Bantuan

Hydroquinone

Ditinjau oleh • 25 Apr 2022

Bagikan

Hydroquinone

Nama Dagang: Bioquin, Mediquin, Vitaquin, Skinox

 

Hidrokuinon adalah obat yang digunakan untuk mencerahkan bagian kulit yang gelap diakibatkan penuaan. Obat ini juga dapat digunakan untuk mencerahkan bagian kulit yang menjadi lebih gelap akibat kehamilan dan penggunaan pil kontrasepsi.  

 

Golongan : Agen depigmentasi

Kategori : Obat keras

Manfaat : Membuat kondisi depigmentasi atau kehilangan warna pada kulit

Bentuk : Salep, krim, lotion, solusio

Dikonsumsi oleh : Dewasa

Hidrokuinon akan membuat produksi warna kulit menurun sehingga kehitaman yang terjadi akan berkurang.

 

Peringatan

Obat ini tidak boleh digunakan pada kulit yang mengalami iritasi atau kulit yang terluka karena akan semakin merusak kulit. Obat ini juga tidak boleh dipakai untuk daerah mata dan mulut. Obat ini juga tidak boleh diberikan pada kulit yang baru dilakukan pencukuran. Obat ini juga tidak dapat digunakan sebagai obat untuk merontokkan rambut pada tubuh. 

 

Penggunaan hidrokuinon juga perlu diperhatikan pada populasi khusus. Hidrokuinon termasuk dalam kategori kehamilan C menurut Food and Drug Administration Amerika Serikat sehingga penggunaannya pada populasi ibu hamil dan menyusui perlu diperhatikan dengan menimbang risiko dan manfaat penggunaan obat ini.

 

Pada anak-anak penggunaan obat ini belum diketahui apakah aman atau tidak sehingga konsultasikan kepada dokter. Obat ini mengandung komponen yang sering menyebabkan reaksi alergi pada tubuh, gunakan secara hati-hati.

Dosis dan Aturan Pakai

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat.

Dewasa

  • Sebagai obat untuk kulit yang menghitam

Pasien diberikan salep 2% hingga 4%. Obat diberikan dengan dioleskan secara tipis pada area yang mengalami gangguan dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Pemakaian dihentikan jika tidak ada perbaikan kondisi kulit setelah pemakaian 2 bulan.

Cara Menggunakan Obat

Gunakan obat ini sesuai dengan instruksi dari dokter atau instruksi pada label. Jangan menaikan atau menurunkan dosis tanpa instruksi dokter.

Obat ini tersedia dalam berbagai bentuk seperti krim, gel, lotion, atau solutio untuk pemakaian luar. Jika anda menggunakan krim, gel, atau lotion, cuci tangan sebelum menggunakan obat ini. Kulit yang akan diberikan obat dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu. Oleskan tipis hidrokuinon pada bagian kulit yang bermasalah. Kemudian dibiarkan dan jangan ditutup dengan apapun kecuali atas instruksi dokter. Setelah itu cuci tangan kembali.

Jika anda menggunakan solusio topikal, sebelum menggunakan obat cuci tangan terlebih dahulu. Setelah itu, kulit yang akan diberikan obat dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu. Gunakan kapas untuk memberikan sejumlah kecil hidrokuinon pada kulit yang bermasalah. Kemudian dibiarkan dan jangan ditutup dengan apapun kecuali atas instruksi dokter. Setelah itu cuci tangan kembali.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaik. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan obat pada waktu yang sama setiap harinya. Pada saat pemakaian hindari paparan sinar matahari.

Katakan pada dokter Anda jika kondisi tidak membaik atau malah memburuk.

Cara Penyimpanan

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembab. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Kontraindikasi

Hidrokuinon tidak dapat digunakan apabila anda pernah mengalami reaksi alergi setelah penggunaan hidrokuinon sebelumnya. Obat ini juga tidak dapat digunakan pada kasus terbakar akibat sinar matahari.

 

Efek Samping

Penggunaan hidrokuinon dapat menimbulkan efek samping berupa reaksi iritasi lokal berupa kemerahan dan rasa tersengat pada lokasi pemakaian yang bersifat sementara. Kulit juga dapat terasa kering

 

Beberapa efek samping dapat menjadi penanda keadaan bahaya dan harus segera diberitahukan kepada dokter. Berikut efek samping yang menandakan bahaya:

  • Ruam merah dengan sesak napas dan bengkak pada wajah

 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Tag :
Referensi

  1. Hydroquinone. MIMS Indonesia. Available from: https://www.mims.com/indonesia/drug/info/hydroquinone?mtype=generic

  2. Hydroquinone [Internet]. Rxlist.com. [cited 1 July 2021]. Available from: https://www.rxlist.com/consumer_hydroquinone_melquin_3/drugs-condition.htm

Bagikan artikel ini