Bantuan

Tidak Hanya Baik untuk Diet, Berikut Ini Manfaat Lobak Lainnya yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Oct 2021

Bagikan

Tidak Hanya Baik untuk Diet, Berikut Ini Manfaat Lobak Lainnya yang Perlu Diketahui

Banyaknya manfaat lobak, membuat tumbuhan satu ini banyak diproduksi dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Lobak merupakan tumbuhan yang berbentuk seperti wortel dan memiliki beragam warna, seperti merah, ungu, hitam, dan putih. Namun yang banyak dikonsumsi ialah lobak putih. Kandungan nutrisi, asam folat, vitamin C, kalsium, dan kalium yang dimiliki membuat lobak semakin banyak diminati karena dapat meningkatkan daya tahun tubuh dan segudang manfaat lainya. 

Salah satu manfaat lobak yang terkenal yaitu baik untuk diet. Lobak bisa dikonsumsi untuk diet karena mengandung serat tinggi yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Serat ini berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan mengikat lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi lobak, tubuh Anda akan mudah merasa kenyang. Akan tetapi, selain untuk diet ternyata lobak juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut ini manfaat lobak selain untuk diet yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Lobak

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat lobak yang perlu Anda ketahui ialah meningkatkan kekebalan tubuh. Lobak mengandung vitamin C yang bisa melindungi Anda dari penyakit flu dan batuk. Manfaat lobak bisa Anda rasakan, dengan mengonsumsinya secara teratur dan tepat. Selain itu, lobak juga bermanfaat untuk mengontrol melawan radikal bebas, penuaan dini, dan peradangan.

  1. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Manfaat lobak bisa Anda nikmati dalam bentuk minuman atau jus. Jus lobak ini sangat bagus untuk menutrisi kulit Anda agar tetap sehat. Kandungan vitamin C, fosfor, dan seng dalam lobak mampu menjaga kulit kekeringan, berjerawat, dan ruam di wajah. Lobak juga bisa Anda gunakan pada rambut untuk membantu menghilangkan ketombe, memperkuat akar rambut, dan mencegah rambut rontok. 

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung, Ini Cara Melemaskan Rambut Yang Mengembang Dan Sulit Diatur

  1. Mencegah kerusakan hati

Manfaat lobak yang bisa Anda dapatkan selanjutnya ialah mencegah kerusakan organ hati. Lobak mengandung enzim khusus yang berfungsi untuk mengaktivasi hepatoprotektif yang mampu menangkal kerusakan organ hati sehingga mengonsumsi lobak putih secara rutin dan tepat, dipercaya mampu mencegah kerusakan organ hati pada tubuh Anda.

  1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan radikal bebas di dalam tubuh merupakan salah satu penyebab penyakit kanker. Meningkatnya jumlah radikal bebas di dalam tubuh bisa mengakibatkan sel-sel normal dalam tubuh mengalami mutasi sehingga menyebabkan sel kanker muncul dan tumbuh. Penyakit mematikan ini bisa Anda cegah dengan mengonsumsi lobak karena lobak mengandung antioksidan yang bisa membersihkan tubuh dari zat penyebab kanker dan tumor.

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Lobak mengandung serat yang mampu mencegah sembelit atau kesulitan buang air besar (BAB) pada sistem pencernaan. Dalam kondisi yang parah, penyakit sembelit berisiko menyebabkan terjadinya wasir. Selain untuk mengobati sembelit, lobak juga bisa mencegah terjadinya kram pada perut.

Baca Juga: Manfaat Makan Serat bagi Kesehatan Sistem Pencernaan

  1. Baik untuk penderita diabetes

Lobak merupakan salah satu tumbuhan yang aman dikonsumsi bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Lobak memiliki Indeks glikemik yang tergolong rendah. Indeks glikemik ini tidak akan menyebabkan kadar gula darah di dalam tubuh Anda meningkat. Maka dari itu, dengan semakin rendahnya nilai indeks glikemik, pengaruh insulin dan kadar gula darah pun semakin sedikit.

  1. Menghemat sel darah merah

Sel darah merah merupakan bagian vital yang membuat tubuh bisa bergerak dan mengantarkan seluruh nutrisi dan vitamin yang dikonsumsi. Lobak bisa menghemat sel darah merah karena mampu mengendalikan kerusakan sel darah merah di dalam tubuh. Dalam proses itu, suplai oksigen meningkat ke dalam darah sehingga sel darah merah akan tetap dalam kondisi baik dan tubuh pun tetap sehat.

Ternyata banyak sekali manfaat lobak untuk kesehatan tubuh Anda. Meskipun begitu, perlu Anda ingat bahwa mengonsumsi lobak secara berlebihan dan tidak teratur bisa menimbulkan efek samping pada pencernaan karena rasa pedas pada lobak bisa menyebabkan iritasi lambung dan usus.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jenis Makanan Penambah Darah yang Perlu dikonsumsi untuk Cegah Anemia

 

Sumber:

Health: 4 Health Benefits of Radishes and How to Add More to Your Diet. 2021. 

Mc Dermott,Annette. Are Radishes Good for You? 2018.

Bagikan artikel ini