Bantuan

Cetirizine Obat

Ditinjau oleh • 03 Jun 2022

Bagikan

Mengenali Dosis, Aturan Pakai, dan Efek Samping Obat Cetirizine Bagi Tubuh

Cetirizine merupakan obat yang  sering digunakan untuk meredakan berbagai keluhan yang disebabkan alergi. Obat ini termasuk ke dalam obat antihistamin yang bekerja dengan cara memblokir histamin. Histamin itu sendiri merupakan  senyawa yang dapat menyebabkan terjadinya reaksi alergi ketika tubuh Anda terpapar alergen. 

Walaupun begitu, obat cetirizine tidak serta merta dapat menyembuhkan alergi. Selain itu, obat ini juga tidak mencegah gejala alergi dan mengatasi reaksi alergi yang serius. Obat ini hanya mampu meredakan gejala-gejala alergi yang ringan hingga sedang seperti bersin-bersin, mata berair, hidung berair dan tenggorokan gatal.

Baca juga: Apakah Alergi Makanan Dapat Dicegah Sejak Dini?

 

Aturan pakai

Apabila Anda hendak mengonsumsi obat cetirizine pastikan Anda selalu membaca petunjuk pada kemasan produk. Apabila Anda membeli obat ini tanpa resep dokter, maka berkonsultasilah dengan apoteker terlebih dahulu. Anda bisa berkonsultasi Apabila Anda mendapatkan resep dari dokter, maka patuhi anjuran yang telah diberikan oleh dokter. Selain itu, ketika Anda mengonsumsi obat ini sebaiknya dilakukan pada jam yang sama setiap harinya. 

Obat cetirizine  ini tersedia dalam 3 pilihan yaitu tablet kunyah, tablet hisap, tablet minum dan juga sirup. Ketika Anda mengonsumsi tablet minum, sebaiknya dibarengi dengan segelas air. Untuk tablet kunyah, Anda perlu mengunyahnya hingga benar-benar lumat, kemudian telan. Untuk tablet hisap, Anda perlu menghisapnya hingga larut di lidah tanpa digigit, kemudian telah bersamaan dengan segelas air putih. Sedangkan untuk obat dalam bentuk sirup, perlu menggunakan sendok takar khusus yang tersedia di dalam kemasan, karena sendok rumahan bisa saja memiliki takaran yang tidak sesuai dengan dosis. 

Dosis Obat Cetirizine

Dalam mengonsumsi obat tentunya ada dosis yang perlu diperhatikan. Janganlah sesekali mengurangi ataupun melebihkan dosis yang telah ditetapkan. Hal ini justru menimbulkan efek yang buruk pada tubuh. Berikut ini dosis penggunaan cetirizine  yang perlu Anda ketahui. 

  1. Orang Dewasa

Penggunaan dosis untuk orang dewasa yaitu 10 mg sehari sekali atau bisa juga 5 mg dua kali sehari. Sedangkan untuk lanjut usia, dosis yang dianjurkan yaitu cukup 5 mg sekali sehari untuk dosis awal. 

  1. Anak-Anak

Obat cetirizine dapat diberikan pada anak-anak mulai usia 6 bulan hingga 12 tahun. Setiap golongan usia memiliki dosa yang berbeda-beda. Berikut ini rincian dosis untuk setiap golongan usia pada anak-anak.

  • Anak-anak usia 6 hingga 12 bulan, dosisnya yaitu 2,5 mg sekali sehari. 

  • Anak-anak usia 12 hingga 23 bulan, dosisnya yaitu 2,5 mg dua kali sehari. 

  • Anak-anak dengan usia 2 hingga 5 tahun, dosisnya 5 mg sekali sehari atau 2,5 mg sehari dua kali. 

  • Anak anak dengan usia 6 tahun ke atas, dosisnya yaitu 10 mg sekali sehari atau 5 mg dua kali sehari. 

Efek Samping Obat Cetirizine

Setiap obat atau suplemen tentu memiliki potensi menimbulkan efek samping, termasuk obat cetirizine ini. Beberapa efek samping yang mungkin ditimbulkan ketika Anda mengonsumsinya.

  • Kantuk

  • Kelelahan

  • Diare

  • Muntah

  • Mulut kering

  • Pusing

  • Sakit kepala

  • Sembelit

  • Sakit tenggorokan

 

Mungkin, tiap orang  akan mengalami efek samping yang berbeda-beda. Atau bahkan mengalami efek samping yang tidak disebutkan di atas. Selain itu, pada beberapa orang mungkin akan mengalami efek samping yang parah seperti sulit bernapas, ruam kulit dan pembengkakan di wajah. Apabila Anda mengalami hal ini maka segeralah untuk berhenti mengonsumsi obat yang satu ini. 

Hal-hal yang perlu Anda ketahui

Sebelum Anda mengonsumsi obat cetirizine ini, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu.

  • Beri tahu dokter mengenai obat dan suplemen yang sedang Anda konsumsi.

  • Hentikan konsumsi obat jika menimbulkan alergi.

  • Bagi ibu menyusui dan hamil sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

  • Beri tahu dokter mengenai kondisi haid yang sedang Anda alami.

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai obat cetirizine. Semoga informasi kali ini dapat membantu Anda menambah wawasan mengenai obat-obatan. Apabila Anda mengalami efek samping yang parah, maka segeralah mencari pertolongan medis.

Baca juga: Mengenal Alergi Kacang Tanah dan Penanganannya

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Nall, Rachel. 2020. Cetirizine. https://www.healthline.com/health/drugs/cetirizine

WebMD. Cetirizine HCL - Uses, Side Effects, and More. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-12065/cetirizine-oral/details

Drug.com. Cetirizine Interactions. https://www.drugs.com/drug-interactions/cetirizine.html

Bagikan artikel ini