Bantuan

Obat

Bimatoprost

Ditinjau oleh • 03 Jun 2021

Bagikan

Bimatoprost

Kegunaan 


Bimatoprost adalah obat golongan analog prostamid sintetik. Obat ini memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan di dalam bola mata dengan meningkatkan aliran dari cairan pada bola mata. Obat ini dapat digunakan sendiri atau dengan kombinasi obat lain untuk menurunkan tekanan bola mata. Selain itu, bimatoprost juga dapat digunakan untuk mengobati hipotrikosis (pola kerontokan rambut abnormal) pada bulu mata. 


Obat ini terdapat dalam bentuk tetes mata dan dapat digunakan sehari sekali sebelum tidur. Pada kondisi hipotrikosis, gunakan satu tetes juga setiap harinya. Obat ini dapat disimpan pada tempat yang sejuk dan jauh dari jangkauan anak-anak. Obat ini juga sebaiknya tidak digunakan lebih dari empat minggu setelah dibuka. 


Cara penggunaan obat ini cukup mudah. Sebelum meneteskan obat, anda harus mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air. Kemudian botol tetes mata dikocok sebelum digunakan. Ketika akan meneteskan, gunakan jari telunjuk untuk menarik kelopak mata bawah menjauhi mata hingga membentuk kantung. Kemudian, sambil melihat ke atas, obat diteteskan pada kantung yang telah dibuat di kelopak mata bawah. Kemudian, tutup kelopak mata selama 30 detik dan bersihkan kelebihan tetesan dengan kain. Alat penetes mata jangan dibiarkan menyentuh mata atau permukaan lainnya dan segera tutup botol tetes mata agar tidak terkontaminasi. Jika sudah ada obat tetes mata lainnya, tunggu lima menit sebelum meneteskan obat mata lainnya.


Pada pengobatan hipotrikosis, penggunaan obat ini sedikit berbeda. Sebelum menggunakan obat, pastikan wajah telah bersih. Kemudian gunakan alat khusus untuk memasang obat pada kulit kelopak mata atas, tepat di bawah alis. Jika ada kelebihan obat, gunakan kain untuk mengeringkannya. Pengobatan juga dilakukan pada sisi mata lainnya.


Efek samping


Efek samping yang dapat timbul adalah gangguan penglihatan. Jika mengalami gangguan penglihatan, jangan mengendarai kendaraan atau melakukan aktivitas yang membutuhkan penglihatan yang baik. Efek samping lain yang dapat timbul adalah nyeri kepala, rasa kering pada mata, mata bengkak, mata kemerahan, rasa nyeri pada mata. Segera laporkan kepada dokter jika mengalami efek samping tersebut.


Precaution


Jika Anda mengenakan lensa kontak, lepaskan lensa terlebih dahulu sebelum meneteskan obat dan gunakan lensa kontak kembali setelah 15 menit.  


Jika akan menggunakan obat ini, beritahukan dokter jika Anda memiliki masalah infeksi mata, masalah penglihatan lain, laju jantung rendah, tekanan darah rendah, penyakit hati, dan penyakit ginjal. Beritahukan juga jika Anda sedang hamil atau menyusui. Selama menggunakan obat, akan dilakukan pemantauan berkala terhadap tekanan bola mata Anda.


Penggunaan obat ini bersama obat lain seperti latanoprost dan obat anti inflamasi non steroid (OAINS) dapat mengganggu efek kerja sehingga perlu diberitahukan kepada dokter.


Referensi: 

https://www.mims.com/indonesia/drug/info/bimatoprost?mtype=generic

Bagikan artikel ini