Tidak Perlu Bingung, Ini Cara Melemaskan Rambut Yang Mengembang Dan Sulit Diatur

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Jul 2021

Bagikan

Tidak Perlu Bingung, Ini Cara Melemaskan Rambut Yang Mengembang Dan Sulit Diatur

Apakah Anda tahu bagaimana cara melemaskanrambut yang mengembang dan sulit diatur? Mungkin banyak di antara Anda yangbingung, mengapa rambut sering mengembang dan bagaimana cara melemaskan rambut.Anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan dibahas apa penyebabrambut mengembang dan juga cara melemaskan rambut. Oleh karena itu, simak teruspenjelasan berikut ini. 


Penyebab Rambut Mengembang

Penyebab rambut mengembang pada dasarnya yaitukarena rambut yang kering. Ketika rambut Anda kering, maka akan berusahamenyerap kelembaban di udara. Hal ini lah yang membuat rambut mengembang.Apalagi, jika kulit kepala yang berkeringat disertai dengan cuaca yang lembab,maka rambut akan semakin mengembang. 


Penyebab rambut mengembang lainnya yaitu efeksamping dari produk perawatan rambut yang tidak cocok. Sebagai contoh, shampoyang memiliki kandungan alkaline akan membuat rambut menjadi kering danmengembang. Selain itu, penggunaan alat perawatan rambut seperti catokan danhair dryer juga dapat menjadi penyebab rambut mengembang. Hal ini karena,rambut yang terpapar panas secara terus menerus akan mengalami kerusakan.


Cara Melemaskan Rambut

Lantas, bagaimana cara melemaskan rambut yangmengembang dan sulit diatur? Anda tidak perlu khawatir, karena berikut ini akandijelaskan beberapa cara melemaskan rambut yang bisa Anda lakukan.


1.  Menghindari keramas yang terlalusering

Apabila Anda sering keramas, sebaiknya segerahentikan. Keramas yang terlalu sering akan menyebabkan minyak alami kepala akanberkurang bahkan hilang. Apabila hal ini terjadi, maka akan membuat kelembapanrambut berkurang sehingga rambut akan mengembang. Akan tetapi, Anda perlumemastikan kulit kepala tetap bersih walaupun intensitas keramasdikurangi.


2.  Menggunakan air dingin ketikakeramas

Keramasmenggunakan air dingin juga merupakan salah satu cara melemaskan rambut yangdapat Anda lakukan. Hal ini karena, ketika Anda membilas rambut dengan air yangterlalu panas, maka kutikula akan terbuka. Ketika kutikula terbuka membuatrambut kehilangan kelembapan dan mengembang. Oleh karena itu, untuk mencegahhal tersebut, Anda bisa keramas menggunakan air dingin.


3.  Menghindari menyisir rambut saatkering

Cara melemaskan rambut yang selanjutnya yaitumenyisir rambut ketika basah. Apabila Anda menyisir rambut saat kering, makadapat merusak kutikula sehingga rambut akan mengembang dan sulit diatur. Waktuyang paling disarankan untuk menyisir rambut yaitu ketika rambut dalam kondisisetengah basah.


4.  Menghindari menata rambut terlalusering

Menata rambut terlalu sering justru membuatrambut akan mengembang dan kering. Contoh menata rambut yang menyebabkan rambutmengembang yaitu, mengeriting, meluruskan, ataupun mengecat rambut. Selain itu,mengeringkan rambut menggunakan hair dryer juga dapat menyebabkan rambutmengembang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengeringkan rambut menggunakankipas angin.


5.  Melindungi rambut dari sinarmatahari

Dalam sebuah penelitian pada jurnal CollegiumAntropogicum membuktikan bahwa sinar UV dari sinar matahari dapat mengganggukondisi rambut. Paparan sinar UV akan menyebabkan rambut kehilangan protein danberkurangnya warna. Oleh karena itu, ketika Anda beraktivitas di bawah sinarmatahari, sebaiknya menggunakan pelindung seperti topi atau menggunakan produkperawatan rambut yang mampu memfilter sinar UV.


6.  Menggunakan handuk microfiber untukmengeringkan rambut

Cara melemaskan rambut yang selanjutnya yaitudengan menggunakan rambut dengan handuk microfiber. Hal ini karena, kainmicrofiber memiliki tekstur yang lebih lembut dan juga halus, sehingga membuatbatang rambut tidak saling bergesekan. Selain itu, menggunakan handukmicrofiber juga akan membantu Anda mengatasi rambut bercabang dan kusam.


7.  Menggunakan masker rambut

Cara agar rambut menjadi lemas dan mudah diaturyaitu dengan menggunakan masker rambut. Menggunakan masker rambut akan membantumenjaga kelembaban rambut serta menutrisi rambut. Hal inilah yang membuatrambut menjadi tidak kusut apabila menggunakan masker rambut. Setidaknya Andamenggunakan masker rambut seminggu sekali. Apabila Anda tidak memiliki produkmasker rambut, Anda bisa menggantinya dengan bahan alami seperti cuka apel,minyak kelapa, minyak argan dan lainnya.


Itulah beberapa cara melemaskan rambut yangmengembang dan sulit diatur. Jika Anda ingin rambut Anda tetap mudah di atur,maka jagalah kelembapannya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Referensi :

  • Sebetić K, Sjerobabski Masnec I, Cavka V, Biljan D, Krolo I. UV damageof the hair. Coll Antropol. 2008 Oct;32 Suppl 2:163-5. PMID: 19138021.
  • Sara Spruch-Feiner. How To Get Rid Of Frizzy Hair: 14 Tricks To FightFrizz Fast. (2020).
  • Whelan, Corey. 5 Home Remedies for Frizzy Hair, Plus Tips forPrevention. (2019)
  • Fries, Wendy C. How to Tame Frizzy Hair
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi