Bantuan
Free Tele x

Insulin Detemir

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Apr 2022

Bagikan

Insulin Detemir

Nama Dagang: Levemir

 

Insulin detemir digunakan untuk mengontrol kadar gula dalam darah pada penderita diabetes melitus. Pada pasien dengan diabetes tipe 1, insulin detemir dapat digunakan dengan jenis insulin lain (insulin kerja pendek). Pada pasien dengan diabetes tipe 2, detemir insulin juga dapat digunakan dengan insulin jenis lain atau dengan obat oral untuk diabetes. Insulin detemir adalah insulin buatan yang mirip insulin manusia yang bekerja lama. Insulin detemir bekerja dengan mengganti insulin yang biasanya diproduksi oleh tubuh dan membantu memindahkan gula dari darah ke dalam jaringan tubuh lain yang akan digunakan sebagai energi. 

 

Golongan : Antidiabetes

Kategori : Obat resep

Manfaat :Mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh

Bentuk : Injeksi

Dikonsumsi oleh : Anak hingga Dewasa 

Peringatan

Sebelum menggunakan insulin detemir, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadapnya atau insulin lainnya atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama dari: masalah kelenjar adrenal, penyakit ginjal, penyakit hati, dan masalah tiroid.

Jangan gunakan obat ini ketika Anda memiliki gula darah rendah (hipoglikemia). Anda mungkin mengalami penglihatan kabur, pusing, atau mengantuk karena gula darah yang sangat rendah atau tinggi. Pastikan Anda dalam kondisi aman ketika menggunakan obat. 

Batasi alkohol saat minum obat ini karena dapat meningkatkan risiko terkena gula darah rendah. Mungkin lebih sulit untuk mengontrol gula darah Anda ketika tubuh Anda stres (seperti karena demam, infeksi, cedera, atau operasi). Konsultasikan dengan dokter Anda karena ini mungkin memerlukan perubahan dalam rencana perawatan, obat-obatan, atau tes gula darah Anda.

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal). Periksa gula darah Anda sebelum dan sesudah berolahraga. Anda mungkin perlu memakan cemilan terlebih dulu sebelumnya.

Jika bepergian melintasi zona waktu, tanyakan kepada dokter Anda tentang cara menyesuaikan jadwal insulin Anda. Bawalah insulin ekstra dan persediaan dengan Anda. Anak-anak dan lanjut usia mungkin lebih sensitif terhadap efek samping obat ini, terutama gula darah rendah.

Pada kehamilan, insulin detemir termasuk dalam kategori B. Pada studi hewan, insulin detemir diketahui tidak memiliki risiko terhadap janin. Namun, sampai saat ini, belum terdapat studi terkontrol pada wanita hamil. Oleh karena itu, selama kehamilan, obat ini hanya digunakan jika benar-benar dibutuhkan. Insulin detemir dapat terserap ke dalam Air Susu Ibu (ASI), Namun, tidak ada risiko efek samping pada bayi.  Konsultasikanlah dengan dokter sebelum Anda menggunakan insulin detemir ketika menyusui. 

Dosis dan Aturan Pakai

Insulin detemir banyak digunakan dalam penanganan diabetes melitus. Dalam penggunaannya, setiap orang memiliki dosis dan durasi yang berbeda sesuai dengan kondisi. Oleh karena itu, pastikan penggunaan insulin detemir dilakukan setelah konsultasi dan sesuai dengan anjuran dokter. 

 

Dosis bersifat individual berdasarkan rute pemberian, diet pasien, aktivitas fisik atau penyakit penyerta. 

  • Pasien dengan DM tipe 2 yang tidak terkontrol dengan baik pada obat antidiabetik oral: Dosis awal 0,1-0,2 unit/kg diberikan sekali sehari di malam hari atau 10 unit diberikan sekali atau dua kali sehari, dengan dosis selanjutnya disesuaikan berdasarkan pada kontrol glikemik. 

  • Pasien yang hanya menggunakan insulin basal: insulin detemir dapat diganti berdasarkan unit per unit untuk insulin basal yang saat ini digunakan, sesuaikan dosis untuk mencapai target glikemik. Injeksi dapat diberikan sekali sehari saat makan malam atau sebelum tidur atau dua kali sehari di pagi hari dan dosis kedua diberikan setelah makan malam, sebelum tidur, atau 12 jam setelah dosis pagi.

Cara Menggunakan Obat

Sebelum menggunakan, periksa produk ini secara visual untuk partikel atau perubahan warna. Jika salah satunya ada, jangan gunakan insulin. Insulin detemir harus jernih dan tidak berwarna.

Sebelum menyuntikkan setiap dosis, bersihkan lokasi suntikan dengan alkohol. Ubah lokasi setiap kali Anda menyuntik untuk mengurangi risiko masalah atau kerusakan di bawah kulit (misalnya, lubang/benjolan atau kulit menebal). Insulin detemir dapat disuntikkan di daerah perut, paha, atau bagian belakang lengan atas. Jangan menyuntikkan insulin ke pembuluh darah atau otot karena gula darah yang sangat rendah (hipoglikemia) dapat terjadi. Jangan menggosok area setelah injeksi. Jangan menyuntikkan ke kulit yang merah, bengkak, gatal, atau rusak. Jangan menyuntikkan insulin dingin karena ini bisa menyakitkan. 

Suntikkan obat ini di bawah kulit seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sekali atau dua kali sehari. Detemir insulin biasanya disuntikkan dengan makan malam atau sebelum tidur. Jika Anda menggunakannya dua kali sehari, suntikkan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya dosis pertama Anda di pagi hari dan dosis kedua Anda dengan makan malam, sebelum tidur, atau 12 jam setelah dosis pagi.

Produk ini tidak boleh dicampur dengan insulin lainnya. Jangan gunakan insulin detemir dalam pompa infus. Jangan mengganti merek atau jenis insulin tanpa petunjuk cara melakukannya dari dokter. Jangan berbagi perangkat pena Anda dengan orang lain, meskipun jarumnya diganti. Anda mungkin memberi orang lain infeksi serius, atau mendapatkan infeksi serius dari mereka.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respons terhadap pengobatan. Ukur setiap dosis dengan sangat hati-hati karena bahkan perubahan kecil dalam jumlah insulin dapat memiliki efek besar pada gula darah Anda. Periksa gula darah Anda secara teratur seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Pantau hasil Anda dan bagikan dengan dokter Anda. Ini sangat penting untuk menentukan dosis insulin yang tepat.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari. Beri tahu dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik atau memburuk (gula darah Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah). 

Cara Penyimpanan

Simpan botol insulin detemir dan pulpen yang belum dibuka dalam karton aslinya di lemari es. Jangan membeku. Jangan gunakan detemir insulin jika sudah dibekukan. Detemir insulin yang belum dibuka dapat disimpan dalam lemari pendingin sampai tanggal yang tertera pada label perusahaan.

Jika lemari es tidak tersedia, simpan vial atau pena pada suhu kamar dan jauhkan dari panas dan cahaya langsung. Botol dan pena yang tidak didinginkan dapat digunakan dalam waktu 42 hari. Botol terbuka dapat disimpan selama 42 hari pada suhu kamar atau di lemari es. Pena terbuka dapat disimpan pada suhu kamar hingga 42 hari. Jangan mendinginkan mereka. Buang semua detemir insulin yang telah terkena panas atau dingin yang ekstrim.

Obat-obatan yang tidak diperlukan harus dibuang dengan cara khusus untuk memastikan bahwa hewan peliharaan, anak-anak, dan orang lain tidak dapat mengkonsumsinya.

 

Kontraindikasi

Insulin detemir tidak boleh digunakan pada pasien dengan hipersensitivitas (alergi) terhadap insulin detemir dan episode hipoglikemik. 

Efek Samping

Reaksi di tempat suntikan dapat berupa nyeri, kemerahan, atau iritasi. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, beri tahu dokter atau apoteker Anda segera.

Beri tahu dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, termasuk: tanda-tanda kadar kalium rendah dalam darah (seperti kram otot, kelemahan, detak jantung tidak teratur).

Obat ini dapat menyebabkan gula darah rendah (hipoglikemia). Ini dapat terjadi jika Anda tidak mengonsumsi cukup kalori dari makanan atau jika Anda melakukan olahraga berat yang tidak biasa atau jika Anda mengonsumsi terlalu banyak insulin. Gejala gula darah rendah termasuk tiba-tiba berkeringat, gemetar, detak jantung cepat, lapar, penglihatan kabur, pusing, atau tangan/kaki kesemutan. Ini adalah kebiasaan yang baik untuk membawa tablet glukosa atau gel untuk mengobati gula darah rendah. Jika Anda tidak memiliki bentuk glukosa yang dapat diandalkan ini, cepat tingkatkan gula darah Anda dengan mengonsumsi sumber gula cepat seperti gula meja, madu, atau permen, atau minum jus buah atau soda non-diet.

 Beritahu dokter Anda segera tentang reaksi dan penggunaan produk ini. Untuk membantu mencegah gula darah rendah, makanlah dengan jadwal yang teratur, dan jangan melewatkan waktu makan. Periksa dengan dokter atau apoteker Anda untuk mengetahui apa yang harus Anda lakukan jika Anda melewatkan makan.

Gejala gula darah tinggi (hiperglikemia) termasuk haus, buang air kecil meningkat, kebingungan, kantuk, kemerahan, napas cepat, dan bau napas buah. Jika gejala ini terjadi, beri tahu dokter Anda segera. Dosis Anda mungkin perlu ditingkatkan.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas. 

 

Tagging (Gejala Umum)

  • Bengkak

  • Gatal

  • Ruam 

  • Alergi

  • Sesak napas

  • Lelah

  • Penglihatan kabur

  • Kesemutan 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Tag :
Referensi
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami