Bantuan

Obat

Ephedrine

Ditinjau oleh • 28 Dec 2021

Bagikan

Ephedrine

Nama Dagang: Efedrin Tetes Hidung

 

Efedrin adalah obat tetes hidung untuk meredakan gejala hidung tersumbat yang biasa diseut dekongestan. Salah satu gejala tersering daripilek adalah hidung tersumbat. Perasaan tersumbat dan tersumbat di hidung Anda juga bisa terjadi tanpa adanya pilek. Ini karena lapisan dalam hidung Anda sensitif terhadap perubahan atmosfer (seperti perubahan suhu dan kelembaban) dan ini juga dapat menyebabkan gejala hidung tersumbat. 

 

Anda mungkin menemukan mandi air panas beruap atau menghirup uap akan membantu membersihkan hidung tersumbat tetapi, jika ini tidak memberikan kelegaan yang cukup, dekongestan seperti efedrin mungkin berguna. Efedrin menyebabkan penyempitan pembuluh darah di dalam hidung Anda sehingga gejala hidung tersumbat akan berkurang. Ini mengurangi ketebalan lapisan hidung Anda yang menyebabkan hidung tersumbat, dan mengurangi perasaan tersumbat.

 

Tetes hidung efedrin (juga disebut tetes hidung) tersedia dengan resep dari dokter atau dokter gigi. Anda mungkin juga dapat membeli sebungkus kecil obat tetes hidung dari apotek, tanpa resep dokter. Tetes efedrin cocok untuk orang dewasa dan untuk anak-anak berusia 12 tahun atau lebih. Mereka tidak cocok untuk anak di bawah usia 12 tahun.



Golongan : Dekongestan

Kategori : Obat bebas

Manfaat : Membantu meredakan hidung tersumbat

Bentuk : Obat tetes

Dikonsumsi oleh : Anak-anak diatas 12 tahun dan orang dewasa

 

Efedrin adalah obat dan stimulan untuk dekongesti. Obat Ini sering digunakan untuk mencegah tekanan darah rendah selama anestesi spinal. Obat Ini juga telah digunakan untuk asma, narkolepsi, dan obesitas tetapi bukan pengobatan yang disukai. Obat Ini dapat diambil melalui mulut atau dengan suntikan ke otot, vena, atau tepat di bawah kulit. Efek obat bila diberikan melalui intravena sangat cepat, sedangkan injeksi melalui otot bisa memakan waktu 20 menit, dan melalui mulut bisa memakan waktu satu jam untuk efeknya. Ketika diberikan melalui suntikan, efek obat berlangsung sekitar satu jam dan ketika diminum dapat bertahan hingga empat jam

Peringatan

Sebelum menggunakan obat, penting untuk mengetahui bahwa beberapa obat tidak cocok untuk orang dengan kondisi tertentu. Untuk alasan ini, sebelum Anda mulai menggunakan obat tetes hidung efedrin, penting bagi dokter, dokter gigi, atau apoteker Anda untuk mengetahui:

  • Jika Anda sedang hamil atau menyusui.

  • Jika Anda memiliki diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung.

  • Jika Anda memiliki kelenjar tiroid yang terlalu aktif, atau masalah dengan kelenjar prostat atau ginjal Anda.

  • Jika Anda pernah mengalami reaksi alergi terhadap suatu obat.

  • Jika Anda sedang mengonsumsi obat lain. Ini termasuk obat-obatan yang Anda pakai yang tersedia untuk dibeli tanpa resep, serta obat-obatan herbal dan komplementer. Anda tidak boleh menggunakan efedrin jika Anda telah minum obat untuk depresi, yang dikenal sebagai inhibitor monoamine-oksidase (MAOI) dalam dua minggu sebelumnya. 

 

Perhatian khusus harus digunakan saat memberikan Injeksi Efedrin Sulfat, USP untuk pasien dengan penyakit jantung, nyeri dada, diabetes (gula darah tinggi), hipertiroidisme (penyakit tiroid), hipertrofi prostat atau tekanan darah tinggi. Penggunaan jangka panjang obat efedrin dapat menghasilkan sindrom yang menyerupai keadaan kecemasan. Toleransi terhadap efedrin sulfat dapat berkembang, tetapi penghentian sementara obat mengembalikan efektivitas aslinya. Penggunaan dekongestan hidung tidak boleh melebihi 5 hari karena justru akan dapat menyebabkan gejala sumbatan yang lebih parah.

 

Tidak diketahui apa efek Injeksi Ephedrine Sulfate, USP pada bayi baru lahir atau pada pertumbuhan dan perkembangan anak di kemudian hari ketika obat diberikan kepada ibu sebelum atau selama persalinan.

 

Efedrin sulfat dapat beredar dalam ASI. Oleh karena itu, penggunaan oleh ibu menyusui tidak dianjurkan karena risiko yang lebih tinggi kepada bayi.

Dosis dan Aturan Pakai

Pada dewasa: Dosis parenteral yang biasa diberikan adalah 25 sampai 50 mg secara subkutan (melalui kulit) atau intramuskular (melalui otot). Intravena sebanyak 5 sampai 25 mg dapat diberikan secara perlahan, diulang dalam 5 sampai 10 menit, jika perlu.

Pada anak: Dosis subkutan atau intramuskular yang biasa adalah 0,5 mg/kg berat badan atau 16,7 mg/meter persegi permukaan tubuh setiap 4 hingga 6 jam.

Produk obat parenteral harus diperiksa secara visual untuk partikel dan perubahan warna sebelum pemberian, bilamana larutan dan wadah memungkinkan.

Cara Menggunakan Obat

Cara menggunakan tetes hidung efedrin adalah sebagai berikut. 

  1. Tiup hidung Anda dengan lembut untuk membersihkannya.

  2. Lepaskan penetes dari botol. Pastikan ujung penetes berada di bawah permukaan cairan dalam botol, lalu peras bohlam penetes untuk mengisi sebagian penetes dengan cairan.

  3. Miringkan kepala Anda sedikit ke belakang dan dekatkan pipet berisi sebagian ke salah satu lubang hidung Anda. (Jangan memasukkan penetes ke dalam lubang hidung Anda.)

  4. Peras perlahan bohlam penetes untuk melepaskan satu atau dua tetes cairan ke dalam lubang hidung Anda. Ulangi proses untuk melepaskan satu atau dua tetes ke lubang hidung yang lain juga. Cobalah untuk tidak menyentuh hidung Anda dengan penetes saat Anda melakukan ini.

  5. Jaga agar kepala Anda tetap miring ke belakang selama beberapa saat untuk memungkinkan tetesan menyebar di sekitar bagian dalam hidung Anda.

  6. Tutup botol dengan memasang kembali penetes ke botol dengan lembut.

 

Cara Penyimpanan

  • Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan dan pandangan anak-anak.

  • Simpan di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari panas dan cahaya langsung.

  • Untuk menghindari kontaminasi, jangan menyimpan botol obat tetes hidung yang telah digunakan sebagian untuk digunakan nanti. Buang larutan yang tidak digunakan setelah setiap perawatan.

 

Kontraindikasi

Kontraindikasi dari obat efedrin adalah alergi. Reaksi alergi terhadap efedrin sulfat jarang terjadi. Pasien yang alergi terhadap simpatomimetik lain mungkin juga alergi terhadap efedrin sulfat. Pasien-pasien dengan penyakit sistem kardiovaskular uga dikontraindikasikan untuk mengonsumsi obat ini.

Efek Samping

Seiring dengan efek obat efedrin yang bermanfaat, banyak obat dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan meskipun tidak semua orang mengalaminya. Tabel di bawah ini mencantumkan beberapa efek samping yang terkait dengan penggunaan obat tetes hidung efedrin. Anda akan menemukan daftar lengkap efek samping dalam selebaran informasi produsen yang disertakan dengan obat tetes Anda. Efek yang tidak diinginkan sering membaik saat tubuh Anda menyesuaikan diri dengan obat baru, tetapi bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda jika salah satu dari berikut ini berlanjut atau menjadi masalah.

Jika Anda mengalami gejala lain yang menurut Anda mungkin disebabkan oleh obat tetes ini, bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda untuk saran lebih lanjut.

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  • Ephedrine (Ephedrine): Uses, Dosage, Side Effects, Interactions, Warning [Internet]. RxList. [cited 2021 Jun 29]. 
  • Ephedrine [Internet]. [cited 2021 Jun 29]. 
  • Ephedrine for Nasal Congestion Treatment. Ephedrine info [Internet]. [cited 2021 Jun 29].
Bagikan artikel ini