Dioctahedral Smectite

Ditinjau oleh Dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 26 Nov 2021

Bagikan

Dioctahedral Smectite

Nama Dagang: Smecta

 

Meski namanya terkesan sulit untuk diucapkan, obat Dioctahedral smectite ini memiliki khasiat yang cukup hebat. Obat yang bisa disingkat sebagai Diosmektit ini berkhasiat sebagai antidiare. Pada prakt\iknya, Diosmektit lebih sering digunakan pada kasus diare anak dibandingkan dewasa, terutama diare yang terjadi dalam waktu lama (kronik).

Diosmektit secara garis besar tersusun atas beberapa kandungan unsur mineral dari tanah liat seperti silika, alumunium atau magnesium. Namun, Anda tidak perlu khawatir, semua unsur tersebut telah diproses sedemikian rupa sehingga aman untuk dikonsumsi. Saat ini, obat diosmektit baru tersedia dalam bentuk serbuk yang larut dalam air. Obat ini juga dapat dibeli tanpa resep dokter.

Kerja obat ini pada dasarnya adalah sebagai absorben dan pelindung lapisan dalam saluran cerna. Diosmektit terbukti mampu menetralkan zat-zat pencetus diare ataupun racun dari kuman penyebab diare. Selain itu, unsur di dalam diosmektit dapat melapisi lapisan mukosa dan melindunginya dari iritasi akibat benda asing. Dalam penelitian, obat ini terbukti mempercepat penyembuhan dari penyakit diare.

Golongan : Anti diare absorben

Kategori : Obat bebas 

Manfaat : Antidiare

Bentuk : Serbuk larut

Dikonsumsi oleh : Bayi, Anak-anak, dewasa

Peringatan

Hingga saat ini, masih banyak penelitian yang berusaha mengkaji seberapa ampuh penggunaan diosmektit untuk mengatasi diare. Penggunaannya pada ibu hamil maupun ibu menyusui pun belum sepenuhnya diketahui efeknya. Oleh sebab itu, rekomendasi saat ini menyarankan bahwa ibu hamil atau ibu menyusui yang mengonsumsi diosmektit harus dipantau ketat selama konsumsi obat.



Dosis dan Aturan Pakai

Dosis harian diosmektit untuk orang dewasa adalah sebanyak 9 gram per hari. Dosis ini dapat diberikan pada kasus diare yang berlangsung lama (kronik). Obat dapat diberikan selama 7 hari. DIharapkan dalam kurun waktu tersebut, diharapkan gejala yang anda rasakan sudah mereda.

Pada anak-anak, dosis diosmektit harus disesuaikan dengan usia Pada anak berusia 2 tahun ke bawah, rentang dosisnya adalah 3-6 gram per hari. Selanjutnya, pada anak-anak berusia di atas 2 tahun, rentang dosis yang aman untuk diberikan adalah 6 - 9 gram per hari.  Durasi pengobatan pada anak disamakan dengan dewasa, yaitu selama 7 hari.

 

Cara Menggunakan Obat

Cara konsumsi obat ini memang sedikit unik. Anda harus melarutkan obat terlebih dahulu karena obat tersedia dalam bentuk bubuk. Untuk 1 sachet obat diosmektit, Anda dapat melarutkannya ke dalam setengah gelas berisi air putih. Setelah itu, aduk sampai terlarut merata. 

Pemberian obat untuk anak-anak  memang menjadi tantangan tersendiri.. Untuk memudahkan pemberian, diosmektit dapat dicampur ke dalam 50mL air putih dan dimasukkan ke dalam botol susu.

Cara lainnya, diosmektit yang sudah dilarutkan juga dapat dicampur ke dalam makanan anak, baik makanan setengah lunak (misalnya sayuran atau buah yang sudah dilembutkan atau bubur bayi) maupun sup yang sifatnya lebih cair. Cara ini dapat membantu anda, terutama jika buah hati anda tergolong sulit untuk minum obat.

Konsumsi obat ini sebaiknya tidak dibarengi dengan obat-obatan lain. Pada kemasan obat, seharusnya tertera tata cara pemakaian obat, jadi anda cukup mengikutinya saja.

 

Cara Penyimpanan

Diosmektit dapat disimpan tanpa tata cara khusus. Anda cukup menyimpannya di tempat yang bersuhu ruangan (sebaiknya suhu berada di bawah 25°C). Pastikan pula kemasan obat tetap tertutup segel sebelum dipakai, agar serbuk obat tidak tercampur dengan benda asing lain. Apabila anda memiliki anak berusia masih kecil, sebaiknya kemasan obat ini juga diletakkan di luar jangkauan anak anda.

 

Kontraindikasi

Secara umum tidak diketahui kondisi khusus yang melarang konsumsi diosmektit. Namun, apabila anda merasakan hal-hal yang tidak wajar setelah mengonsumsi obat ini (misalnya sulit buang air besar ataupun nyeri perut), sebaiknya Anda menghentikan konsumsi obat sementara dan berkonsultasi dengan dokter. 

 

Efek Samping

Hingga saat ini, efek samping yang telah terbukti secara ilmiah adalah keluhan sulit buang air besar. Menurut laporan, efek tersebut pun tergolong jarang ditemui. Akan tetapi, penelitian terkait obat ini masih terus berlangsung sehingga tidak menutup kemungkinan terdapat beberapa efek samping lain yang masih belum diketahui. 

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Referensi:

MIMS. Dioctahedral smectite [internet]. Website MIMS Indonesia. Unknown: 2021 [cited 2021 June 26]. 

 

Wibowo S, Primawardani P. Dioctahedral smectite memperpendek durasi diare kronik pada anak. Majalah Kesehatn. 2018; 5(2):111-116.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi