Bantuan

Folamil Gold

Ditinjau oleh • 15 Jun 2022

Bagikan

Berpengaruh untuk Tumbuh Kembang Janin, Apa itu Folamil Gold?

Salah satu suplemen makanan untuk membantu memelihara kesehatan ibu hamil yakni folamil gold. Suplemen satu ini memiliki kandungan kalsium dan DHA yang tinggi guna menunjang tumbuh dan kembang sistem saraf, otak, serta pertumbuhan tulang janin.

Suplemen mineral dan vitamin folamil gold ini adalah obat yang bebas, dimana Anda dapat membelinya di apotek tanpa memerlukan resep dokter. Meskipun begitu, penggunaan suplemen satu ini juga harus menyesuaikan cara penggunaan dan dosis yang benar.

Suplemen ini memiliki kandungan atau bahan aktif yang menjadi nutrisi untuk ibu menyusui, sehingga wajar dan aman saja jika folamil gold digunakan. 

Suplemen ini termasuk ke dalam golongan vitamin dan mineral, yang mana memiliki kemasan softgel atau kapsul lunak. Beberapa kandungan yang ada di dalamnya yakni DHA dari algae, folic acid, Ca carbonate, dan vitamin D3.

Untuk dosis penggunaan folamil gold yakni satu kapsul per hari. Dosis penggunaan suplemen folamil gold yang tepat juga dipengaruhi oleh berat badan, kondisi tubuh, dan usia. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa suplemen ini memiliki bentuk kapsul lunak. Dengan kekuatan dosis yakni 1 mg folic acid, 200 mg DHA algae, 250 mg Ca carbonate, dan 400 IU vitamin D3.

Baca juga: Mineral dan Vitamin untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Konsumsi agar Mendukung Tumbuh Kembangnya Janin



Petunjuk Penggunaan Folamil Gold

Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen ini, maka menjadi penting untuk mengetahui seperti apa penggunaan yang seharusnya. Di bawah ini adalah petunjuk penggunaan dari suplemen folamil gold :

  • Selalu mengikuti anjuran atau saran dokter dan juga petunjuk penggunaan yang ada di kemasan, sebelum Anda mulai mengonsumsi suplemen folamil gold.

  • Folamil gold dikonsumsi sesudah makan serta minum air putih yang banyak.

  • Anda dapat menggunakan suplemen folamil gold di jam yang sama setiap harinya, seperti misalnya pada pagi hari setelah sarapan. 

 

Interaksi Penggunaan dengan Obat Lain

Potensi terjadinya interaksi obat terjadi saat penggunaan dengan obat lain bisa mengakibatkan efek samping yang meningkat. Selain itu, interaksi obat ini juga dapat mengubah cara kerja obat, menimbulkan efek beracun berbahaya bagi tubuh, dan obat tidak bekerja. Maka dari itu, sangat penting untuk memberi tahu dokter mengenai obat apa yang Anda konsumsi. Jenis-jenis obat di bawah ini bisa berinteraksi jika digunakan bersamaan dengan folamil gold :

  • DHA bisa menyebabkan melambatnya proses pembekuan darah. Dimana obat-obatan yang memiliki sifat antikoagulan seperti heparin, clopidogrel, ibuprofen, warfarin, aspirin, dan diclofenac bila digunakan bersamaan dengan suplemen folamil, maka akan mengurangi efektifitasnya. 

  • Asam folat bisa menurunkan kinerja obat kejang misalnya phenytoin, fosphenytoin, dan phenobarbital. 

  • DHA juga diketahui bisa menurunkan tekanan darah, oleh karenanya bisa memengaruhi obat antihipertensi seperti losartan, amlodipine, captopril, dan diltiazem. 

  • Mengonsumsi suplemen folamil gold dengan asam folat tinggi dan obat methotrexate bisa menurunkan kinerja dari methotrexate. 

Daftar interaksi obat diatas mungkin belum semuanya, maka dari itu sebelum memutuskan menggunakan suplemen ini Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. 

 

Efek Samping dan Overdosis Penggunaan Suplemen Folamil Gold

Sebenarnya belum ada data yang menunjukkan adanya efek samping dari suplemen ini pada penggunaan yang sesuai dengan anjuran dokter. Sedangkan jika digunakan dalam dosis tinggi, penggunaan folamil gold bisa mengakibatkan efek samping seperti dibawah ini:

  • Kembung dan perut begah

  • Adanya rasa tidak nyaman di pencernaan

  • Pendarahan terjadi lebih lama ketika terluka

Sedangkan untuk efek dari overdosis penggunaan obat ini, sebenarnya juga belum ada informasi lebih jauh. Akan tetapi, tidak sengaja menggunakan suplemen dalam jumlah banyak atau overdosis dapat mengakibatkan beberapa efek samping.

Di antaranya yakni pendarahan, nyeri pada pencernaan, dan juga menurunnya tekanan darah dengan drastis. Apabila Anda mengalami kondisi ini, maka segera temui dokter atau layanan kesehatan lainnya guna memperoleh penanganan medis yang tepat dan cepat. 

Apabila Anda ingin mengonsumsi suplemen satu ini, maka sudah sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter ahli. Hal ini dilakukan guna menghindari risiko efek samping pada ibu dan bayi. Selain itu, dengan konsultasi kepada dokter, maka akan diketahui apakah kondisi Anda dan bayi memungkinkan dilakukannya penggunaan suplemen folamil gold.

Baca juga: Penting untuk Kesehatan Janin, Ini Daftar Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Bagikan artikel ini