Bantuan
Free Tele x

Tidak Selamanya Negatif, Ketahui Manfaat Onani (Masturbasi) bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Oct 2021

Bagikan

Tidak Selamanya Negatif, Ketahui Manfaat Onani (Masturbasi) bagi Kesehatan

Selama ini, manfaat onani atau masturbasi tidak begitu banyak terdengar. Hal ini karena stigma buruk yang beredar di masyarakat mengenai masturbasi itu sendiri. Meskipun memiliki dampak buruk, namun sejatinya, masturbasi juga mampu mendatangkan beberapa manfaat bagi kesehatan. 

Lantas apa saja manfaat onani (masturbasi) itu sendiri? Benarkah bahwa masturbasi dapat membawa dampak positif bagi kesehatan? Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, coba simak penjelasan mengenai manfaat onani berikut ini.

  1. Mengatasi depresi

Onani atau masturbasi memiliki manfaat dalam mengatasi depresi. Hal ini karena pada saat melakukan onani, maka produksi hormon endorfin akan meningkat. Hormon endorfin merupakan hormon yang akan menciptakan rasa senang. Oleh karena itu, mungkin banyak diantara Anda yang tidak sadar bahwa pada saat mengalami depresi akan terlintas pikiran untuk melakukan onani. 

  1. Membuat otot panggul lebih kuat

Kekuatan otot panggul semakin berkurang seiring dengan pertambahan usia. Nah, untuk menghindari penurunan kekuatan otot panggul ini, biasanya hubungan seksual akan sangat membantu. Namun, melakukan masturbasi untuk tujuan ini juga akan memberikan efek yang setara. Dengan otot panggul yang kuat, Anda dapat terlindungi dari risiko impotensi di masa depan. 

  1. Membantu tidur lebih nyenyak

Pada saat Anda melakukan onani, maka tekanan darah akan menurun sehingga Anda berada di keadaan yang santai. Keadaan santai dan rasa senang akibat hormon endorfin dapat membantu Anda tidur dengan lebih baik. Oleh karena itu, waktu yang tepat untuk melakukan onani, yaitu sebelum tidur. 

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tahukah Anda bahwa manfaat onani ternyata dapat membuat daya tahan tubuh seseorang meningkat? Ketika melakukan masturbasi, kadar kortisol dalam tubuh akan semakin meningkat. Perlu diketahui bahwa kortisol dalam hal ini adalah hormon yang dapat mengatur kekebalan tubuh manusia. Namun dalam dosis yang lebih kecil. 

  1. Terapi ejakulasi dini

Manfaat onani bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan selanjutnya, yaitu dapat dijadikan sebagai terapi ejakulasi dini. Ejakulasi dini tentunya banyak tidak disukai karena tidak dapat memuaskan pasangan saat berhubungan seksual. Namun, dengan melakukan onani maka Anda dapat mengukur kemampuan dalam menahan fase orgasme.

  1. Kualitas sperma meningkat

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian, melakukan masturbasi sebelum menjalankan hubungan seksual terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma dari pasangan. Mengapa demikian? Pada saat pasangan ejakulasi untuk pertama kali melalui masturbasi, sperma yang sudah tua akan lebih dahulu terbuang. Pada akhirnya, hanya sperma baru dengan kualitas baiklah yang akan masuk ke dalam rahim. 

  1. Wadah pelepas hasrat seksual

Hasrat seksual merupakan suatu hal yang wajar dan normal terjadi. Akan tetapi melepaskan hasrat seksual ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena dapat menyebabkan berbagai penyakit jika Anda melakukan hubungan seksual dengan orang yang tidak dikenal. Oleh karena itu, onani dalam hal ini menjadi wadah yang  tepat untuk melepaskan hasrat seksual yang tidak tertahankan. 

  1. Mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi

Sering merasa nyeri perut yang tak tertahankan saat menstruasi? Jika iya, masturbasi dalam hal ini dapat membantu dalam mencegah timbulnya rasa nyeri ketika periode menstruasi berikutnya tiba. Hal ini pada dasarnya terjadi karena hormon endorfin yang dilepaskan oleh otak ketika seorang wanita melakukan masturbasi. Hormon endorfin inilah yang nantinya akan meringankan nyeri dan kram perut yang menyerang ketika haid.  

  1. Meredakan sakit kepala

Manfaat onani yang bisa Anda dapatkan selanjutnya, yaitu dapat meredakan sakit kepala. Manfaat ini datang dari hormon oksitosin, dopamin, dan endorfin yang dapat memberikan efek rileks pada tubuh yang mengalami tegang. Seperti merilekskan sarat otak yang menyebabkan sakit kepala. 

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Ketika seseorang melakukan masturbasi, akan timbul rasa nyaman secara seksual. Pada akhirnya, hal ini akan membangun citra diri yang lebih positif dan rasa percaya diri yang lebih utuh. Manfaat onani ini hadir karena melalui cara ini Anda dapat berkesempatan untuk lebih jauh mengenali tubuh sendiri. 

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat onani atau masturbasi apabila dilakukan. Meskipun memiliki banyak manfaat, sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam melakukan hal ini karena dikhawatirkan akan mendatangkan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apakah Tisu Magic dapat Mengatasi Ejakulasi Dini?

 

Sumber:

Planned Parenthood. Is Masturbation Healthy?. 

Planned Parenthood. Orgasm. 

 

News 18. 8 Health Benefits of Masturbation You Should Know About.

 

Tag :
Bagikan artikel ini