Teknologi informasi dan komunikasi telah banyak membantu orang dari berbagai bidang, termasuk kesehatan. Salah satu teknologi di bidang kesehatan yang telah dikembangakn dan banyak digunakan yaitu Telemedicine. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui telemedicine berikut manfaatnya
Telemedicine merupakan layanan kesehatan yang dilakukan dari jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Umumnya, pengguna layanan telemedicine menggunakan gadget sebagai sarana untuk mendapat pelayanan kesehatan.
Telemedicine sendiri mulai dikebangkan sejak 1960. Namun, penggunaannya secara global memuncak sejak adanya Covid-19 yang membuat orang-orang tidak bisa keluar rumah. Hal ini dibarengi dengan semakin banyaknya penggunaan smartphone yang mempermudah proses penggunaan telemedicine.
Dengan telemedicine, orang-orang dapat melakukan medical check up atau konsultasi kesehatan dengan dokter secara rutin tanpa perlu datang langsung ke klinik atau tempat praktek. Namun demikian, hal ini hanya disarankan untuk keluhan atau pemeriksaan yang tidak bersifat mendesak.
Kesehatan mental menjadi salah satu isu kesehatan utama yang banyak dibahas selama beberapa tahun terakhir. Mereka yang mengalami masalah dalam kesehatan mental dapat melakukan konsultasi melalui telemedicine untuk segera mendapat diagnosa terkait jenis masalah mental sekaligus jalan keluar dan penanganan yang tepat.
Hasil pemeriksaan atau uji laboratorium yang didapat seorang pasien bisa jadi tidak diketahui secara jelas, apalagi dalam bentuk data. Dengan telemedicine, pasien bisa menanyakan kesimpulan dari uji laboratorium yang dilakukan dan dapat memutuskan tindakan lebih lanjut bila ada masalah kesehatan yang terjadi.
Telemedicine sebagai bagian dari pengmbangan teknologi di bidang kesehatan memiliki beberapa manfaat, yaitu:
Telemedicine dapat menghubungkan seseorang dengan lebih banyak dokter. Melalui telemedicine, orang-orang yang merasa kurang yakin dengan hasil diagnosa dokter, dapat berkonsultasi dengan dokter lain yang lebih ahli untuk mendapat hasil diagnosa yang lebih akurat atau saran tindakan lain yang dirasa lebih baik.
Dengan telemedicine, orang-orang dapat dengan leluasa mendapat layanan kesehatan tanpa perlu mengunjungi klinik atau rumah sakit. Layanan ini dapat digunakan di mana saja dan bahkan kapan saja sesuai keinginan dan perjanjian dengan dokter yang bersangkutan.
Telemedicine dapat menjadi sarana untuk mendapat pelayanan kesehatan secara lebih privat. Orang-orang yang mungkin ragu untuk menyampaikan keluhan serta gangguan kesehatan yang dialaminya dapat berkonsultasi lebih rileks karena layanan kesehatan dapat dilakukan di rumah atau ruangan pribadi.
Konsultasi kesehatan dengan dokter-dokter terpilih yang bisa dilakukan dari mana saja tentu menguntungkan bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan, mereka tidak perlu jauh-jauh mengunjungi dokter yang diinginkan, sehingga menghemat biaya transportasi.
Dari sudut pandang manajemen rumah sakit, adanya telemedicine dapat menjadi usaha dalam peningkatan pelayanan kesehatan. Konsultasi yang lebih teratur dan terjadwal, menjadikan pasien bisa mendapat saran dan mungkin diagnosa dengan lebih cepat.
Bila membutuhkan solusi untuk digitalisasi klinik atau rumah sakit Anda, percayakan pada Aido. Aido telah dipercaya sejak 2019 untuk digitalisasi oleh rumah sakit, klinik, hingga aplikasi SATU SEHAT milik pemerintah. Bersama Aido, Anda dapat melakukan digitalisasi untuk manajemen, layanan, hingga sistem pada rumah sakit dan klinik. Hubungi Aido sekarang juga!
Anda mungkin juga tertarik