Bantuan

Manfaat Kompatibilitas dan Interoperabilitas Data SIMRS

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 02 Nov 2022

Bagikan

Manfaat Kompatibilitas dan Interoperabilitas Data SIMRS

Menurut Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022, seluruh fasilitas pelayanan kesehatan wajib menerapkan rekam medis elektronik (RME) yang merupakan bagian dari Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Syarat dari sistem elektronik ini adalah harus memiliki kemampuan kompatibilitas (dapat terintegrasi dengan sistem lainnya) dan interoperabilitas (dapat melakukan pertukaran data dengan sistem luar).

 

Contoh dari kompatibilitas adalah integrasi data dengan instansi laboratorium, farmasi dan radiologi, sedangkan contoh interoperabilitas adalah pertukaran data dengan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil), Laboratory Information System (LIS), VKlaim BPJS dan aplikasi lainnya.



Apa saja manfaat kompatibilitas dan interoperabilitas bagi rumah sakit?

Mengurangi antrean pasien di ruang tunggu

Pasien dapat mendaftar secara online, dan data pasien langsung terintegrasi dengan antrean dokter dengan fixed schedule. Pasien datang saat waktunya sudah dekat.

 

Mempercepat proses identifikasi

Identitas pasien terintegrasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Disdukcapil dan tidak perlu mengisi identitas meskipun baru pertama kali berobat ke fasilitas kesehatan Anda 

 

Mempercepat proses pembayaran

Setelah pasien bertemu dengan dokter, pasien tidak perlu menunggu lama di kasir karena semua data sudah direkap secara sistem

 

Mengurangi biaya printing

Hasil laboratorium yang sudah selesai dapat langsung dilihat oleh dokter melalui sistem di ruang dokter tanpa harus menunggu hasil dicetak

 

Mempercepat proses claim BPJS

Data yang terintegrasi dapat memudahkan petugas rumah sakit saat menarik data pada akhir bulan. Resume medis, hasil laboratorium, pemeriksaan radiologi dan obat-obatan yang diberikan pada pasien otomatis dapat ditarik dan dikumpulkan untuk dikirim ke BPJS Kesehatan.

Membantu pengambilan keputusan

Data pelayanan kesehatan, transaksi dan inventaris dapat ditarik dan diolah untuk analisis data yang penting dalam membantu pengambilan keputusan secara cepat dan akurat.

 

Dengan terintegrasinya semua data dari semua bagian departemen tentunya memudahkan tenaga pelayanan kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan, mengurangi biaya, meningkatkan kepuasan pasien dan meningkatkan pendapatan rumah sakit. 


Memiliki pertanyaan mengenai hal ini? Anda dapat menghubungi kami disini hotline aido.

Bagikan artikel ini