5 Langkah Mengelola Klinik Secara Efisien

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 21 Jun 2024

Bagikan

Langkah Mengelola Klinik Secara Efisien

Langkah mengelola klinik secara efisien merupakan tantangan yang membutuhkan perpaduan antara keterampilan manajemen, penerapan teknologi, dan pemahaman terhadap kebutuhan pasien serta staf. Klinik yang dikelola dengan baik tidak hanya meningkatkan kualitas pelayanan tetapi juga memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan. 

Oleh karena itu dalam prosesnya Anda harus menerapkan langkah-langkah yang tepat dan tak boleh serampangan. Lantas apa saja langkah yang dimaksud? Mari cari tahu lewat pembahasan berikut!

5 Langkah Mengelola Klinik Secara Efisien

Mengelola klinik secara efisien tentu saja memerlukan perencanaan matang dan evaluasi yang teliti. Tanpa kedua hal ini maka praktik yang ada dalam klinik bisa terhambat dan berantakan. Inilah kenapa langkah yang sesuai memang sangat diperlukan. Dengan begitu sebuah operasional klinik bisa berjalan dengan baik. Adapun langkah mengelola klinik secara efisien yang bisa Anda coba antara lain:

1. Buatlah Rencana Bisnis yang Kuat

Sebelum mulai mengelola klinik Anda harus membuat sebuah rencana bisnis yang kuat dan tepat. Mulailah dengan analisis komprehensif untuk memahami kebutuhan pasien dan sumber daya yang tersedia. Untuk membuat rencana Anda harus meluangkan waktu khusus. 

Lakukanlah analisis mengenai berapa banyak pasien yang datang setiap harinya, berapa lama kunjungan setiap pasien dan banyaknya kunjungan pertama kali serta hari yang biasanya dijadikan kunjungan pertama. 

Dengan ini Anda akan lebih mudah dalam melakukan identifikasi kapan beban pasien melebihi kapasitas dan bisa segera membuat rencana untuk mengalokasikan di waktu yang tepat. Selanjutnya lakukanlah identifikasi jenis layanan yang paling banyak digunakan, serta evaluasi kapasitas fasilitas, peralatan, dan tenaga medis yang ada. 

Setelah itu baru Anda bisa menyusun rencana bisnis yang sekiranya paling strategis. Misalnya saja rencana bisnis untuk tujuan jangka pendek dan panjang serta strategi yang diperlukan untuk mewujudkannya. Sertakan aspek keuangan, operasional, pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia dalam rencana ini.

2. Mengadakan Penawaran Pemesanan Janji Temu Online

Setelah Anda melakukan analisis dan pengamatan hingga membuat rencana bisnis maka pengadaan penawaran pemesanan janji temu secara online bisa menjadi langkah selanjutnya. Dilansir dari sebuah penelitian yang ada di Journal of Medical Internet Research mengambarkan jika sebagian besar kantor medis dengan layanan pemesanan janji online mampu mengurangi staf dan waktu tunggu. 

Bahkan penawaran pemesanan janji online juga bisa mengurangi tingkat status tunggu dan ketidakhadiran pasien. Di sisi lain Anda juga tak akan memerlukan terlalu banyak karyawan hanya untuk mengurusi masalah janji temu.  

3. Rutin Mengadakan Pertemuan Staf

Dalam mengelola klinik yang efisien pertemuan dengan staf secara rutin menjadi hal yang harus dilakukan. Pertemuan ini bisa dilakukan setiap pagi demi membahas mengenai kepentingan pasien yang nantinya datang. Selain itu dalam pertemuan ini Anda bisa bersama-sama merencanakan waktu dan manajemen sumber daya. 

Saat pertemuan selanjutnya Anda juga perlu fokus pada masalah pasien yang sudah terjadi. Selanjutnya berilah saran atau cara yang bisa dilakukan agar masalah tersebut tak terulang lagi dikemudian harinya. Pertemuan ini tak perlu terlalu lama namun sebentar saja yang penting rutin dan jelas apa yang dibahas. 

4. Optimalisasi Penggunaan Teknologi

Langkah mengelola klinik secara efisien selanjutnya adalah mengoptimalkan penggunaan teknologi. Adopsi sistem manajemen klinik yang mampu mengotomatisasi proses administrasi seperti penjadwalan, pencatatan rekam medis, dan penagihan. Sistem ini meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi kesalahan manual.

Selain itu lakukan otomatisasi pada tugas yang sekiranya akan menghabiskan banyak waktu. Misalnya saja seperti tugas mengisi ulang resep, mengingatkan pasien hingga membayar tagihan. Selanjutnya pakailah sistem obrolan yang memungkinkan seluruh orang di tim Anda bisa berkomunikasi dengan mudah dan cepat. 

Gunakan juga rekam medis elektronik untuk menyimpan dan mengelola data pasien secara digital. Rekam medis elektronik ini akan memberikan kemudahan tersendiri. Misalnya saja kemudahan dalam akses informasi hingga menjaga keamanan data dari setiap pasien. 

Apalagi penggunaan RME sendiri saat ini adalah sebuah keharusan karena jika tidak melakukannya akan ada sanksi administratif yang harus Anda hadapi. 

Sanksi ini yang paling ringan adalah berupa teguran tertulis. Selain itu Anda juga bisa saja menghadapi sanksi administratif lain yang berupa penyesuaian pada status akreditasi dari klinik yang Anda miliki. Selain kedua saksi tersebut, sanksi administratif yang bisa didapat adalah pencabutan status akreditasi. 

Untuk sanksi pencabutan akreditasi ini bisa dibilang merupakan sanksi yang lebih berat apabila membandingkannya dengan kedua sanksi yang sebelumnya. Terakhir yang paling berat adalah sanksi administratif berupa pencabutan izin usaha sesuai dengan peraturan yang ada di perundang-undangan. 

Nah, jika Anda tak ingin mendapatkan sanksi diatas pastikan untuk menggunakan RME. Untuk memudahkan penggunaan dan penerapan RME maka AIDO adalah solusi dan pilihan yang terlengkap dan terbaik yang bisa Anda ambil.

5. Melakukan Pembaharuan Proses Secara Terstruktur dan Teratur

Setelah melakukan optimalisasi pada teknologi langkah mengelola klinik secara efisien yang pastinya tak boleh dilewatkan adalah pembaharuan proses yang benar-benar terstruktur dan teratur. Untuk itulah Anda wajib melakukan peninjauan pembaharuan proses ini supaya pengelolaan klinik lebih baik dan lancar. 

Dalam proses pembaharuan ini memang akan menimbulkan pekerjaan baru yang bisa saja memakan banyak waktu. Oleh karenanya Anda bisa menggunakan pendekatan preventif dengan memeriksa dan memperbaiki proses yang ada di dalam klinik secara terstruktur dan hati-hati. 

Dengan begitu masalah yang ada di klinik bisa lebih mudah ditanggulangi karena solusi terbaik bisa Anda temukan dari proses pembaharuan yang dilakukan. Nah, jika Anda kebetulan merupakan seorang pengusaha klinik yang sedang mencari cara maupun solusi dalam mengelola klinik yang lebih efisien maka AIDO siap membantu. 

AIDO Solusi Tepat untuk Software Sistem Informasi Manajemen Klinik Terbaik

AIDO hadir sebagai solusi tepat untuk Anda yang sedang memerlukan software sistem informasi manajemen klinik yang terbaik dalam upaya memudahkan langkah mengelola klinik secara efisien. Mengapa harus memilih kami AIDO? Berikut alasannya:

Solusi Terlengkap Menerapkan SIMRS dan RME

AIDO adalah solusi yang paling lengkap dan tepat dalam menerapkan SIMRS dan RME. Perlu Anda tahu jika proses implementasi produk akan disesuaikan sesuai kebutuhan dengan sempurna. Untuk itulah Anda tak perlu ragu jika memilih AIDO.

Memberikan Pengalaman yang Terbaik

AIDO menyediakan berbagai fitur yang sangat lengkap. Semua yang dihadirkan oleh AIDO tak lain untuk memberikan pengalaman terbaik baik itu bagi pasien, staf klinik, hingga pemilik klinik selama menggunakan AIDO.

Telah Berpengalaman di SIMRS dan RME

AIDO sudah memiliki pengalaman yang mumpuni dalam hal pengadaan SIMRS dan RME sehingga tak perlu Anda ragukan lagi. Bahkan AIDO mempunyai berbagai pengalaman yang profesional dalam menangani jaringan penyedia layanan kesehatan terbesar yang ada di Indonesia ini. 

Pembayaran yang Sangat Fleksibel

Alasan lain kenapa Anda harus memilih AIDO adalah karena cara pembayarannya yang sangat fleksibel. Pembayaran bisa dengan mudah disesuaikan dengan tahap pertumbuhan layanan kesehatan sehingga tak akan memberatkan. 

Bersama AIDO menerapkan langkah mengelola klinik secara efisien akan semakin mudah. Bahkan proses untuk mewujudkannya bisa lebih cepat. Oleh karena itu jangan ragu untuk menggunakan AIDO sekarang juga!

Bagikan artikel ini