Kepemimpinan dalam Manajemen Layanan Kesehatan Berfokus pada Sentrisitas Pasien

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 31 May 2024

Bagikan

Kepemimpinan dalam Manajemen Layanan Kesehatan

Kepemimpinan sangat dibutuhkan dalam segala hal, termasuk dalam manajemen layanan kesehatan berfokus pada sentrisitas pasien. Jika Anda merasa ingin tahu mengenai topik ini, Anda berada di artikel yang tepat. Pastikan untuk memahami pentingnya kepemimpinan dalam sektor ini sampai bagian akhir artikel ini, ya!

Penjelasan Dasar

Pengelolaan terhadap sektor kesehatan juga berusaha melek digital untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Program layanan kesehatan yang maksimal dapat ditunjukkan melalui berbagai indikator. Salah satu indikatornya adalah program layanan tersebut mengandalkan teknologi baru yang canggih dan bisa digunakan dengan, baik itu di layanan maupun pengelolaan keterampilan tenaga ahlinya, memerlukan pemimpin yang kompeten dan profesional. Kepemimpinan ini bertujuan untuk menciptakan dan melaksanakan program layanan kesehatan yang dapat diandalkan.

Pemimpin yang baik dalam sektor kesehatan maksimal

Perubahan dalam industri layanan kesehatan membuat sektor ini tidak hanya membutuhkan tenaga ahli, baik dokter maupun perawat, yang profesional, tapi juga pemimpin yang bijak dan kompeten. Industri ini memerlukan wirausahawan dan pemimpin yang tepat agar dapat mengidentifikasi dan mengatasi kebutuhan industri layanan kesehatan dengan maksimal.

Pemimpin layanan kesehatan dapat disebut memiliki kualitas unggulan jika memiliki keterampilan dan pengetahuan yang baik dan diperlukan untuk memimpin organisasinya. Keterampilan yang dimaksud dapat berupa keterampilan berpikir strategis, kemampuan berkomunikasi secara efektif, hingga kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat.

Para pemimpin organisasi, lembaga, ataupun layanan kesehatan ini perlu mengikuti perkembangan industri atau sektor kesehatan karena sektor ini senantiasa berkembang dari waktu ke waktu. Para pemimpin ini perlu mengikuti perkembangan yang ada, termasuk mengikuti perkembangan teknologi di dalamnya.

Para pemimpin harus mampu mengatasi tantangan yang muncul seiring dengan perubahan kebijakan, peraturan yang berlaku, dan teknologi layanan kesehatan yang senantiasa berkembang dan bergerak mengikuti perkembangan zaman. Pemahaman maksimal yang dimiliki pemimpin dapat membantu organisasi yang dipimpinnya lebih maju dan berkembang.

Manfaat Kepemimpinan dalam Manajemen Layanan Kesehatan Berfokus pada Sentrisitas Pasien

1. Mendorong Pemikiran yang Maju

Kepemimpinan dalam manajemen layanan kesehatan sangat diperlukan karena dapat mendorong segala pihak yang terlibat dalam layanan kesehatan untuk berpikir maju atau berpandangan ke depan. Layanan kesehatan membutuhkan pemimpin yang memikirkan masa depan layanan kesehatan, termasuk masa depan dan kesejahteraan pasien.

2. Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Kepemimpinan dalam manajemen kesehatan yang efektif menjadi salah satu faktor penentu kualitas layanan kesehatan. Jika tim layanan kesehatan tidak terkoordinasi atau tidak memiliki fokus tertentu, pasien seringkali menanggung akibat negatifnya. Oleh karena itu, kepemimpinan yang baik diperlukan dalam organisasi agar pasien terpenuhi kebutuhannya.

3. Menciptakan Lingkungan yang Adaptif

Kepemimpinan yang baik dapat menciptakan lingkungan yang adaptif karena pemimpin mampu membawa organisasinya ke arah yang lebih baik. Pemimpin yang baik akan mampu mengelola organisasi dengan baik, memanajemen stress secara efektif, menciptakan empati dan optimisme tinggi di lingkungan kerja, menjunjung tinggi transparansi, dan lain sebagainya.

Manajemen layanan kesehatan berfokus pada sentrisitas pasien dapat berhasil jika organisasi Anda memiliki pemimpin yang berkualitas dan berintegritas. Salah satu tanda pemimpin Anda memiliki kualitas unggulan adalah mampu membuat keputusan dengan tepat, termasuk dalam penggunaan rekam medis elektronik (RME).

Ayo maksimalkan RME di instansi Anda dengan AIDO! Bersama rekam medis elektronik dari aido.id, satu aspek manajemen layanan kesehatan berfokus pada sentrisitas pasien di instansi Anda dapat terwujud dengan maksimal.

Bagikan artikel ini