Bantuan

Penglihatan Ganda

Ditinjau oleh • 04 Jun 2021

Bagikan

Penglihatan Ganda

Penglihatan ganda atau diplopia adalah gangguan mata yang ditandai dengan penglihatan yang berbayang menjadi dua. Terdapat dua tipe penglihatan ganda, yaitu monokular dan binokular. Penglihatan ganda monokular terjadi pada salah satu mata yang mengalami kerusakan pada komponen optiknya sehingga jika mata yang tidak bermasalah ditutup, tetap akan terjadi penglihatan ganda.


Namun, pada penglihatan ganda binokular, sensasi penglihatan ganda dapat hilang apabila salah satu mata ditutup karena penyebabnya adalah posisi bola mata yang tidak seimbang. Penyebab penglihatan ganda beragam baik yang memengaruhi komponen optik mata atau posisi bola mata.


Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan yang menyeluruh karena penyebab penglihatan ganda bisa tidak hanya pada mata tetapi penyakit sistemik lain yang mempengaruhi mata. 


Gejala dan Tanda

Gejala utama yang dikeluhkan pasien adalah melihat benda yang berbayang. Jenis penglihatan ganda dapat dibedakan berdasarkan karakteristik bayangan, baik monokular maupun binokular. Penglihatan ganda monokular terjadi ketika terdapat suatu hal yang mengganggu penghantaran cahaya yang masuk ke dalam bola mata.


Jumlah bayangan yang terbentuk dapat lebih dari dua, tetapi salah satu bayangan akan memiliki kualitas gambar yang jelas karena berasal dari mata yang sehat. Penyebab penglihatan ganda monokular biasanya adalah kerusakan pada komponen optik mata, meliputi astigmatisme, katarak, permukaan kornea yang tidak rata, atau lensa yang terlepas dari tempatnya. 


Penglihatan ganda binokular terjadi karena terjadi perubahan posisi bola mata di dalam rongga mata. Jumlah bayangan yang terbentuk adalah dua dan kualitasnya adalah sama-sama kabur. Penyebab dari penglihatan ganda binokular biasanya adalah penyakit sistemik lainnya yang menunjukkan gejala penglihatan ganda, seperti strabismus atau mata juling, gangguan saraf kranial yang mengatur kerja otot bola mata, miastenia gravis, penyakit Graves, dan kerusakan otot bola mata.


Otot bola mata perlu bekerja dengan sempurna untuk mempertahankan posisi bola mata tetap seimbang di dalam rongga mata. Miastenia gravis adalah penyakit autoimun yang menganggu kerja saraf yang mengatur kerja otot. Sementara itu, penyakit Graves adalah penyakit metabolik yang menyebabkan pembesaran otot bola mata sehingga menganggu keseimbangan bola mata dan menimbulkan penglihatan ganda. 


Diagnosis


Diagnosis penglihatan ganda bertujuan untuk menentukan jenis dari penglihatan ganda. Dokter akan menanyakan keseluruhan riwayat penyakit pasien untuk mencari tahu kemungkinan adanya penyakit lain yang mendasari terjadinya penglihatan ganda. Dokter juga akan memeriksa fungsi otot bola mata dengan meminta pasien untuk melihat ke berbagai arah.


Dengan mengetahui otot bola mata mana yang terganggu, dokter dapat mengetahui saraf mana yang terganggu atau justru gangguan terjadi langsung pada otot bola mata. Kemudian, pemeriksaan lanjutan seperti CT scan atau MRI dapat melihat struktur bola mata secara langsung. Pemeriksaan penunjang lainnya dapat membantu menegakkan penyebab dari penglihatan ganda, seperti pemeriksaan kadar hormon tiroid atau angiografi CT jika dirasa diperlukan. 


Tata Laksana

Tata laksana penglihatan ganda adalah mengobati penyakit yang mendasarinya baik penglihatan ganda monokular maupun binokular. Sebagai contoh, pasien astigmatisme bisa ditata laksana dengan lensa silindris. Operasi lensa mata dapat memperbaiki lensa katarak dan lensa yang terlepas dari tempatnya.


Sementara itu, penglihatan ganda binokular memerlukan pengobatan langsung terhadap penyakit yang mendasari atau dengan menutup salah satu bola mata dengan kaca mata khusus. 



Referensi :


  • Brady CJ. Diplopia [Internet]. New Jersey: Merck Manual; 2019 Jul [cited on 2020 Nov 20]. Available from: https://www.merckmanuals.com/professional/eye-disorders/symptoms-of-ophthalmologic-disorders/diplopia 
  • Najem K, Margolin E. Diplopia [Internet]. Treasure Island: StatPearls Publishing; 2020 Jan [cited on 2020 Nov 20]. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK441905/ 
  • Double vision (diplopia) [Internet]. Harvard Health Publishing; 2019 Jul [cited on 2020 Nov 20]. Available from: https://www.health.harvard.edu/a_to_z/double-vision-diplopia-a-to-z 


Bagikan artikel ini