Bantuan
Free Tele x

Obat

Carbomer

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 08 Nov 2021

Bagikan

Carbomer

Nama Dagang:

Gel mata carbomer 0,2%, siccaforte, lumecare carbomer, Viscotears

 

Carbomer merupakan senyawa yang umum digunakan pada industri kosmetik dan farmasi karena kemampuannya dalam menyerap air dan membentuk gel yang stabil sehingga tidak mudah menguap. Karakteristik carbomer tersebut juga dimanfaatkan dalam dunia kedokteran, salah satunya gel mata. Carbomer bekerja sebagai pengganti air mata dengan membentuk sebuah lapisan transparan di atas mata. Lapisan ini memberikan pelumas, perlindungan, dan efek menenangkan sehingga dapat meredakan mata kering dan perih.

 

Golongan : Pelumas mata 

Kategori : Obat bebas

Manfaat : Mengatasi mata kering

Bentuk : Obat tetes mata

Dikonsumsi oleh : Dewasa

 

Peringatan

Sebelum menggunakan gel mata carbomer, pastikan dokter mengetahui apabila Anda menggunakan lensa kontak atau memiliki riwayat alergi terhadap carbomer atau obat mata lainnya. Beritahu pula kepada dokter jika Anda menggunakan obat mata lainnya. Selain itu, Anda perlu segera menginformasikan apabila terdapat keluhan lain selain mata kering sebelum memulai penggunaan carbomer.

 

Pada kondisi hamil, menyusui, dan anak-anak, carbomer perlu digunakan secara berhati-hati. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu mengenai penggunaan carbomer.

 

Penggunaan carbomer dapat membuat pandangan kabur setelahnya. Hindari menyetir atau mengendalikan mesin-mesin berat sebelum pandangan kembali jernih.

 

Apabila Anda merasa bingung atau memiliki pertanyaan terkait penggunaan carbomer, hubungi apoteker.

 

Dosis dan Aturan Pakai

Untuk keluhan mata kering, berikut dosis yang dapat diberikan:

  • Dewasa

Pada sediaan gel 0,2-0,3%, gunakan 1 tetes pada mata sebanyak 3-4 kali sehari, tergantung pada keparahan kondisi.

Cara Menggunakan Obat

Sebelum menggunakan gel mata carbomer, perhatikan lembar petunjuk yang terdapat pada kemasan dan ikuti instruksi yang diberikan. Berikut langkah-langkah menggunakan gel mata carbomer:

  1. Cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun.

  2. Buka tutup obat tetes mata.

  3. Posisikan kepala dalam posisi menengadah, kemudian tarik kelopak mata bagian bawah untuk membentuk kantung.

  4. Posisikan obat mata dalam posisi terbalik di atas mata. Sebisa mungkin, hindari ujung kemasan bersentuhan dengan mata.

  5. Tekan kemasan obat mata secara perlahan untuk meneteskan 1 tetes ke mata Anda. Jika tetes tidak jatuh ke mata, ulangi hingga tetesan benar-benar jatuh ke mata.

  6. Putar bola mata atau berkedip beberapa kali untuk menyebarkan gel ke seluruh bagian mata.

  7. Ulangi proses pada mata lainnya apabila diperlukan.

  8. Tutup kembali obat mata.

 

Dalam menggunakan carbomer, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Jika menggunakan lensa kontak, lepas lensa kontak terlebih dahulu sebelum menggunakan tetes mata untuk mencegah iritasi mata dan perubahan warna pada lensa kontak. Tunggu setidaknya 15 menit sebelum kembali menggunakan lensa kontak.

  • Jika menggunakan obat mata lainnya, berikan jarak waktu 10 menit sebelum menggunakan obat berikutnya. Carbomer sebaiknya digunakan terakhir di antara obat mata lain yang digunakan.

  • Jangan berbagi obat mata pada orang lain untuk mencegah terjadinya infeksi.

Cara Penyimpanan

Simpan gel mata carbomer di tempat yang sejuk, kering, dan terhindar dari paparan sinar atau panas secara langsung. Jauhkan penyimpanan dari jangkauan anak-anak. Setelah dibuka, obat mata hanya dapat digunakan dalam waktu empat minggu. Segera buang dan jangan gunakan apabila telah melewati jangka waktu tersebut untuk menghindari infeksi. Jika Anda menggunakan dosis tunggal, segera gunakan setelah dibuka dan jangan disimpan karena obat mata dosis tunggal tidak mengandung pengawet. 

Kontraindikasi

Gel mata carbomer sebaiknya tidak digunakan apabila Anda memiliki riwayat alergi terhadap carbomer atau bahan-bahan lainnya yang terdapat pada obat tetes mata.

 

Efek Samping

Penggunaan gel mata carbomer dapat menimbulkan efek samping, meskipun tidak semua orang mengalaminya. Diperkirakan bahwa efek samping hanya terjadi pada 1 dari 10 orang. Efek samping yang sering terjadi antara lain perasaan seperti tersengat ringan, pandangan kabur, dan kelopak mata terasa lengket. Efek samping lainnya yang dapat terjadi yaitu terbentuknya koreng pada ujung kelopak mata, dermatitis kontak, iritasi kornea, mata berair, serta pembengkakan, rasa tidak nyaman, nyeri, gatal, dan kemerahan pada mata.

 

Segera hubungi dokter apabila mengalami efek samping berat atau efek samping ringan yang tak kunjung membaik, bahkan memburuk.

 

Gejala Umum

  • Mata kering

  • Mata perih

  • Sensasi tersengat

  • Pandangan kabur

  • Kelopak mata lengket

  • Koreng

  • iritasi kornea

  • Mata berair

  • Bengkak

  • Mata gatal

  • Mata merah

  • Alergi

  • Sakit mata

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Referensi:

Stewart M. Carbomer liquid eye gels [internet]. Patient Info; [updated 2020 May 26, cited 2021 Jun 26]. 

Carbomer [internet]. MIMS; [cited 2021 Jun 26]. 

Carbomer 0,2% eye gel [internet]. Drugs.com; [cited 2021 Jun 26]. 

 

Carbomer [internet]. Drugs.com; [updated 2021 Apr 12, cited 2021 Jun 26].

Tag :
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami