Bantuan

Obat

Hexamidine

Ditinjau oleh • 25 Apr 2022

Bagikan

Hexamidine

Nama Dagang: Hexamidine, Desomedine

 

Hexamidine adalah obat yang memiliki kemampuan membunuh bakteri dan kuman. Berdasarkan hasil penelitian, hexamidine diketahui juga memiliki kemampuan untuk membunuh parasit seperti Acanthamoeba yang menginfeksi bagian selaput bening mata.

 

Golongan : Antiseptik

Kategori : Obat keras

Manfaat : Membunuh kuman penyakit pada permukaan tubuh

Bentuk : solusio

Dikonsumsi oleh : Anak, dewasa

Selain sebagai pembunuh mikroba, obat ini juga digunakan sebagai pengawet produk kecantikan seperti pembersih wajah, krim wajah, krim tubuh, dan pelembab. Pada produk kecantikan, selain sebagai pengawet, obat ini membantu membersihkan kulit dan menghilangkan bau yang ditimbulkan oleh kuman pada permukaan tubuh.

Peringatan

Obat ini hanya dapat digunakan pada bagian luar tubuh, seperti kulit. Jangan gunakan obat sebagai obat kumur. Pada penggunaan tetes mata, lepaskan lensa kontak (bila Anda menggunakan lensa kontak) sebelum memakai obat dan berikan jarak 15 menit jika terdapat obat tetes mata lain yang harus diberikan.

 

Obat ini tidak boleh digunakan untuk membersihkan tubuh sebelum dilakukan tindakan medis maupun untuk membersihkan alat-alat medis. Obat ini juga tidak cocok untuk digunakan sebagai pembersih alat lainnya seperti gunting atau pisau.

 

Penggunaan obat ini bersama dengan antiseptik lain dapat menurunkan efek antiseptik obat. Hindari penggunaan obat ini dalam jangka panjang, terutama pada anak-anak dengan pemakaian pada permukaan tubuh yang luas atau kondisi permukaan tubuh dengan luka tanpa instruksi dari dokter. 

Dosis dan Aturan Pakai

Dosis setiap orang pasti berbeda-beda. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat.

Dewasa

  • Sebagai obat solusio untuk infeksi Acanthamoeba di mata

Pasien diberikan 2 tetes obat tetes mata 0,1% pada bagian mata yang sakit. Obat diberikan sebanyak 4-6 kali sehari. Lama penggunaan obat mengikuti instruksi pada kemasan.

  • Sebagai obat krim atau gel

Pasien diberikan dosis sesuai dengan instruksi dokter. Konsentrasi maksimal yang diberikan dalam sekali penggunaan adalah 0,2%.

  • Sebagai obat pengawet produk kecantikan

Konsentrasi maksimal pada produk kecantikan adalah 0,1%. Gunakan produk kecantikan sesuai dengan instruksi yang tertera pada label produk.

Cara Menggunakan Obat

Gunakan obat ini sesuai dengan instruksi dari dokter atau instruksi pada label. Jangan menaikkan atau menurunkan dosis tanpa instruksi dokter.

Obat ini dapat diresepkan untuk infeksi mata sebagai obat tetes mata. Sebagai obat tetes mata, cuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini. Kemudian, buka tutup obat dan letakkan di tempat yang bersih. Tarik kelopak mata bawah hingga membentuk kantung dan teteskan obat tetes mata pada kantung yang terbentuk. Setelah itu, tutup mata anda. Untuk menghindari obat masuk ke bagian tubuh lain, Anda dapat menekan daerah antara hidung dengan mata.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaik. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan obat pada waktu yang sama setiap harinya. Obat harus dipakai  hingga pengobatan tuntas agar kuman penyebab infeksi dapat hilang.

Katakan pada dokter Anda jika kondisi tidak membaik atau malah memburuk.

Cara Penyimpanan

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan (25°C). Jauhkan obat dari paparan cahaya langsung dan tempat yang lembab. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang obat.

Kontraindikasi

Hexamidine tidak dapat digunakan apabila Anda pernah mengalami reaksi alergi pada penggunaan hexamidine atau obat sejenisnya sebelumnya. 

Efek Samping

Penggunaan hexamidine dapat menimbulkan efek samping berupa reaksi iritasi lokal yang muncul sebagai kemerahan pada lokasi pemakaian yang bersifat sementara.

Beberapa efek samping dapat menjadi penanda keadaan bahaya dan harus segera diberitahukan kepada dokter. Contoh efek samping yang menandakan bahaya adalah timbulnya bengkak pada wajah, ruam merah, yang disertai dengan sesak napas.

 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Tag :
Referensi

  1. Hexamidine. MIMS Indonesia. Available from: https://www.mims.com/indonesia/drug/info/hexamidine?mtype=generic

  2. Opinion of the scientific committee on cosmetic products and non-food products intended for consumers. SCCNFP. Available from: https://ec.europa.eu/health/archive/ph_risk/committees/sccp/documents/out161_en.pdf

  3.  "Final Report on the Safety Assessment of Hexamidine and Hexamidine Diisethionate". International Journal of Toxicology. 26 (3_suppl): 79–88. 2007. doi:10.1080/10915810701663168. PMID 18273451. S2CID 2059780.

  4. ^ Parisi, N.; et al. (2017), "Hexamidine salts - applications in skin health and personal care products" (PDF), International Journal of Cosmetic Science, 39 (4): 361–365, doi:10.1111/ics.12392, PMID 28129440, S2CID 3385063

Bagikan artikel ini