Bantuan
Free Tele x

Tips Mudik untuk Ibu Hamil agar Perjalanan Berlangsung dengan Aman dan Nyaman

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Apr 2022

Bagikan

Tips Mudik untuk Ibu Hamil

Mengetahui tips mudik untuk ibu hamil adalah hal penting yang harus diketahui. Banyak calon ibu yang memutuskan untuk tidak mudik karena kondisi hamil, padahal hamil tidak serta-merta berarti tidak boleh mudik. Agar tetap bisa mudik dengan aman dan nyaman, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil.

Lantas, apa saja tips mudik untuk ibu hamil yang perlu diketahui tersebut? Sebelum memulai perjalanan mudik bersama keluarga tercinta, alangkah baiknya jika ibu hamil dapat memahami beberapa tips yang akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini.

Tips Mudik untuk Ibu Hamil

Setiap orang pasti ingin perjalanan mudiknya berlangsung dengan lancar tanpa ada hambatan suatu apapun. Begitu pula dengan ibu hamil yang sudah lama menantikan kehadiran buah hati. Nah, agar perjalanan Anda terasa aman dan nyaman, berikut ini adalah tips mudik untuk ibu hamil yang penting untuk diketahui.

  1. Mengonsultasikan diri dengan dokter

Sebelum mudik, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsultasikan diri dengan dokter. Hal ini penting mengingat adanya beberapa kondisi medis tertentu yang mungkin mengharuskan ibu hamil untuk menunda perjalanan mudik dan ini merupakan hal penting yang tidak bisa diabaikan. Dokter kandungan akan dapat memberikan rekomendasi yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih untuk mudik atau tidak, serta beberapa saran tertentu yang dapat dilakukan jika Anda memutuskan untuk mudik, agar perjalanan tetap aman dan nyaman. 

  1. Melakukan mudik hanya di trimester kedua

Tips mudik untuk ibu hamil selanjutnya yang bisa diperhatikan adalah hanya melakukan mudik ketika kehamilan telah memasuki trimester kedua, atau pada usia 14-28 minggu. Hal ini penting karena pada usia inilah kondisi janin dan ibu hamil telah lebih stabil, serta risiko komplikasi terhadap kesehatan keduanya juga lebih rendah. Pada akhirnya, ibu hamil akan lebih berenergi dan perjalanan mudik pun akan terasa lebih aman dan nyaman.

  1. Memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi

Selama mudik, ibu hamil perlu memastikan bahwa kebutuhan cairan tubuhnya terpenuhi dengan baik, dengan mengonsumsi air putih yang cukup, terutama jika perjalanan mudik yang ditempuh cukup jauh dan memerlukan waktu hingga berjam-jam di perjalanan. Hal ini penting karena dehidrasi memiliki keterkaitan yang erat dengan kontraksi rahim. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan air minum yang cukup di kendaraan selama mudik bersama ibu hamil, karena itu adalah asupan penting yang paling dibutuhkannya. 

  1. Mencukupi kebutuhan istirahat

Tidak hanya kebutuhan cairan tubuh saja yang harus dipenuhi, namun juga ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan istirahatnya. Dalam hal ini, tips mudik untuk ibu hamil yang perlu diperhatikan adalah dengan beristirahat di rest area paling tidak sekali dalam 2 jam. Saat istirahat, ibu hamil juga bisa melakukan peregangan, demi melancarkan peredaran darah dan mencegah terjadinya trombosis vena dalam. Waktu ini juga bisa digunakan oleh ibu hamil untuk membersihkan diri agar lebih segar dan nyaman saat melanjutkan perjalanan. 

  1. Menggunakan sabuk pengaman

Tips mudik untuk ibu hamil yang terakhir ini tidak kalah pentingnya karena berhubungan erat dengan keamanan selama di perjalanan. Dengan kondisi perut hamil yang sudah cukup membesar, seat belt tetaplah menjadi kewajiban. Meskipun begitu, agar tetap nyaman selama menggunakannya, ibu hamil dapat memasakan lap belt pada bagian bawah perut di atas pinggul, sedangkan shoulder strap dapat dipasangkan agak jauh dari leher, di antara payudara, namun usahakan agar tidak sampai melebihi bahu. 

Nah, demikianlah penjelasan mengenai tips mudik untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Agar semakin nyaman dan aman, ibu hamil dapat membawa beberapa hal penting yang dibutuhkannya selama di perjalanan, seperti suplemen khusus yang direkomendasikan dokter, baju yang nyaman, hingga peralatan pembersih diri yang memadai. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mudik bersama ibu hamil, dan semoga selamat dan dimudahkan sampai di tujuan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Terapkan Tips Berkendara agar Tidak Mudah Lelah Saat Mudik Berikut Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Masters, Maria 2021. Pregnancy Travel Tips . https://www.whattoexpect.com/pregnancy/pregnancy-travel-tips

NHS. Travelling in pregnancy . https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/travelling/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang