Bantuan

Obat

Caviplex

Ditinjau oleh • 03 Jun 2022

Bagikan

Mengenali Dosis, Penggunaan, dan Efek Samping Caviplex

Caviplex merupakan suplemen yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan mineral dan juga vitamin pada anak-anak maupun orang dewasa.  Di dalam obat ini terdapat berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh yaitu vitamin  A, vitamin D, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C dan vitamin E. Tidak  hanya itu, terdapat juga kandungan zinc, kalsium, dan asam glutamat dalam caviplex ini. 

Caviplex ini dikonsumsi untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi, menutrisi otak, meningkatkan nafsu makan, dan menjaga kekebalan tubuh. Anda bisa menemukan obat ini di berbagai toko obat seperti apotek. Pasalnya, caviplex termasuk ke dalam golongan obat bebas. 

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Kelainan Tulang yang Biasa Terjadi pada Orang Lanjut Usia

Dosis Caviplex

Walaupun obat caviplex merupakan golongan obat bebas, Anda juga perlu memerhatikan dosis ketika mengonsumsinya. Sesuatu yang berlebihan, menyebabkan hal-hal yang tidak baik juga. Berikut ini dosis dari caviplex yang wajib Anda ketahui. 

  • Untuk orang dewasa, bisa mengonsumsi 1 tablet sekali sehari. Sedangkan untuk yang sirup bisa 3 kali sehari dengan dosis 1 sendok makan. 

  • Untuk anak-anak cukup mengonsumsi caviplex dalam bentuk sirup. Dosis yang diperbolehkan yaitu 3 kali sehari 1 sendok teh. 

Aturan Penggunaan

Ketika Anda hendak mengonsumsi obat caviplex ini sebaiknya selalu memerhatikan label pada kemasan ataupun anjuran yang telah diberikan dokter. Hindari mengonsumsi caviplex dengan takaran yang tidak sesuai anjuran baik terlalu sedikit ataupun terlalu banyak. Hal ini hanya akan berisiko memicu munculnya efek samping. 

Selain memerhatikan aturan pakainya pada label kemasan, Anda juga perlu menyimpan caviplex pada suhu ruangan. Hindari menyimpan obat ini pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Tidak hanya itu, hindari juga tempat yang lembap seperti kamar mandi. Anda juga tidak boleh membekukan obat yang satu ini. Dan yang terakhir yaitu jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Ketika obat ini telah habis masa berlakukan atau expired, sebaiknya segera dibuang. Pembuangan limbah obat sebaiknya konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pengolah limbah obat-obatan. Obat sebaiknya tidak dibuang disembarang tempat, karena dapat merusak lingkungan ataupun disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Efek Samping Caviplex

Setiap obat-obatan ataupun suplemen tentunya memiliki efek samping jika tidak dikonsumsi sesuai dengan anjuran. Beberapa efek samping yang mungkin saja muncul ketika Anda mengonsumsi caviplex yaitu mual, pusing, muntah dan reaksi alergi seperti ruam merah, kulit bengkak dan juga gatal.

Efek samping yang muncul pada setiap orang mungkin saja berbeda-beda. Bisa Anda mengalami efek samping yang bahkan tidak disebutkan sebelumnya. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kondisi seperti ini, maka sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker.

Hal-hal yang perlu Anda ketahui

Sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsi obat yang satu ini, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Hal ini karena, obat golongan bebas ini tetap tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Lalu apa saja hal-hal yang perlu diketahui tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasannya di bawah ini 

  • Apabila Anda memiliki alergi terhadap salah satu kandungan dalam obat ini, maka sebaiknya hindari mengonsumsinya. 

  • Anda tidak disarankan mengonsumsi obat ini dalam jangka panjang. Cukup gunakan sesuai dengan resep yang telah dibuat oleh dokter. 

  • Bagi Anda yang menyusui, sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mempertimbangkan manfaat dan risikonya. 

  • Beri tahu dokter mengenai semua obat dan suplemen yang Anda konsumsi. Hal ini karena dikhawatirkan dapat terjadi interaksi obat. 

  • Hindari rokok dan alkohol terlebih dahulu ketika mengonsumsi obat ini. Hal ini karena alkohol dan tembakau dapat menyebabkan terjadinya interaksi dengan obat.

  • Bagi Anda yang memiliki masalah pada jantung, fungsi hati dan ginjal sebaiknya untuk hindari mengonsumsi caviplex terlebih dahulu. 

Nah itulah dia seluk beluk mengenai obat caviplex yang mencakup dosis, kegunaan., hingga efek sampingnya. Apabila Anda mengalami efek samping setelah mengonsumsi obat ini maka segera hentikan. Setelah itu segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat. 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Tulang dengan Mudah dan Sehat

Referensi

WebMD. Multivitamins - Uses, Side Effects, and More. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-18820-9038/multivitamin-oral/multivitamins-includes-prenatal-vitamins-oral/details

Cronkleton, Emily. 2019. Why Is Vitamin B Complex Important, and Where Do I Get It?. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/vitamin-b-complex#recommended-daily-intake

Bagikan artikel ini