinkan fokus yang lebih besar pada perawatan pasien. Dengan semua ini, digitalisasi tenaga medis tidak hanya meningkatkan efisiensi sistem kesehatan, tetapi juga meningkatkan pengalaman pasien dan hasil klinis secara keseluruhan.
Penasaran untuk menikmati langsung manfaat digitalisasi petugas medis? Dapatkan penawaran istimewa bersama AIDO untuk mewujudkan infrastruktur digital medis terbaik di lingkungan Anda.
Anda mungkin juga tertarik