Obat

Erlotinib

Ditinjau oleh Dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 28 Dec 2021

Bagikan

Erlotinib

Nama Dagang: Erlonib, Tarceva

Erlotinib digunakan untuk mengobati beberapa jenis kanker paru-paru non-sel kecil yang telah menyebar ke jaringan terdekat atau ke bagian lain dari tubuh pada pasien yang telah diobati dengan setidaknya satu obat kemoterapi lain dan belum membaik. Erlotinib juga digunakan dalam kombinasi dengan obat lain (gemcitabine [Gemzar]) untuk mengobati kanker pankreas yang telah menyebar ke jaringan terdekat atau ke bagian lain dari tubuh dan tidak dapat diobati dengan operasi. Erlotinib termasuk dalam kelas obat yang disebut inhibitor kinase. Ia bekerja dengan menghalangi aksi protein abnormal yang memberi sinyal sel kanker untuk berkembang biak. Ini membantu memperlambat atau menghentikan penyebaran sel kanker.

 

Golongan : Penghambat protein kinase

Kategori : Obat keras

Manfaat : Menghambat pertumbuhan kanker

Bentuk : Tablet selaput

Dikonsumsi oleh : Dewasa & anak-anak

Erlotinib hadir sebagai tablet untuk diminum. Biasanya diminum dengan perut kosong sekali sehari, setidaknya 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan atau camilan. Ambil erlotinib sekitar waktu yang sama setiap hari. Ikuti petunjuk pada label resep Anda dengan hati-hati, dan mintalah dokter atau apoteker Anda untuk menjelaskan bagian mana pun yang tidak Anda mengerti. Ambil erlotinib persis seperti yang diarahkan. Jangan mengambil lebih atau kurang atau meminumnya lebih sering dari yang ditentukan oleh dokter Anda.

 

Dokter Anda dapat menurunkan dosis erlotinib Anda selama perawatan Anda. Ini tergantung pada seberapa baik obat bekerja untuk Anda dan efek samping yang Anda alami. Bicaralah dengan dokter Anda tentang bagaimana perasaan Anda selama perawatan Anda. Terus minum erlotinib bahkan jika Anda merasa sehat. Jangan berhenti minum erlotinib tanpa berbicara dengan dokter Anda.

 

Peringatan

Sebelum menggunakan erlotinib, beritahu dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadapnya; atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

 

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama dari: penyakit hati, penyakit ginjal, penyakit lambung/usus (seperti maag, divertikulosis).

 

Sebelum menjalani operasi, beritahu dokter atau dokter gigi Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat nonresep, dan produk herbal).

 

Obat ini dapat menyebabkan pendarahan lambung. Penggunaan alkohol setiap hari saat menggunakan obat ini dapat meningkatkan risiko pendarahan perut. Batasi minuman beralkohol.

 

Sinar matahari dapat memperburuk reaksi kulit yang mungkin terjadi saat Anda menggunakan obat ini. Batasi waktu Anda di bawah sinar matahari. Hindari tempat penyamakan kulit dan lampu matahari. Gunakan tabir surya dan kenakan pakaian pelindung saat berada di luar ruangan.

 

Karena obat ini dapat diserap melalui kulit dan paru-paru dan dapat membahayakan bayi yang belum lahir, wanita yang sedang hamil atau yang mungkin hamil tidak boleh menangani obat ini atau menghirup debu dari tablet.

 

Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil. Anda tidak boleh hamil saat menggunakan erlotinib. Erlotinib dapat membahayakan bayi yang belum lahir. Tanyakan tentang bentuk pengendalian kelahiran yang dapat diandalkan saat menggunakan obat ini dan selama 1 bulan setelah menghentikan pengobatan. Jika Anda hamil, bicarakan dengan dokter Anda segera tentang risiko dan manfaat obat ini.

 

Tidak diketahui apakah obat ini masuk ke dalam ASI. Karena kemungkinan risiko pada bayi, menyusui saat menggunakan obat ini dan selama 2 minggu setelah menghentikan pengobatan tidak dianjurkan. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

 

Konsultasikan dengan apoteker atau dokter Anda.

Dosis dan Aturan Pakai

Dosis penggunaan obat erlotinib akan diatur oleh dokter Anda sesuai dengan kondisi Anda. Dosis anak-anak tergantung dari usia dan berat badan, biasanya akan diresepkan oleh dokter. 

Dosis dewasa kanker paru-paru: 150 mg sebanyak 1x sehari

Dosis dewasa kanker pankreas: 100 mg sebanyak 1x sehari

Cara Menggunakan Obat

Minum obat ini melalui mulut dengan perut kosong (setidaknya 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan) seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sekali sehari.

 

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, respons terhadap pengobatan, dan obat lain yang mungkin Anda pakai. Pastikan untuk memberi tahu dokter dan apoteker Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat nonresep, dan produk herbal).

 

Obat-obatan yang menurunkan asam lambung (seperti antasida, penghambat H2 termasuk ranitidine) dapat mencegah erlotinib bekerja. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda bagaimana cara menggunakan obat ini dengan aman dengan erlotinib.

 

Hindari makan jeruk bali atau minum jus jeruk bali saat menggunakan obat ini kecuali dokter atau apoteker Anda mengatakan bahwa Anda boleh melakukannya dengan aman. Grapefruit dapat meningkatkan kemungkinan efek samping dengan obat ini. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

 

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya. Untuk membantu Anda mengingat dan menjaga kadar obat dalam tubuh konstan, minumlah pada waktu yang sama setiap hari.

 

Jangan menambah dosis atau menggunakan obat ini lebih sering atau lebih lama dari yang ditentukan. Kondisi Anda tidak akan membaik lebih cepat, dan risiko efek samping yang serius akan meningkat.

 

Karena obat ini dapat diserap melalui kulit dan paru-paru dan dapat membahayakan bayi yang belum lahir, wanita yang sedang hamil atau yang mungkin hamil tidak boleh menangani obat ini atau menghirup debu dari tablet.

 

Cara Penyimpanan

Simpan obat ini dalam wadahnya, tertutup rapat, dan jauh dari jangkauan anak-anak. Simpan pada suhu kamar dan jauhkan dari panas dan kelembaban berlebih (bukan di kamar mandi).

 

Obat-obatan yang tidak dibutuhkan harus dibuang dengan cara khusus untuk memastikan bahwa hewan peliharaan, anak-anak, dan orang lain tidak dapat mengkonsumsinya. Namun, Anda tidak boleh membuang obat ini ke toilet. Sebaliknya, cara terbaik untuk membuang obat Anda adalah melalui program pengambilan kembali obat. Bicaralah dengan apoteker Anda atau hubungi departemen sampah/daur ulang setempat untuk mempelajari tentang program pengambilan kembali di komunitas Anda. Lihat situs web Pembuangan Obat Aman FDA (http://goo.gl/c4Rm4p) untuk informasi lebih lanjut jika Anda tidak memiliki akses ke program penarikan kembali.

 

Penting untuk menjauhkan semua obat dari pandangan dan jangkauan anak-anak karena banyak wadah (seperti pengingat pil mingguan dan untuk obat tetes mata, krim, patch, dan inhaler) tidak tahan anak dan anak kecil dapat membukanya dengan mudah. Untuk melindungi anak kecil dari keracunan, selalu kunci tutup pengaman dan segera letakkan obat di tempat yang aman – tempat yang jauh dan jauh dari pandangan dan jangkauan mereka.

 

Kontraindikasi

Obat ini tidak memiliki kontraindikasi selain daripada alergi. Apabila anda memiliki riwayat alergi terhadap penghambat tirosin kinase, sebaiknya diberitahukan kepada dokter. 

Efek Samping

Diare, kulit kering, nyeri otot/sendi, sariawan, pertumbuhan bulu mata yang tidak biasa, atau kekeringan/kemerahan/iritasi mata dapat terjadi. Diare bisa parah. Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin meresepkan obat untuk meredakan diare. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, beritahu dokter atau apoteker Anda segera.

 

Ingatlah bahwa dokter Anda telah meresepkan obat ini karena dia menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

 

Beritahu dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, termasuk: tanda-tanda masalah ginjal (seperti perubahan jumlah urin), tanda-tanda penyakit hati (seperti mual/muntah, kehilangan nafsu makan, sakit perut/perut, mata/kulit menguning, dan urin berwarna gelap), tanda-tanda dehidrasi (seperti rasa haus yang berlebihan, kram otot, pusing, pingsan), kemerahan/bengkak di sekitar kuku, tinja berwarna hitam, muntah yang terlihat seperti ampas kopi, mudah berdarah /memar, kelelahan yang tidak biasa, sakit mata, perubahan penglihatan.

 

Dapatkan bantuan medis segera jika Anda mengalami efek samping yang sangat serius, termasuk: sesak napas atau batuk yang baru atau memburuk, nyeri dada/rahang/lengan kiri, kelemahan pada satu sisi tubuh, kesulitan berbicara, kebingungan, kejang.

 

Erlotinib biasanya dapat menyebabkan ruam ringan yang biasanya tidak serius. Namun, Anda mungkin tidak dapat membedakannya dari ruam langka yang bisa menjadi tanda reaksi alergi parah. Dapatkan bantuan medis segera jika Anda mengalami ruam.

 

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.

 

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

 

Informasi Tambahan

Simpan semua janji dengan dokter dan laboratorium Anda. Dokter Anda mungkin memesan tes laboratorium tertentu untuk memeriksa respons tubuh Anda terhadap erlotinib.

 

Jangan biarkan orang lain meminum obat Anda. Ajukan pertanyaan apapun kepada apoteker Anda tentang mengisi ulang resep Anda.

 

Penting bagi Anda untuk menyimpan daftar tertulis semua obat resep dan bebas(over-the-counter) yang Anda pakai, serta produk apapun seperti vitamin, mineral, atau suplemen makanan lainnya. Anda harus membawa daftar ini setiap kali Anda mengunjungi dokter atau jika Anda dirawat di rumah sakit. Ini juga merupakan informasi penting untuk dibawa bersama Anda jika terjadi keadaan darurat.

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Referensi
  • Tarceva (Erlotinib): Uses, Dosage, Side Effects, Interactions, Warning [Internet]. RxList. [cited 2021 Jul 1]. 
  • erlotinib oral: Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing - WebMD [Internet]. [cited 2021 Jul 1]. 
  • Erlotinib: MedlinePlus Drug Information [Internet]. [cited 2021 Jul 1].
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi