Bantuan

Etonogestrel

Ditinjau oleh • 08 Jan 2022

Bagikan

Etonogestrel

Nama Dagang: Implanon dan Nexplanon

 

Etonogestrel merupakan obat dengan kandungan metabolit aktif biologis sintetik dari progestin desogestrel. Etonogestrel bekerja terutama dengan mencegah pelepasan sel telur (ovulasi) selama siklus menstruasi. Etonogestrel juga membuat cairan vagina lebih kental untuk membantu mencegah sperma mencapai sel telur (pembuahan) dan mengubah lapisan rahim sehingga mencegah penempelan sel telur yang telah dibuahi. Produk ini tidak mengandung estrogen. 

 

Golongan : Kontrasepsi

Kategori : Obat resep

Manfaat : Mencegah pembuahan dan implantasi zigot

Bentuk : Implan

Dikonsumsi oleh : Dewasa 

Peringatan

Sebelum menggunakan etonogestrel, beritahu dokter atau apoteker Anda jika Anda memiliki alergi terhadap Etonogestrel atau progestin lain (seperti norethindrone, desogestrel). Produk ini mungkin mengandung bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain.  Dalam prosedur pemakaian obat, dokter akan melakukan pembiusan (anestesi) dan antiseptik. Oleh karena itu, beritahukan kepada dokter juga jika anda memiliki alergi terhadap anestesi atau antiseptik. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama jika Anda memiliki: gangguan pembekuan darah (seperti defisiensi protein C atau protein S), tekanan darah tinggi (hipertensi), riwayat kanker pribadi atau keluarga (terutama kanker payudara atau serviks), kadar kolesterol atau trigliserida tinggi, depresi, gula darah (diabetes melitus), masalah kandung empedu, masalah jantung (seperti penyakit katup jantung, tidak teratur detak jantung, serangan jantung sebelumnya), riwayat mata/kulit menguning (jaundice) selama kehamilan atau saat menggunakan kontrasepsi hormonal (seperti pil, patch), penyakit ginjal, penyakit hati (termasuk tumor), stroke, pembengkakan (edema), dan perdarahan vagina yang tidak dapat dijelaskan. 

Jangan gunakan obat ini jika Anda merokok tembakau dan berusia di atas 35 tahun. Merokok meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, pembekuan darah, dan tekanan darah tinggi. Risiko masalah serius ini meningkat seiring bertambahnya usia dan dengan jumlah rokok yang Anda hisap. Selain itu, alkohol dan ganja dapat meningkatkan efek samping pusing yang timbul dari pemakaian obat. Hindari merokok, meminum alkohol, dan menggunakan ganja ketika Anda menggunakan obat ini. 

Obat ini dapat menyebabkan noda, area gelap pada wajah dan kulit Anda (melasma). Sinar matahari dapat memperburuk efek ini. Batasi waktu Anda di bawah sinar matahari, gunakan tabir surya, dan kenakan pakaian pelindung saat berada di luar ruangan.

 

Jika Anda rabun jauh atau memakai lensa kontak, Anda mungkin mengalami masalah penglihatan atau kesulitan memakai lensa kontak Anda. Hubungi dokter Anda jika masalah ini terjadi.  

Pada kehamilan, etonogestrel termasuk dalam kategori X yang berarti obat ini tidak boleh digunakan pada kondisi hamil. Pemakain obat ini dalam kondisi hamil dapat meningkatkan risiko kehamilan ektopik. Obat ini dapat terserap ke dalam Air Susu Ibu. Konsultasikan kepada dokter terkait penggunaan obat ini sebelum menyusui. 

Dosis dan Aturan Pakai

Pemakaian etonogestrel harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang terlatih. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan etonogestrel setelah konsultasi dan sesuai dengan anjuran dokter. 

 

Kontrasepsi Subdermal (Implan)

  • Sebagai implan yang mengandung 68 mg etonogestrel

  • Masukkan 1 implan di sisi dalam lengan atas yang tidak dominan antara hari ke-1 dan ke-5 siklus menstruasi

  • Untuk wanita yang tidak menggunakan kontrasepsi hormonal sebelumnya dalam sebulan terakhir. 

  • Lepaskan implan selambat-lambatnya 3 tahun setelah tanggal pemasangan 

  • Lihat panduan produk terperinci untuk instruksi lebih lanjut tentang waktu pemasangan sesuai dengan riwayat kontrasepsi terakhir pasien.

Cara Menggunakan Obat

Baca lembar informasi  yang disediakan oleh dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda sebelum anda memakai implan. Baca dan tandatangani Informed Consent yang diberikan oleh dokter Anda. Anda juga akan diberikan kartu berisikan tanggal dan lokasi pemasangan implan. Simpan kartu itu dan gunakan untuk mengingatkan diri Anda sendiri kapan harus menjadwalkan janji untuk melepas implan. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.

 

Tanyakan kepada dokter Anda tentang waktu terbaik untuk menjadwalkan janji temu Anda untuk memasang implan. Dokter Anda mungkin ingin Anda melakukan tes kehamilan terlebih dahulu. Obat biasanya mulai bekerja segera ketika implan dimasukkan selama 5 hari pertama menstruasi Anda. Jika janji temu Anda berada di waktu lain dalam siklus menstruasi Anda, Anda mungkin perlu menggunakan alat kontrasepsi non-hormonal (seperti kondom, diafragma, spermisida) selama 7 hari pertama setelah implan dipasang. 

Batang akan dimasukkan di bawah kulit di lengan atas Anda oleh seorang profesional perawatan kesehatan. Biasanya akan ditempatkan di lengan yang tidak dominan untuk aktivitas. Pastikan Anda dapat merasakan implan di bawah kulit Anda setelah dipasang. Jika sewaktu-waktu Anda tidak dapat merasakan batang implan di bawah kulit atau merasa bahwa batang telah bengkok atau patah, segera beritahu dokter Anda.

Batang implan harus dilepas setelah 3 tahun dan dapat diganti jika diinginkan kontrol kelahiran lanjutan. Batang dapat dilepas kapan saja oleh profesional perawatan kesehatan terlatih jika pengendalian kelahiran tidak lagi diinginkan atau jika ada efek samping. 

 

Kontraindikasi

Etonogestrel tidak boleh digunakan pada pasien dengan riwayat kanker payudara atau kanker sensitif progestin, riwayat trombosis atau gangguan tromboemboli, perdarahan vagina abnormal yang tidak terdiagnosis, gangguan hati, dan kehamilan.

Efek Samping

Mual, kram perut/kembung, pusing, sakit kepala, nyeri payudara, jerawat, rambut rontok, penambahan berat badan, dan iritasi/keputihan vagina dapat terjadi. Nyeri, memar, mati rasa, infeksi, dan jaringan parut dapat terjadi di tempat pemasangan implan. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, beritahu dokter Anda segera.

 

Menstruasi Anda mungkin lebih awal atau lebih lambat, lebih pendek atau lebih lama, lebih berat atau lebih ringan dari biasanya. Anda mungkin juga mengalami bercak diantara periode, terutama selama beberapa bulan pertama penggunaan. Jika pendarahan berkepanjangan (lebih dari 8 hari) atau sangat berat, hubungi dokter Anda. Jika Anda melewatkan 2 periode berturut-turut, hubungi dokter Anda untuk tes kehamilan.

Obat ini dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Periksa tekanan darah Anda secara teratur dan beritahu dokter Anda jika hasilnya tinggi. 

Obat ini mungkin jarang menyebabkan masalah serius (terkadang fatal) dari pembekuan darah (seperti deep vein thrombosis, serangan jantung, emboli paru, stroke). Segera dapatkan bantuan medis jika Anda mengalami: sesak napas/napas cepat, nyeri dada/rahang/lengan kiri, keringat berlebihan, kebingungan, pusing/pingsan tiba-tiba, nyeri/bengkak/hangat di selangkangan/betis, sakit kepala mendadak/berat, kesulitan berbicara, kelemahan pada satu sisi tubuh, perubahan penglihatan mendadak.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  • Etonogestrel. MIMS Indonesia. 
  • Etonogestrel implant. WebMd.
Bagikan artikel ini