Tidak Boleh Disepelekan, Ini Bahaya Asam Lambung

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Dec 2021

Bagikan

Tidak Boleh Disepelekan, Ini Bahaya Asam Lambung Naik

Sudahkah Anda tahu apa bahaya asam lambung ketika naik ke kerongkongan? Pada dasarnya, asam lambung merupakan salah satu zat yang berperan penting dalam proses pencernaan. Salah satu fungsi asam lambung yaitu untuk menyerap nutrisi dari makanan serta menetralisir enzim dan membunuh kuman yang berbahaya.

Namun pada kondisi tertentu, asam lambung dapat naik ke kerongkongan sehingga dapat menimbulkan gejala seperti sensasi terbakar pada dada dan lainnya. Pada umumnya, kondisi ini terjadi ketika seseorang terlalu banyak makan, mengonsumsi beberapa makanan pemicu naiknya asam lambung ataupun langsung berbaring setelah makan. 

Bahaya Asam Lambung Naik

Tahukah Anda, ternyata naiknya asam lambung ini tidak hanya menimbulkan gejala sensasi terbakar, ada berbagai bahaya asam lambung naik yang mengintai. Lantas apa saja bahaya asam lambung naik tersebut? Berikut ini beberapa bahaya asam lambung naik

  1. GERD

Bahaya asam lambung yang perlu Anda waspadai pertama yaitu GERD atau penyakit asam lambung. Kondisi ini merupakan penyakit kronis yang terjadi ketika asam lambung kembali ke kerongkongan sehingga membuat dinding kerongkongan iritasi. Pada umumnya, GERD ini akan ditandai dengan nyeri pada ulu hati yang kadang muncul dua kali dalam seminggu. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa menjalani gaya hidup sehat dan menjauhi alkohol serta rokok. 

  1. Nyeri Ulu Hati

Nyeri ulu hati atau sering disebut juga dengan heartburn sensasi perih atau terbakar pada perut bagian atas dan dada dan akan semakin parah ketika membungkuk. Apabila kondisi ini hanya terjadi sesekali, mungkin tidak membutuhkan penanganan khusus.  Akan tetapi, apabila Anda mengalami kondisi ini dengan intensitas yang cukup sering bahkan telah menyebar hingga ke leher, rahang dan lengan, maka harus segera mendapatkan pertolongan medis. 

  1. Struktur Kerongkongan

Struktur kerongkongan merupakan bahaya asam lambung yang perlu Anda waspadai selanjutnya. Struktur kerongkongan itu sendiri merupakan kondisi di mana lapisan kerongkongan mengalami kerusakan yang disebabkan oleh iritasi dari meningkatnya asam lambung.

Beberapa gejala yang dapat ditimbulkan dari kondisi ini yaitu sulit menelan, sakit ketika menelan, sehingga makanan dapat menyumbat kerongkongan. Hal ini dapat terjadi karena striktur kerongkongan akan membentuk jaringan parut sehingga rongga kerongkongan akan menyempit.

Baca Juga: Mari Cari Tahu Penyebab Asam Lambung Naik Untuk Langkah Pencegahan 

  1. Esophagus Barrett  

Esofagus barrett merupakan kondisi yang terjadi apabila asam lambung yang naik ke kerongkongan tidak diobati selama bertahun-tahun. Bisa dikatakan juga, kondisi ini merupakan komplikasi yang serius dari penyakit GERD. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan kerongkongan yang menghubungkan mulut dengan lambung. Pada umumnya, penyakit ini tidak akan menimbulkan gejala khusus, namun gejala yang ditimbulkan mirip dengan GERD.

  1. Kanker Kerongkongan

Bahaya asam lambung naik yang perlu Anda waspadai selanjutnya yaitu kanker kerongkongan. Bahaya ini akan semakin besar risikonya apabila Anda mengalami penyakit esofagus barret. Beberapa gejala yang bisa ditimbulkan yaitu sulit menelan, berat badan turun tanpa sebab, sensasi terbakar pada dada, nyeri dada, batuk dan suara serak. Namun pada awalnya, kondisi ini sering kali tidak menimbulkan gejala sehingga diperlukan pemeriksaan. 

  1. Esofagitis

Asam lambung yang naik ke tenggorokan dapat menyebabkan luka pada saluran kerongkongan sehingga terjadi peradangan. Kondisi ini disebut juga dengan esofagitis. Pada umumnya, gejala yang sering ditimbulkan yaitu suara serak, sakit tenggorokan dan sakit perut. Apabila tidak segera ditangani, maka kondisi ini juga dapat menyebabkan penyakit kanker esofagus. 

  1. Infeksi Paru-Paru

Bahaya asam lambung yang tidak boleh Anda sepelekan terakhir yaitu infeksi paru-paru. Kondisi ini dapat terjadi ketika asam lambung yang naik ke kerongkongan dan mulut terhirup kemudian masuk ke dalam paru-paru. Beberapa gejala yang mungkin muncul akibat kondisi ini yaitu, kelelahan, demam, batuk, nyeri dada, kulit pucat dan sesak napas. Anda tidak boleh menyepelekan kondisi ini, karena jika tidak segera ditangani dapat mengancam nyawa. 

Nah itulah dia beberapa bahaya asam lambung naik yang tidak boleh Anda sepelekan. Apabila Anda mengalami asam lambung naik ke kerongkongan yang tidak kunjung membaik, maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Perhatikan Cara Menurunkan Asam Lambung Ketika Kambuh Berikut Ini

 

Sumber:

1. Vandergriendt, Carly. 2020. Can Acid Reflux Cause Life Threatening Complications? 

2. Mayo Clinic. Gastroesophageal reflux disease (GERD).

3. Mayo Clinic. Esophageal cancer.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi