Bantuan

Obat

Erdosteine

Ditinjau oleh • 28 Dec 2021

Bagikan

Erdosteine

Nama Dagang: Edotin, Bricox

 

Erdosteine digunakan untuk mengobati bronkitis kronis (suatu kondisi di mana saluran udara Anda meradang dan menghasilkan banyak lendir) .Erdostein adalah obat yang menyebabkan pemecahan lendir, juga dikenal sebagai agen mukolitik. Ini adalah turunan tiol yang diproduksi untuk manajemen klinis bronkitis obstruktif kronis, selain eksaserbasi infeksi bronkitis kronis.

 

Golongan : Mukolitik

Kategori : Obat resep

Manfaat : Meredakan batuk berdahak

Bentuk : Kapsul dan sirup

Dikonsumsi oleh : Dewasa

Obat-obatan mukolitik, seperti erdostein, dapat membantu mengobati gejala serangan akut pada bronkitis kronis. Erdostein bekerja dengan membuat lendir (dahak) tidak terlalu kental dan lengket, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan dari saluran napas.

Peringatan

Beberapa obat tidak cocok untuk orang dengan kondisi tertentu, dan terkadang obat hanya dapat digunakan jika dilakukan dengan sangat hati-hati. Untuk alasan ini, sebelum Anda mulai mengonsumsi erdostein, penting bagi dokter Anda untuk mengetahui:

  • Jika Anda pernah mengalami sakit maag.

  • Jika Anda memiliki masalah dengan cara kerja ginjal Anda, atau dengan cara kerja hati Anda.

  • Jika Anda sedang hamil atau menyusui.

  • Jika Anda sedang mengonsumsi obat lain. Ini termasuk obat-obatan yang Anda pakai yang tersedia untuk dibeli tanpa resep, serta obat-obatan herbal dan komplementer.

  • Jika Anda pernah mengalami reaksi alergi terhadap suatu obat.

Jika Anda sedang menjalani operasi atau perawatan gigi, beri tahu orang yang melakukan perawatan bahwa Anda menggunakan erdostein. Jika Anda membeli obat apapun, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda apakah obat tersebut cocok untuk Anda konsumsi bersama obat lain.

 

Dosis dan Aturan Pakai

Penggunaan Erdosteine akan diresepkan oleh dokter sesuai kondisi Anda. Apabila anda mengalami batuk berdahak diakibatkan bronkitis kronik, biasanya dosis yang diberikan sebanyak 300 mg sebanyak 2x sehari. Pengobatan erdosteine biasanya dilaksanakan selama 10 hari. 

 

Jangan pernah mengambil lebih dari dosis yang ditentukan. Jika Anda mencurigai bahwa Anda atau orang lain mungkin telah mengonsumsi overdosis obat ini, pergi ke departemen kecelakaan dan darurat rumah sakit setempat. Bawalah wadah itu bersama Anda, meskipun sudah kosong.

Cara Menggunakan Obat

  1. Sebelum Anda memulai perawatan ini, bacalah selebaran informasi yang dicetak pabrikan dari dalam kemasan Anda. Selebaran pabrikan akan memberi Anda lebih banyak informasi tentang erdostein dan daftar lengkap efek samping yang mungkin Anda alami setelah meminumnya.

  2. Minumlah kapsul erdosteine persis seperti yang diperintahkan dokter Anda. Dosis biasa adalah satu kapsul dua kali sehari, hingga 10 hari. Dosis Anda akan dicetak pada label kemasan untuk mengingatkan Anda.

  3. Telan seluruh kapsul dengan segelas air. Tidaklah penting apakah Anda mengambil dosis Anda sebelum atau sesudah makan.

  4. Jika Anda lupa minum satu dosis, minumlah segera setelah Anda mengingatnya kecuali jika sudah hampir waktunya untuk dosis berikutnya, dalam hal ini tinggalkan dosis yang terlupakan. Jangan mengambil dua dosis bersama-sama untuk menebus dosis yang terlewat.

 

Cara Penyimpanan

Obat erdosteine sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering serta jauh dari jangkauan anak-anak. Obat erdosteine tidak boleh digunakan apabila sudah melewati tanggal kadaluarsa. Jangan menyimpan obat-obatan yang sudah kadaluarsa atau tidak diinginkan. Bawa mereka ke apotek setempat yang akan membuangnya untuk Anda.

Kontraindikasi

Kontraindikasi dari penggunaan erdosteine adalah apabila anda memiliki alergi terhadap obat ini. Ulkus peptikum (tukak lambung) aktif, gangguan hati, dan gangguan ginjal yang parah adalah kontraindikasi juga untuk penggunaan obat erdosteine. 

Efek Samping

Seiring dengan efeknya yang bermanfaat, kebanyakan obat dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan meskipun tidak semua orang mengalaminya. Tabel di bawah ini berisi beberapa yang terkait dengan erdostein. Anda akan menemukan daftar lengkap di brosur informasi produsen yang disertakan dengan obat Anda. Efek yang tidak diinginkan sering membaik saat tubuh Anda menyesuaikan diri dengan obat baru, tetapi bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda jika salah satu dari berikut ini berlanjut atau menjadi masalah

Jika Anda mengalami gejala lain yang menurut Anda mungkin disebabkan oleh obat tersebut, bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda.

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  • Erdosteine capsules - Erdotin. Acute bronchitis medication [Internet]. [cited 2021 Jun 30]. 
  • Erdosteine - Oral Patient Medicine Information | MIMS Indonesia [Internet]. [cited 2021 Jun 30]. 
  • Erdosteine [Internet]. [cited 2021 Jun 30]. 
  • Erdosteine: Indication, Dosage, Side Effect, Precaution | MIMS Indonesia [Internet]. [cited 2021 Jun 30].
Bagikan artikel ini