Bantuan

Obat

Demacolin

Ditinjau oleh • 22 Jun 2022

Bagikan

Demacolin

Manfaat

Demacolin merupakan obat yang dipakai guna mengatasi ragam kondisi kesehatan seperti pilek, flu, sinusitis, dan demam. Beberapa kandungan aktif yang terdapat dalam demacolin yaitu kafein, paracetamol, chlorpheniramine maleate, dan pseudoephedrine hydrochloride. Demacolin adalah obat yang bekerja dengan cara meredakan rasa nyeri, mempersempit pembuluh darah guna mengurangi hidung tersumbat, mengurangi produksi histamin yang menjadi penyebab alergi, serta meningkatkan aliran darah pada kulit. 

Demacolin bisa Anda gunakan sesuai dengan aturan di kemasan atau juga mengikuti saran dokter. Mengonsumsi satu tablet demacolin bisa Anda lakukan setiap kali sakit atau rasa nyeri muncul. Akan tetapi, jangan terlalu sering menggunakan obat ini. Jika gejala yang Anda alami tak kunjung hilang, maka sudah sebaiknya Anda menghentikan penggunaan demacolin. Lalu, memeriksakan diri ke dokter ahli.

Baca juga: Cetirizine, Obat Golongan Antihistamin Untuk Atasi Alergi

 

Demacolin untuk Ibu Hamil

Untuk ibu hamil, menggunakan demacolin disebutkan aman, namun dengan adanya pengawasan ketat dokter. Sampai sekarang tidak ada penelitian ilmiah yang menyebutkan bahwa obat demacolin ini bisa membahayakan janin dan ibu. Sedangkan bagi ibu yang sedang menyusui, penggunaan obat ini juga masih tergolong aman. Akan tetapi, perlu Anda perhatikan bahwa demacolin dapat ditransferkan pada sang buah hati. Jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat ini.

 

Efek Samping

Beberapa efek samping dari obat demacolin adalah seperti berikut ini:

  • mengantuk

  • sesak napas

  • asam lambung

  • pembuluh darah tersumbat

  • sakit perut

  • detak jantung berdebar

  • keguguran atau keterbelakangan pertumbuhan janin

Sebenarnya efek samping demacolin bukan hanya itu saja, mungkin juga ada efek samping lainnya. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan demacolin sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dulu.

 

Hal Penting Sebelum Menggunakan Demacolin

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan demacolin. Beberapa kondisi pencegahan serta peringatan yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi demacolin yakni seperti berikut ini:

  • Pastikan bahwa Anda tidak mempunyai riwayat asma

  • Menghindari penggunaan obat penenang, alkohol, dan lainnya ketika melakukan pengobatan ini

  • Menggunakan demacolin dengan dosis yang disarankan

  • Tidak meletakkan obat demacolin di bawah terik matahari atau paparan panas yang tinggi

  • Jika mempunyai penyakit paru obstruktif kronis, maka sebaiknya tidak menggunakan jenis obat ini

  • Jika mempunyai bronkitis kronis, maka sebaiknya tidak menggunakan obat demacolin ini

  • Tidak mengoperasikan mesin atau mengemudi, sampai Anda benar-benar tahu seperti apa demacolin memengaruhi Anda

  • Bila memiliki alergi paracetamol, maka hindari penggunaan demacolin

 

Perlu Anda perhatikan juga bahwa demacolin tidak dianjurkan untuk digunakan bersamaan efedrin, disulfiram, carvedilol, antipsikotik, fluoroquinolon, doxepin, cimetidine, atenolol, dan amitriptyline. Adanya interaksi obat bisa mengubah kinerja obat atau bahkan meningkatkan terjadinya risiko efek samping yang tidak main-main. Sepatutnya Anda menyimpan semua produk yang digunakan seperti obat resep atau nonresep dan produk herbal sekalipun. Jangan pernah memberhentikan, memulai, atau mengganti dosis sesuka hati tanpa adanya persetujuan dari dokter terkait. 

Sebelum Anda menggunakan demacolin tablet, Anda juga harus memberi tahu dokter mengenai obat apa saja yang sedang Anda gunakan sekarang ini. Bukan hanya obat, namun suplemen, herbal, dan vitamin juga harus Anda beritahukan kepada dokter. Sebelum menggunakan demacolin, Anda juga sebaiknya menjelaskan pada dokter mengenai riwayat penyakit yang Anda miliki. Beberapa kondisi kesehatan juga dapat mengganggu kerja demacolin seperti misalnya asma, penyakit ginjal dan hati, masalah mental, penyakit jantung dan pembuluh darah, refluks asam lambung, dan adanya riwayat kejang. 

Hal tersebut menjadi hal yang sangat penting karena beberapa kondisi kesehatan mungkin menyebabkan Anda menjadi lebih rentan terkena efek samping tertentu. Jangan lupa untuk mengambil takaran yang sesuai dengan arahan dokter, atau Anda juga dapat mengikuti petunjuk pemakaian yang bisa dilihat di label kemasan produk. Dosis akan berdasarkan kondisi kesehatan Anda, beritahu dokter bila Anda tidak mengalami perubahan apapun. Atau bahkan, kondisi Anda menjadi lebih buruk daripada sebelumnya. Jika terjadi overdosis karena penggunaan demacolin, maka segera hubungi layanan kesehatan terdekat atau segera temui dokter. 

Baca juga: Ampuh! Ini 5 Titik untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Tag :
Referensi

https://www.tabletwise.com/indonesia/demacolin-tablet

https://www.drugs.com/caffeine.html

https://www.drugs.com/mtm/chlorpheniramine.html

https://www.webmd.com/drugs/2/drug-4156/chlorpheniramine-oral/details

https://www.webmd.com/drugs/2/drug-57595/paracetamol-oral/details

https://www.healthline.com/health/pain-relief/acetaminophen-alcohol

https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682619.html

Bagikan artikel ini