Tidak Perlu Khawatir, Berikut Ini Cara Mengobati Luka Sayat

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Tidak Perlu Khawatir, Berikut Ini Cara Mengobati Luka Sayat

Apakah Anda pernah mengalami luka sayatan, dan tahu cara mengobati luka sayat? Ketika melakukan kegiatan sehari-hari, tidak jarang kulit akan tergores oleh benda tajam dan mengakibatkan luka. Apabila Anda mengalami hal ini, tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengobati luka sayat ini dengan berbagai cara yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Akan tetapi, sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mengobati luka saya, alangkah lebih baik Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu luka sayat. 

Apa Itu Luka Sayat

Luka sayat merupakan kondisi terbukanya kulit yang diakibatkan oleh goresan ataupun tusukan benda tajam. Luka sayat itu sendiri memiliki 2 kategori, yaitu luka sayat ringan yang mana kondisi luka sobek memiliki ukuran yang kecil dan tidak menimbulkan kerusakan yang cukup parah. Sedangkan, luka sayat berat memiliki luka sobek yang berukuran lebar dan dalam, sehingga dapat merusak jaringan kulit dan perlu segera mendapat pertolongan pertama mengatasi luka. 

Cara Mengobati Luka Sayat

Luka sayat tidak dapat diabaikan begitu saja, karena dapat menyebabkan pendarahan yang mengakibatkan penderitanya kehilangan banyak sekali darah. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati luka sayatan. 

  1. Membersihkan Tangan

Cara mengobati luka sayat yang pertama yaitu dengan membersihkan tangan. Anda harus membersihkan tangan menggunakan sabun dan juga air yang mengalir. Selain membersihkan tangan, Anda juga bisa menggunakan sarung tangan untuk menutupi tangan selama pengobatan berlangsung. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir perpindahan bakteri dari tangan ke luka yang dapat menyebabkan infeksi. 

  1. Menghentikan Pendarahan

Cara mengobati luka sayat yang selanjutnya yaitu dengan menghentikan pendarah. Anda dapat menghentikan pendarahan pada luka sayat dengan menekan bagian terluka menggunakan perban atau kain bersih. Meskipun kain basah oleh darah n dari area luka, tetap tekan kain tersebut hingga pendarahan berhenti.

Namun, jangan terlalu cepat mengangkat kain agar pendarahan dapat berhenti. Anda juga bisa mengangkat posisi luka lebih tinggi diatas jantung untuk membantu menghentikan pendarahan. Apabila pendarahan berhasil dihentikan, jangan lupa untuk membersihkan tangan kembali.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Ini Cara Agar Luka Cepat Sembuh 

  1. Menghilangkan Benda Asing Dari Luka

Setelah pendarahan berhasil hentikan, maka Anda perlu membersihkan luka dari benda-benda asing yang menempel. Apabila pada bagian luka sayat terdapat benda-benda asing yang menempel, maka cobalah untuk membersihkan benda-benda asing tersebut dari bagian luka. Setelah berhasil membersihkan benda-benda asing, maka Anda dapat membersihkan luka sayat menggunakan air hanya ataupun di air mengalir. 

  1. Kompres Luka

Cara mengobati luka sayat yang selanjutnya yaitu mengompres luka menggunakan kompres dingin. Anda bisa mengompres luka menggunakan es batu yang dibungkus dalam kain dan ditempelkan pada luka sayat. Hal ini karena, es batu mampu menghentikan pendarahan dengan membekukan darah serta mempersempit pembuluh darah.

  1. Gunakan Bahan Alami

Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati luka sayatan. Setelah Anda berhasil membersihkan luka, Anda bisa mengoleskan beberapa bahan alami seperti teh hitam yang dibekukan ataupun bubuk kopi pada luka sayatan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan antibiotik sesuai anjuran dokter sebagai agar terhindari dari terjadi infeksi yang dapat memperburuk luka.

  1. Perban Luka Sayat

Cara mengobati luka sayat yang terakhir yaitu dengan menutupnya menggunakan perban. Pastikan Anda menutup luka sayat menggunakan perban yang steril agar terhindar dari masuknya kuman ke dalam luka. Selain itu, Anda juga perlu menjaga perban untuk tetap kering dan bersih, tidak hanya itu, pastikan Anda mengganti perban setiap harinya. 

Nah, itulah beberapa cara mengobati luka sayat yang dapat Anda lakukan. Jangan pernah menganggap remeh luka sayat karena dapat menjadi pintu masuk bagi bakteri untuk menimbulkan penyakit yang lebih parah. Namun, Anda juga tidak perlu terlalu khawatir, cukup lakukan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas untuk mengobati luka sayat yang Anda alami.

Apabila luka sayat yang Anda alami terlalu besar dan tidak dapat dihentikan pendarahannya, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Begini Cara Membalut Luka Dengan Benar

 

Sumber:

1. Mayo Clinic Staff. Cuts and scrapes: First aid.

2. First aid 101: How to treat a cut.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi