Wajib Anda Ketahui, Ini Ciri-Ciri Asam Lambung Naik Ke Paru-Paru

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Dec 2021

Bagikan

Kenali Ciri-Ciri Asam Lambung Naik Ke Paru-Paru

Apakah Anda tahu apa saja ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru? Pada dasarnya, asam lambung tidak naik ke paru-paru melainkan ke kerongkongan. Akan tetapi, pada beberapa kasus asam lambung dapat masuk ke saluran pencernaan dan turun ke paru-paru. 

Mungkin banyak dari Anda yang menyepelekan ciri-ciri asam lambung naik. Padahal, asam lambung naik yang berlangsung secara berkepanjangan dapat menyebabkan terjadinya penyempitan kerongkongan bahkan masalah pernapasan. 

Ciri-Ciri Asam Lambung Naik ke Paru-Paru

Lantas apa saja ciri-ciri asam lambung naik? Berikut  ini akan dijelaskan beberapa ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru yang wajib Anda ketahui. 

  1. Sensasi Terbakar

Ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru yang perlu Anda ketahui pertama, yaitu sensasi terbakar atau heartburn. Anda akan merasakan sensasi terbakar pada dada bagian tengah. Pada awalnya, sensasi terbakar akan dimulai dari perut kemudian menyebar hingga ke leher dan punggung. Biasanya ciri-ciri ini akan disertai dengan sensasi seperti ditusuk-tusuk jarum. Pada umumnya ciri-ciri akan muncul setelah Anda makan dan akan semakin parah apabila Anda berbaring atau membungkuk. 

  1. Regurgitasi

Selain sensasi terbakar, ciri-ciri asam lambung naik yang lainnya, yaitu regurgitasi. Regurgitasi itu sendiri merupakan rasa pahit dan asam yang disebabkan naiknya asam lambung. Umumnya Anda akan merasakan ciri-ciri ini pada bagian belakang kerongkongan atau mulut. Cara mudah untuk mengenali ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru yang satu ini, yaitu mirip bersendawa, tetapi udara yang keluar akan disertai muntahan. 

  1. Dispepsia

Dispepsia merupakan suatu kondisi yang menyebutkan perut yang tidak nyaman. Dispepsia ini merupakan ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru. Beberapa gejala yang ditimbulkan, yaitu sakit perut bagian atas, mual setelah makan, kembung, dan bersendawa. Namun dispepsia itu sendiri dapat dibagi menjadi 3 berdasarkan gejala yang muncul.

Dispepsia tipe ulkus menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati. Dispepsia tipe dismotilitas menyebabkan mual, kembung, dan cepat kenyang. Dispepsia tipe non spesifik menyebabkan keluhan selain gejala yang disebutkan sebelumnya.

Baca Juga: Asam Lambung Naik Saat Puasa? Ini Solusinya!

  1. Aroma Tidak Sedap

Asam lambung yang naik ke paru-paru dapat menyebabkan aroma mulut menjadi tidak sedap. Kondisi ini dapat terjadi karena saat asam lambung naik maka isi lambung akan bergerak ke kerongkongan. Selain itu,  makanan yang tidak dikunyah dengan sempurna juga akan membusuk di dalam lambung sehingga menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Oleh karena itu, jika Anda merasa telah membersihkan mulut dan menyikat gigi namun masih bau, mungkin itu merupakan ciri-ciri asam lambung ke paru-paru. 

  1. Sulit Menelan atau Disfagia

Ciri-ciri asam lambung naik ke kerongkongan yang selanjutnya, yaitu sulit menelan atau dalam dunia medis disebut disfagia. Hal ini terjadi karena asam lambung naik yang kronis dapat menyebabkan terjadinya penyempitan kerongkongan sehingga makanan ataupun cairan sulit untuk ditelan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung sebaiknya memperhatikan waktu makan yang tepat. Pasalnya, terlambat makan dapat memicu munculnya ciri-ciri asam lambung naik yang satu ini. 

  1. Sakit Tenggorokan. 

Ketika asam lambung naik hingga ke tenggorokan maka menyebabkan pita suara akan mengalami iritasi. Tentu saja kondisi ini dapat membuat suara menjadi serak. Apabila kondisi seperti ini terjadi secara terus menerus maka dapat menyebabkan sakit tenggorokan pada penderitanya.

Oleh karena itu, orang-orang yang memiliki masalah asam lambung memiliki dinding tenggorokan yang berwarna kemerahan. Apabila kondisi ini tidak kunjung membaik maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter. 

  1. Batuk Kronis

Ciri-ciri asam lambung naik ke kerongkongan yang terakhir, yaitu batuk kronis. Hal ini dapat terjadi karena, asam lambung yang naik ke tenggorokan dipercaya dapat terhirup dan masuk ke dalam paru-paru. Kondisi ini diduga memiliki korelasi antara asam lambung naik dengan batuk kronis. Pasalnya, batu pada dasarnya merupakan respons tubuh dalam mengeluarkan benda yang tidak sengaja terhirup masuk ke dalam saluran pernapasan.

Demikianlah beberapa informasi mengenai ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru. Apabila Anda juga mengalami gejala yang jauh lebih parah seperti sakit perut hebat, nyeri dada, hingga sesak napas maka sebaiknya segera mencari pertolongan medis agar segera ditangani.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Antasida, Obat Penetral Asam Lambung

 

Sumber:

1. Self. 2016. 6 Symptoms Of Acid Reflux You Should Not Ignore.

2. Mayo Clinic. Gastroesophageal reflux disease (GERD).

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi