Bantuan

Obat

Calamine

Ditinjau oleh • 01 Nov 2021

Bagikan

Calamine

Nama Dagang: Caladine

Calamine merupakan obat yang digunakan pada kulit (obat topikal) untuk mengatasi rasa nyeri, gatal, dan tidak nyaman yang timbul akibat iritasi ringan. Iritasi tersebut dapat disebabkan oleh cacar air, gigitan serangga, menyentuh tanaman beracun, eksim, dan terbakarnya kulit akibat paparan sinar matahari (sunburn). Selain itu, calamine juga dapat mempercepat pengeringan luka basah atau nanah ringan akibat iritasi.

 

Calamine bekerja dengan memberikan sensasi dingin saat mengalami evaporasi dari kulit yang dapat mengurangi ketidaknyamanan yang terjadi.

 

Golongan : Antihistamin/antipruritus topikal

Kategori : Obat bebas, kategori B (cukup aman) pada ibu hamil

Manfaat : Mengatasi keluhan pada kulit akibat iritasi ringan

Bentuk : Bubuk, krim, bubuk deo, foam (busa)

Dikonsumsi oleh : Anak-anak dan dewasa

 

Peringatan

Sebelum menggunakan calamine, perhatikan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Selain itu, beritahukan pada dokter mengenai kondisi kesehatan Anda (penyakit yang sedang diderita) serta riwayat alergi. Anda sebaiknya tidak menggunakan calamine apabila pernah menggunakannya dan terjadi reaksi alergi.

 

Penggunaan calamine pada ibu hamil belum diketahui keamanannya. Belum diketahui pula apakah calamine dapat menembus ASI. Oleh karena itu,  hindari menggunakan calamine ketika hamil atau menyusui tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

Anda juga perlu menginformasikan pada dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi, termasuk suplemen, obat bebas, dan obat-obatan herbal. Tidak semua obat yang Anda gunakan dapat berinteraksi dengan calamine, tetapi terdapat kemungkinan terjadinya interaksi. Jangan gunakan calamine bersamaan dengan obat topikal lainnya pada area yang sama, kecuali jika Anda sudah berkonsultasi atau merupakan petunjuk dari dokter.

 

Dosis dan Aturan Pakai

Gunakan calamine sesuai kebutuhan, yaitu sesuai petunjuk dokter atau petunjuk pada label kemasan. Hindari menggunakan terlalu sedikit, terlalu banyak, atau lebih lama dari durasi yang dianjurkan. Selain itu, jangan gunakan calamine di luar area yang mengalami iritasi atau di luar area yang direkomendasikan dokter.

 

Anda dapat menggunakan calamine beberapa kali sehari pada daerah yang mengalami iritasi. Penggunaan dapat dihentikan ketika gejala hilang.

 

Calamine hanya digunakan jika dibutuhkan sehingga tidak terdapat jadwal pemakaian tertentu. Akan tetapi, apabila Anda menggunakannya secara terjadwal dan Anda sempat lupa menggunakannya, Anda dapat segera menggunakan obat. Jika terlalu dekat dengan waktu aplikasi selanjutnya, lewati pemakaian sebelumnya yang terlewat dan segera lanjutkan pemakaian waktu berikutnya seperti biasa. Hindari menggandakan dosis pemakaian obat.

 

Overdosis dari penggunaan calamine seharusnya tidak berbahaya. Namun, segera hubungi dokter jika mengalami tanda dan gejala setelah terjadi overdosis.

Cara Menggunakan Obat

Sebelum menggunakan calamine, bersihkan kulit menggunakan sabun dan air, lalu biarkan mengering. Kocok kemasan terlebih dahulu sebelum digunakan.

 

Aplikasikan calamine pada kulit secara lembut menggunakan tangan atau kapas. Setelah itu, tunggu hingga mengering. Calamine berbentuk losion akan meninggalkan bekas berupa lapisan tipis saat sudah kering. Anda dapat menggunakan pakaian longgar di atasnya, tetapi losion tetap dapat meninggalkan noda pada bagian pakaian yang bersentuhan dengan losion.  Cuci tangan kembali setelah pengaplikasian menggunakan air dan sabun.

 

Calamine hanya dapat digunakan pada kulit. Hindari penggunaan pada mata, mulut, hidung, alat kelamin, dan anus. Segera bilas dengan air apabila area tersebut terpapar calamine.

 

Hubungi dokter jika kondisi Anda tak kunjung membaik atau memburuk dalam waktu tujuh hari. Anda juga perlu menghubungi dokter bila gejala kembali muncul setelah sempat membaik.

Cara Penyimpanan

Simpan produk pada suhu ruangan. Hindari paparan sinar matahari secara langsung atau kondisi yang lembab. Jangan simpan obat di kulkas atau freezer.

Kontraindikasi

Hindari penggunaan calamine apabila memiliki riwayat alergi terhadap produk calamine sebelumnya.

Efek Samping

Penggunaan calamine jarang menimbulkan efek samping berat. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan terjadinya hal tersebut. Segera hubungi dokter jika terjadi efek samping berupa iritasi pada kulit berupa ruam, kemerahan, adanya nanah, dan gejala infeksi lainnya. Reaksi alergi berat juga jarang ditemukan. Segera cari pertolongan medis apabila Anda mengalami gejala alergi berat, seperti timbulnya ruam, gatal, bengkak (terutama pada wajah, tenggorokan, dan lidah), pusing berat, dan sulit bernapas.

 

Calamine juga dapat menimbulkan bahaya ketika tertelan. Jika mengalami gejala berat seperti sesak napas dan pingsan, segera minta bantuan.

 

Gejala Umum

  • rasa nyeri

  • gatal

  • tidak nyaman

  • luka basah

  • melepuh

  • nanah

  • ruam

  • kemerahan

  • bengkak (terutama pada wajah, tenggorokan, dan lidah)

  • pusing berat

  • sesak napas

  • pingsan

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Referensi:

Calamine topical [internet]. Drugs.com; [cited 2021 Jun 20]. 

Calamine lotion [internet]. WebMD; [cited 2021 Jun 20]. 

Uses for calamine lotion and how to apply [internet]. Healthline; [cited 2021 Jun 20]. 

 

Caladine [internet]. MIMS Indonesia; [cited 2021 Jun 20].

Tag :
Bagikan artikel ini