Pasca Stroke

STROKE

Terapi pasca stroke merupakan suatu fase yang penting dan harus didapatkan oleh pasien stroke. Tujuan dari terapi ini adalah membantu pasien mendapatkan aktivitas dan fungsi – fungsi organ tubuh semaksimal mungkin, meningkatkan kualitas hidup mereka, serta mencegah terjadinya stroke berulang. Biarpun rehabilitasi ini tidak menyembuhkan efek yang terjadi akibat stroke, namun rehabilitasi dapat membantu pasien mencapai kehidupan jangka panjang yang baik.

Apa itu rehabilitasi post-stroke?

Rehabilitasi ini untuk membantu pasien mempelajari kembali kemampuan-kemampuan yang telah hilang akibat dari stroke. Sebagai contohnya kemampuan untuk koordinasi gerakan. Langkah pertama melibatkan pergerakan secara mandiri karena biasanya pasien mengalami kelumpuhan atau mengalami kelemahan pada otot. Pasien juga diajarkan untuk mengganti posisi tidurnya lebih sering dan juga latihan untuk menguatkan anggota gerak yang terdampak stroke.

Kapan dimulai rehabilitasi post-stroke?

Rehabilitasi terapi ini dapat dimulai pada saat kondisi pasien secara keseluruhan sudah stabil. Biasanya dalam 24-48 jam setelah terkena stroke. Untuk beberapa penyintas stroke, rehabilitasi merupakan suatu proses berkesinambungan untuk menjaga dan mengasah kemampuannya dan dapat berlangsung selama berbulan-bulan sampai bertahun-tahun setelah terkena stroke.

Apa saja akibat dari stroke?

1.     Kelumpuhan atau kesulitan menggerakan anggota tubuh

2.     Gangguan perasa termasuk rasa nyeri

3.     Gangguan menggunakan atau mengerti kata-kata

4.     Gangguan berpikir dan daya ingat

5.     Gangguan emosional

Dapatkan Layanan Kesehatan Profesional Datang Ke Rumah

Download The App

Unduh Sekarang