Tidak Perlu Bingung, Berikut Ini Cara Memilih Moisturizer untuk Kulit Berminyak

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Tidak Perlu Bingung, Berikut Ini Cara Memilih Moisturizer untuk Kulit Berminyak

Apakah Anda tahu bagaimana cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak? Moisturizer dibutuhkan untuk kulit berminyak agar bisa menjaga kulit tetap sehat dan lembab. Akan tetapi, Anda perlu tahu bagaimana memilih moisturizer untuk kulit berminyak agar tidak membuat kulit semakin berminyak atau menyumbat pori-pori. Lantas, bagaimana cara memilihnya? Simak terus penjelasan di bawah ini.

Memilih Moisturizer Untuk Kulit Berminyak

  1. Memilih produk yang bebas minyak

Cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak yang pertama yaitu memilih produk yang bebas dari minyak. Dengan begitu, Anda tidak akan membuat kulit semakin berminyak. Tidak hanya itu, moisturizer yang bebas minyak juga bisa mencegah penumpukan minyak yang berlebih dan membuat pori-pori yang tersumbat tampak lebih besar. 

  1. Memilih produk yang berbahan dasar air

Cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak yang selanjutnya yaitu memilih produk yang berbahan dasar air. Beberapa produk moisturizer yang berbahan dasar air yaitu losion, krim atau gel. Selain itu, produk yang berbahan dasar air juga akan mudah diserap oleh kulit dan tidak membuat terasa lengket. 

  1. Memilih produk yang memiliki kandungan SPF

Memilih produk yang memiliki kandungan SPF juga perlu Anda pertimbangkan. Moisturizer yang mengandung SPF dapat sekaligus memberikan kulit perlindungan terhadap sinar ultraviolet. Sebaiknya, Anda memilih moisturizer yang mengandung SPF 30 agar tetap terasa lembab dan tidak berminyak. 

  1. Memilih produk yang berlabel non comedogenic

Cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak yang terakhir yaitu memilih produk yang berlabel non comedogenic. Produk dengan label noncomedogenic menandakan bahwa moisturizer tidak memiliki kandungan yang bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori.

Kandungan moisturizer yang disarankan untuk kulit berminyak

Selain cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak, Anda juga perlu memperhatikan beberapa kandungan yang ada di dalamnya. Berikut ini beberapa kandungan yang disarankan dalam moisturizer untuk kulit berminyak.

  1. Glycolic acid merupakan kandungan yang berfungsi dalam mengurangi produksi minyak berlebih serta mencegah pori-pori tersumbat. 

  2. Hyaluronic acid merupakan kandungan yang berfungsi untuk mempertahankan kelembaban kulit. 

  3. Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang berguna untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, garis halus dan lainnya. 

  4. Niacinamide merupakan kandungan yang akan membantu menyerap minyak yang berlebih serta menjaga kelembapan kulit. 

  5. Lidah Buaya berfungsi dalam memberikan efek dingin pada kulit dan efektif dalam mengatasi kulit berminyak.

  6. Dimethicone merupakan kandungan yang bersifat mirip minyak tetapi tidak membuat kulit menjadi minyak  dan juga tidak menyumbat pori-pori.                                                                          

Penyebab Kulit Berminyak

Mungkin banyak juga diantara Anda yang bertanya-tanya, apakah yang menyebabkan kulit berminyak? Berikut ini ada beberapa hal yang menjadi penyebab kulit berminyak. 

  1. Usia

Salah satu penyebab kulit berminyak yaitu usia. Remaja dan juga orang dewasa akan lebih rentan terhadap masalah kulit wajah yang berminyak, sedangkan orang tua akan memiliki kulit yang kering. Hal ini karena usia yang semakin tua akan membuat produksi sebum dari kelenjar minyak akan semakin sedikit. Tidak hanya itu, semakin bertambahnya umur membuat kulit kehilangan kolagen. 

  1. Faktor Genetik

Salah satu penyebab kulit berminyak yang selanjutnya yaitu faktor genetik. Masalah kulit berminyak dapat diturunkan secara genetik dalam satu keluarga. Apabila dalam keluarga Anda ada yang memiliki permasalah kulit berminyak, maka Anda akan memiliki risiko permasalah yang sama. 

  1. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca juga dapat menyebabkan kulit berminyak. Hal ini karena kelenjar minyak akan cenderung memproduksi sebum yang lebih banyak pada saat cuaca panas dan kering. Produksi yang meningkat ini bertujuan agar kulit tidak mengalami dehidrasi. Akan tetapi, produksi sebum yang berlebih ini membuat kulit sangat berminyak. 

Nah, itu beberapa cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak yang bisa Anda lakukan dan penyebabnya. Selain menggunakan moisturizer untuk kulit berminyak, Anda juga perlu melakukan perawatan lainnya seperti rutin mencuci wajah, dan perawatan wajah lainnya. 

Akan tetapi, apabila Anda merasa sulit untuk mengatasi kulit berminyak, sebaiknya untuk  berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter akan memberikan saran yang tepat dalam mengatasi permasalahan yang Anda alami. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Pentingnya Moisturizer untuk Kecantikan Kulit

 

Sumber:

How Moisturization Can Help Oily Skin? (2019) 

Cherney, Kristen. 7 Causes of Oily Skin (2018)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi