Bantuan
Free Tele x

Obat

Homatropine

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Apr 2022

Bagikan

Homatropine

Nama Dagang: Homatropine, Homide

 

Homatropine adalah obat yang digunakan untuk membesarkan bagian biji mata (pupil) dan merelaksasikan otot mata pada saat pemeriksaan mata menyeluruh. Obat ini juga digunakan sebagai terapi pada saat Anda mengalami peradangan mata.

 

Golongan : Antimuskarinik

Kategori : Obat resep

Manfaat : Melebarkan biji mata (pupil) untuk pemeriksaan mata

Bentuk : solusio tetes mata

Dikonsumsi oleh : Dewasa

Obat ini dapat digunakan pada kondisi-kondisi lain sesuai dengan instruksi oleh dokter.

Peringatan

Obat ini memerlukan pemantauan ketat dalam penggunaannya terutama jika Anda pernah mengalami suatu gangguan mata sebelumnya atau memiliki sindrom Down (kumpulan gejala gangguan perkembangan). Pastikan Anda memberitahukan dokter jika Anda memiliki kondisi tersebut. 

 

Obat ini sebaiknya tidak digunakan pada anak-anak atau lansia kecuali atas instruksi dokter.

 

Penggunaan homatropin perlu diperhatikan pada populasi khusus seperti wanita hamil atau menyusui. Homatropin termasuk kedalam obat kategori kehamilan C menurut Food and Drug Administration Amerika Serikat sehingga penggunaannya pada populasi ibu hamil dan menyusui perlu diperhatikan dengan menimbang risiko dan manfaat penggunaan obat ini.

 

Selama penggunaan obat ini, Anda perlu untuk rutin melakukan pemeriksaan mata. Dokter akan memberitahukan seberapa sering Anda harus melakukan pemeriksaan mata.

 

Dosis dan Aturan Pakai

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat.

Anak-anak

  • Sebagai obat tetes mata untuk pemeriksaan mata

Pada anak berusia lebih dari 3 bulan, diberikan obat tetes mata homatropin hydrobromide 2%. Obat diberikan dengan diteteskan sekali pada mata yang akan diperiksa. Penetesan dapat diulang dalam 10 menit jika diperlukan.

  • Sebagai obat tetes mata untuk radang mata

Pada anak > 3 bulan, diberikan obat tetes mata homatropin hydrobromide 2%. Obat diberikan dengan diteteskan sekali pada mata yang sakit sebanyak 2-3x sehari.

Dewasa

  • Sebagai obat tetes mata untuk pemeriksaan mata

Obat tetes mata homatropin hydrobromide yang digunakan memiliki konsentrasi 2% atau 5%. Obat diberikan dengan diteteskan sebanyak 1-2x pada mata yang akan diperiksa. Penetesan dapat diulang dalam 10 menit jika diperlukan.

  • Sebagai obat tetes mata untuk radang mata

Obat tetes mata homatropin hydrobromide yang digunakan memiliki konsentrasi 2% atau 5%. Obat diberikan dengan diteteskan sekali pada mata yang sakit sebanyak 2-3x sehari. Penetesan dapat dilakukan setiap 3-4 jam jika diperlukan.

Cara Menggunakan Obat

Gunakan obat ini sesuai dengan instruksi dari dokter atau instruksi pada label. Jangan menaikkan atau menurunkan dosis tanpa instruksi dokter.

Cuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini. Kemudian, buka tutup obat dan letakkan di tempat yang bersih. Tarik kelopak mata bawah hingga membentuk kantung dan teteskan obat tetes mata pada kantung yang terbentuk. Setelah itu, tutup mata anda. Untuk menghindari obat masuk ke bagian tubuh lain, Anda dapat menekan daerah antara hidung dengan mata. Kemudian, bersihkan area sekitar mata yang basah dengan tisu bersih. Sesudah itu, tutup kembali botol obat.

Jangan menyentuhkan ujung penetes botol dengan mata anda, kelopak mata anda, atau permukaan lainnya. Tutup segera botol setelah digunakan. Jika botol tetes mata tidak dijaga dari paparan kuman, obat tetes mata dapat menjadi sumber infeksi mata.

Jika obat digunakan lebih dari satu tetes, tetesan selanjutnya digunakan 5 menit setelah tetesan mata sebelumnya.

Jika anda menggunakan lensa kontak, lepaskan lensa kontak sebelum memakai obat. Tunggu sekitar 15 menit sebelum memakai kembali lensa kontak anda.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaik. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan obat pada waktu yang sama setiap harinya. Obat harus dipakai  hingga pengobatan tuntas agar manfaat dapat dirasakan.

Informasikan dokter Anda jika kondisi tidak membaik atau malah memburuk.

Cara Penyimpanan

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan (25°C). Jauhkan obat dari cahaya langsung dan tempat yang lembab. Jangan simpan obat di kamar mandi. Jangan bekukan obat. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang obat.

Kontraindikasi

Homatropine tidak dapat digunakan apabila Anda mengalami glaukoma (sebuah penyakit pada mata yang menyebabkan kehilangan penglihatan) atau Anda mengalami kondisi tekanan bola mata yang tinggi. Pada kondisi tersebut, pemberian homatropin dapat membuat kondisi Anda menjadi lebih buruk.

Efek Samping

Penggunaan homatropin dapat menyebabkan penglihatan Anda menjadi buram sementara. Jika anda merasakan buram, jangan menyetir atau melakukan aktivitas yang membutuhkan ketajaman penglihatan.

Obat ini dapat membuat mata Anda lebih sensitif terhadap cahaya. Anda dapat menggunakan kacamata untuk melindungi mata pada saat Anda beraktivitas di luar rumah dan hindari paparan langsung sinar matahari atau sinar terang.

Efek samping lain yang dapat terjadi adalah:

  • Rasa terbakar atau menyengat pada mata

  • Iritasi mata

  • Mulut kering

  • Rasa haus

Beritahukan dokter jika efek samping yang Anda rasakan tidak kunjung menghilang atau bertambah berat.

 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi

  1. Homatropin. MIMS Indonesia. Available from: https://www.mims.com/indonesia/drug/info/homatropine/patientmedicine/homatropine%2B-%2Bophthalmic

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami