Bantuan
Free Tele x

Hypromellose

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Apr 2022

Bagikan

Hypromellose

Nama Dagang: Artelac®; Brolene Cool®; Hydromoor®; Hypromol®; Isopto Plain®; Lumecare®; Mandanol®; Ocuresh®; Ocu-Lube®; PF Drops®; SoftDrops®; Teardew®; Tear-Lac®; Tears Naturale®; Xailin Hydrate®

 

Tetes mata hypromellose juga dikenal sebagai 'air mata buatan'. Mereka digunakan untuk meredakan kekeringan dan nyeri mata, terutama jika kekeringan disebabkan oleh berkurangnya air mata. Mereka melembabkan, menenangkan dan melumasi permukaan mata Anda, membuatnya terasa lebih nyaman.

 

Tetes tersedia dengan resep dokter, atau Anda dapat membelinya tanpa resep di apotek.

 

Golongan : Pelumas mata

Kategori : Obat bebas terbatas

Manfaat : Mengurangi iritasi mata

Bentuk : Tetes Mata

Dikonsumsi oleh : Dewasa dan anak-anak

 

Peringatan

Sebelum menggunakan produk ini, informasikan dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadapnya; atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

 

Jika Anda memiliki masalah kesehatan, konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda sebelum menggunakan produk ini.

 

Produk ini (terutama salep) untuk sementara dapat menyebabkan penglihatan kabur setelah ditempatkan di mata. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan aktivitas apapun yang memerlukan penglihatan yang jelas sampai Anda yakin dapat melakukan aktivitas tersebut dengan aman.

 

Dosis dan Aturan Pakai

Untuk mata kering, dosis yang digunakan: 

Dewasa: Solusi 0,3-1%: bubuhkan 1-2 tetes di mata yang bermasalah.

Anak-anak: Belum ada ketentuan dosis, sesuaikan dengan resep dokter.

 

Ikuti semua petunjuk pada paket produk. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda. Jangan gunakan larutan yang telah berubah warna atau keruh. Merek tertentu (mengandung gliserin dengan polisorbat) mungkin memiliki penampilan seperti susu. Ini tidak masalah selama larutan tidak berubah warna. Beberapa tetes mata perlu dikocok sebelum digunakan. Periksa label untuk melihat apakah Anda harus mengocok produk sebelum digunakan.

 

Biasanya, tetes dapat digunakan sesering yang diperlukan. Salep biasanya digunakan 1 sampai 2 kali sehari sesuai kebutuhan. Jika menggunakan salep sekali sehari, mungkin lebih baik menggunakannya pada waktu tidur.

 

Cara Menggunakan Obat

Untuk mengoleskan salep mata/tetes/gel: Cuci tangan terlebih dahulu. Untuk menghindari kontaminasi, berhati-hatilah untuk tidak menyentuh penetes atau bagian atas tabung salep atau membiarkannya menyentuh mata Anda. Selalu ganti tutup dengan erat setelah setiap kali digunakan. Miringkan kepala ke belakang, lihat ke atas, dan tarik ke bawah kelopak mata untuk membuat kantong. Untuk tetes/gel, letakkan penetes langsung di atas mata dan peras 1 atau 2 tetes sesuai kebutuhan. Lihat ke bawah dan tutup mata Anda dengan lembut selama 1 atau 2 menit. Letakkan satu jari di sudut mata dekat hidung dan berikan tekanan lembut. Ini akan mencegah obat mengalir dari mata. Untuk salep, pegang tabung langsung di atas mata dan dengan lembut peras strip kecil (seperempat inci atau kira-kira 6 milimeter) salep ke dalam kantong. Lepaskan kelopak mata, tutup mata, dan perlahan putar mata Anda ke segala arah untuk menyebarkan obat. Bersihkan salep ekstra dari sekitar mata dengan tisu bersih.

 

Jika Anda juga menggunakan obat mata jenis lain (tetes atau salep), tunggu setidaknya 5 menit sebelum mengoleskan obat lain. Gunakan obat tetes mata sebelum salep mata agar obat tetes mata dapat masuk ke dalam mata.

 

Jika Anda memakai lensa kontak, lepaskan sebelum menggunakan sebagian besar jenis pelumas mata. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda kapan Anda dapat mengganti lensa kontak Anda. Ada beberapa jenis pelumas mata (beberapa mengandung polisorbat) yang dapat digunakan saat memakai lensa kontak. Periksa paket untuk melihat apakah Anda dapat memakai lensa kontak saat menggunakan produk Anda.

 

Beri tahu dokter Anda jika kondisi Anda berlanjut atau memburuk setelah 3 hari.

 

Cara Penyimpanan

Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan dan pandangan anak-anak. Simpan di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari panas dan cahaya langsung.

 

Obat tetes mata hanya disimpan selama empat minggu setelah wadah dibuka, jadi jangan gunakan obat tetes jika botol telah dibuka lebih lama dari ini. Ini membantu mengurangi risiko infeksi mata. Unit dosis tunggal harus digunakan segera setelah dibuka. Jangan menyimpan unit yang dibuka untuk digunakan nanti. Hal ini karena unit tidak mengandung pengawet apapun.



Kontraindikasi

Beri tahu dokter Anda jika Anda pernah mengalami reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat lain. Juga informasikan ahli kesehatan Anda jika Anda memiliki jenis alergi lain, seperti makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk bebas, baca label atau bahan kemasan dengan cermat.

 

Jangan gunakan obat ini apabila anda memiliki alergi terhadap obat tetes mata.

Efek Samping

Penglihatan mungkin kabur untuk sementara saat produk ini pertama kali digunakan. Juga, rasa terbakar/menyengat/iritasi ringan dapat terjadi sementara. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, informasikan dokter atau apoteker Anda segera.

 

Jika dokter Anda telah mengarahkan Anda untuk menggunakan obat ini, ingatlah bahwa ia telah menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

 

Informasikan dokter Anda segera jika salah satu dari efek samping yang tidak biasa tetapi serius ini terjadi: sakit mata, perubahan penglihatan, mata merah/iritasi yang berkelanjutan.

 

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera cari pertolongan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, dan kesulitan bernapas.

 

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi

1. air mata buatan (hypromellose): Kegunaan, Efek Samping, Interaksi, Gambar, Peringatan & Dosis - WebMD [Internet]. [dikutip 13 Juli 2021]. Tersedia dari: https://www.webmd.com/drugs/2/drug-32846/artificial-tears-hypromellose/details

2. Tetes Mata Hypromellose BP - Ringkasan Karakteristik Produk (SmPC) - (emc) [Internet]. [dikutip 13 Juli 2021]. Tersedia dari: https://www.medicines.org.uk/emc/product/457/smpc#gref

3. Tetes mata hypromellose. Pengobatan untuk mata kering, efek samping. [Internet]. [dikutip 13 Juli 2021]. Tersedia dari: https://patient.info/medicine/hypromellose-eye-drops-artelac-brolene-cool-hydromoor-hypromol-isopto-plain-lumecare-mandanol-ocuresh-ocu-lube-pf-drops-softdrops-teardew -tear-lac-tears-naturale-xailin-hidrat

4. Efek Samping Hypromellose (Rute Mata) - Mayo Clinic [Internet]. [dikutip 13 Juli 2021]. Tersedia dari: https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/hypromellose-ophthalmic-route/side-effects/drg-20064245?p=1

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami