Bantuan

Hyaluronidase

Ditinjau oleh • 25 Apr 2022

Bagikan

Hyaluronidase

Nama Dagang: Hyaluronidase, Amphadase, Hylenex, Vitrase, Wydase, Hydase

 

Hyaluronidase adalah suatu zat berbentuk cairan yang dapat disuntikkan ke dalam tubuh untuk mengatasi dehidrasi atau kondisi ketika tubuh kekurangan cairan. Selain itu, hyaluronidase dapat digunakan untuk membantu tubuh Anda menyerap obat lain yang diberikan melalui suntikan. 

 

Golongan : Produk terapi lainnya

Kategori : Obat resep

Manfaat : Membantu penyerapan obat suntik lainnya

Bentuk : solusio suntik

Dikonsumsi oleh : Dewasa

Hyaluronidase merupakan suatu senyawa yang mengurangi kekentalan zat sehingga tubuh lebih mudah dimasuki oleh obat. Hyaluronidase juga digunakan untuk pemeriksaan foto radiologi untuk membantu memasukkan zat pewarna ke dalam tubuh. Hyaluronidase dapat digunakan untuk kebutuhan lain sesuai dengan instruksi dokter.

Peringatan

Penggunaan obat ini harus dipantau dengan baik apabila Anda memiliki riwayat gangguan fungsi ginjal. Informasikan dokter apabila Anda mengalami gangguan fungsi ginjal karena obat ini dapat membahayakan diri Anda. 

 

Obat ini juga sebaiknya tidak digunakan pada bayi atau lansia karena populasi tersebut  lebih rentan terhadap efek samping obat. Selain itu, obat ini sebaiknya tidak digunakan jika Anda sedang mengalami penyakit infeksi.

 

Penggunaan hyaluronidase perlu diperhatikan pada populasi khusus seperti wanita hamil atau menyusui. Hyaluronidase termasuk kedalam obat kategori kehamilan C menurut  Food and Drug Administration Amerika Serikat sehingga penggunaannya pada populasi ibu hamil dan menyusui perlu diperhatikan dengan menimbang risiko dan manfaat penggunaan obat ini.

Dosis dan Aturan Pakai

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat.

Dewasa

  • Sebagai obat suntik untuk memudahkan suntikan obat lain

Hyaluronidase sebanyak 1500 unit secara langsung ditambahkan ke dalam jarum suntik yang berisi obat lain.

  • Sebagai obat suntik tambahan pada terapi hipodermoklisis (suntikan melalui jaringan bawah kulit)

Hyaluronidase diberikan 1500 unit secara langsung untuk setiap 500-1000 ml pemberian suntikan pada jaringan bawah kulit.

  • Sebagai obat untuk membantu penyerapan obat bius mata lokal

Hyaluronidase diberikan 15 unit setiap ml larutan obat bius lokal.

  • Sebagai obat tambahan pada kondisi adanya penumpukan cairan atau darah pada tubuh

Hyaluronidase diberikan sebanyak 1500 unit dalam 1 ml water for injection atau garam fisiologis (misalnya larutan NaCl 0,9%) kemudian disuntikkan pada area yang dituju.

Cara Menggunakan Obat

Gunakan obat ini sesuai dengan instruksi dari dokter atau instruksi pada label. Jangan menaikkan atau menurunkan dosis tanpa instruksi dokter.

Obat ini diresepkan oleh dokter dan diberikan dalam bentuk obat suntik. Obat diberikan dengan disuntikkan ke bawah kulit, ke dalam otot, atau ke jaringan tubuh lain. Obat ini tidak disuntikkan ke dalam pembuluh darah. Suntikan hanya diberikan oleh tenaga kesehatan atas instruksi atau indikasi medis.

Informasikan dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik atau malah memburuk.

Cara Penyimpanan

Obat ini paling baik disimpan di lemari pendingin pada suhu 2-8°C. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang obat.

Kontraindikasi

Hyaluronidase tidak dapat digunakan apabila Anda pernah mengalami reaksi alergi pada penggunaan hyaluronidase atau obat sejenisnya sebelumnya. Obat ini juga tidak dapat digunakan apabila Anda memiliki kanker. 

 

Obat ini tidak boleh diberikan secara langsung pada mata dan tidak boleh diberikan untuk meredakan bengkak akibat gigitan atau sengatan hewan. 

 

Obat ini tidak dapat diberikan bersamaan dengan pemberian obat pengencer darah (heparin), salisilat, atau obat anti nyeri karena dapat menghambat efek hyaluronidase sebagai agen pembantu penyebar obat.

Efek Samping

Penggunaan hyaluronidase dapat menimbulkan efek samping berupa ruam kemerahan, bentol, atau gatal-gatal.

Beberapa efek samping dapat menjadi penanda keadaan bahaya dan harus segera diberitahukan kepada dokter. Berikut efek samping yang menandakan bahaya:

  • Ruam merah dengan sesak napas dan bengkak pada wajah

  • Penurunan tekanan darah

  • Peningkatan detak jantung

  • Nyeri kepala

  • Nyeri dada

  • Penurunan kesadaran

 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Tag :
Referensi

  1. Hyaluronidase. MIMS Indonesia. Available from: https://www.mims.com/indonesia/drug/info/hyaluronidase?mtype=generic2.

  2. Hyaluronidase injection Uses, Side Effects & Warnings - Drugs.com [Internet]. Drugs.com. [cited 30 June 2021]. Available from: https://www.drugs.com/mtm/hyaluronidase-injection.html

Bagikan artikel ini