Bantuan
Free Tele x

Obat

Indacaterol

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 03 Jun 2021

Bagikan

Indacaterol

Nama Dagang: Onbrez Breezhaler

Inhalasi indacaterol digunakan untuk mengontrol gejala penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), termasuk bronkitis kronis dan emfisema.

Inhalasi Indacaterol juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan.


Golongan : Bronkodilator

Kategori : Obat Resep

Manfaat : Meredakan Gejala PPOK

Bentuk : Inhaler (Serbuk Hirup)

Dikonsumsi oleh : Dewasa


Inhalasi Indacaterol hanya untuk digunakan pada orang dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan tidak boleh digunakan untuk mengobati asma.

Inhalasi Indacaterol bukanlah obat penyelamat. Ini tidak akan bekerja cukup cepat untuk mengobati serangan bronkospasme.

Cari pertolongan medis jika masalah pernapasan Anda cepat memburuk, atau jika menurut Anda obat-obatan Anda tidak bekerja dengan baik.

Sebelum minum obat ini

Anda tidak boleh menggunakan indacaterol jika Anda alergi. Indacaterol hanya untuk digunakan pada orang dengan COPD dan tidak boleh digunakan untuk mengobati asma.


Beritahu dokter Anda jika Anda pernah memiliki:

  • penyakit jantung, tekanan darah tinggi

  • diabetes;

  • kejang;

  • gangguan tiroid atau

  • intoleransi galaktosa, atau masalah parah dengan laktosa (gula susu).

  • Katakan kepada dokter Anda jika Anda sedang hamil atau menyusui.

  • Indacaterol tidak diizinkan untuk digunakan oleh siapa pun yang berusia di bawah 18 tahun.

Bagaimana cara menggunakan indacaterol?

Ikuti semua petunjuk pada label resep Anda dan baca semua panduan pengobatan atau lembar instruksi. Gunakan obat persis seperti yang diarahkan. Menggunakan terlalu banyak indacaterol dapat menyebabkan efek samping yang mengancam jiwa.


Indacaterol bukanlah obat penyelamat untuk serangan bronkospasme. Gunakan hanya obat inhalasi yang bekerja cepat untuk serangan. Cari pertolongan medis jika masalah pernapasan Anda cepat memburuk, atau jika menurut Anda obat-obatan Anda tidak bekerja dengan baik.


Baca dan ikuti dengan cermat setiap Petunjuk Penggunaan yang disertakan dengan obat Anda. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda jika Anda tidak memahami petunjuk ini.

  • Jangan minum kapsul indacaterol melalui mulut. Ini hanya untuk digunakan di perangkat Neohaler.
  • Arcapta Neohaler adalah bedak yang dilengkapi dengan alat inhaler khusus dan kemasan blister yang berisi kapsul obat. Anda akan memasukkan satu kapsul ke perangkat inhaler setiap kali Anda menggunakan obat. Menekan tombol di samping perangkat Neohaler akan menembus kapsul dan mengeluarkan obat ke ruang inhaler.
  • Anda mungkin mengalami batuk ringan selama sekitar 15 detik setelah menggunakan inhaler.
  • Simpan pada suhu kamar jauh dari kelembaban, panas, dan cahaya. Simpan setiap kapsul dalam kemasan blister sampai Anda siap untuk memuat perangkat inhaler Anda.
  • Jangan mencoba untuk mencuci atau membongkar perangkat Neohaler. Anda dapat menggunakan tisu untuk menyeka corong setelah digunakan. Buang perangkat saat kapsul Anda habis. Selalu gunakan alat penghirup yang disertakan dengan setiap resep baru.
  • Anda sebaiknya tidak berhenti menggunakan indacaterol secara tiba-tiba. Berhenti tiba-tiba dapat memperburuk kondisi Anda.

Apa yang terjadi jika saya melewatkan satu dosis?

Gunakan dosis yang terlewat segera setelah Anda ingat. Lewati dosis yang terlewat jika sudah hampir waktunya untuk dosis berikutnya yang dijadwalkan. Jangan gunakan obat tambahan untuk mengganti dosis yang terlewat.

Jangan gunakan obat ini lebih dari 1 kali dalam periode 24 jam.

Apa yang terjadi jika saya overdosis?

Gejala overdosis mungkin termasuk kram otot, tremor, nyeri dada, detak jantung cepat, denyut nadi lemah, pingsan, atau pernapasan lambat (pernapasan mungkin berhenti).

Apa yang harus saya hindari saat menggunakan indacaterol?

Jangan gunakan bronkodilator hirup kedua yang mengandung indacaterol atau obat serupa (seperti arformoterol, formoterol, olodaterol, salmeterol, atau vilanterol).

Efek samping Indacaterol

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi: gatal-gatal; sulit bernapas; pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan Anda.


Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki:

  •     tremor, gugup, nyeri dada, detak jantung cepat atau berdebar;

  • mengi, tersedak, atau masalah pernapasan lainnya setelah menggunakan indacaterol;

  •     memperburuk masalah pernapasan;

  • gula darah tinggi - haus meningkat, buang air kecil meningkat, mulut kering, bau napas buah; atau

  • kadar kalium rendah - kram kaki, sembelit, detak jantung tidak teratur, dada berdebar, mati rasa atau kesemutan, kelemahan otot atau perasaan lemas.


Efek samping yang umum mungkin termasuk

  •     pilek;

  •     batuk, sakit tenggorokan

  •     mual; atau

  •     sakit kepala.

Informasi dosis Indacaterol

Dosis Dewasa Biasa untuk Penyakit Paru Obstruktif Kronik - Pemeliharaan:

  • 1 inhalasi (75 mcg) secara oral sekali sehari


Komentar:

-Obat ini tidak boleh digunakan lebih dari satu kali setiap 24 jam.


Penggunaan: Perawatan pemeliharaan jangka panjang untuk obstruksi aliran udara pada pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), termasuk bronkitis kronis dan / atau emfisema

Obat lain apa yang akan mempengaruhi indacaterol?

Jika Anda juga menggunakan bronkodilator kerja pendek, jangan gunakan setiap hari saat Anda menggunakan indacaterol. Gunakan bronkodilator kerja pendek hanya untuk serangan bronkospasme mendadak.


Obat lain dapat mempengaruhi indacaterol, termasuk obat resep dan obat bebas, vitamin, dan produk herbal. Beri tahu dokter Anda tentang semua obat Anda saat ini dan obat apa pun yang Anda mulai atau berhenti gunakan.


Baca Juga: Mengenal Latihan Pernapasan untuk Penyandang Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)


Referensi:

  1. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/indacaterol?mtype=generic

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami